COVID-19 :Ringkasan Singkat dan FAQ

Hai Sahabat PrimaKu! Seluruh dunia sedang heboh membicarakan penyakit coronavirus 2019, atau dikenal juga dengan penyakit COVID-19. Sejauh apa Sahabat Prima Kutahu tentang penyakit ini? Mari kita bahas di artikel ini.

Penyakit Coronavirus 2019, yang juga dikenal sebagai COVID-19, adalah penyakit saluran pernapasan yang menyebabkan demam dan sesak napas yang memberat dengan cepat dan sangat mudah menular.

Dalam 3 bulan terakhir penyakit ini menyebar secara pesat hingga mencapai 186 negara, termasuk Jepang, Korea Selatan, Thailand, Amerika Serikat, dan negara lainnya. COVID-19 telah menjangkiti lebih dari 300.000 orang sedunia, dengan 1 korban nyawa setiap 25 kasus positif.

Kasus pertama di Indonesia diidentifikasi pada tanggal 2 Maret 2020 di DKI Jakarta, dan hingga saat ini tercatat 686 pasien positif COVID19 yang mayoritas ditemukan di DKI Jakarta.

Akibat dari meluasnya ancaman penyakit COVID-19 hingga keseluruh dunia, World Health Organization (WHO)mencanangkan wabah COVID-19 sebagai ancaman pandemi dan menekankan seruan ke tiap negara untuk mengerahkan usaha deteksi dan pencegahan penyebaran COVID-19 dengan intensitas tinggi.

Karena tingkat penularan COVID19 yang sangat pesat, pencegahan merupakan langkah utama yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri sendiri dan keluarga, yaitu dengan mencuci tangan dengan sabun atauhand sanitizer,mengurangi kontak fisik dengan melakukanphysical distancing, dan karantina mandiri di kediaman masing-masing.

Ingin tahu lebih banyak soal COVID-19, atau seputar COVID-19 pada anak? PrimaKu sudah menyusun kompilasi pertanyaan tersering(Frequently Asked Question; FAQ) mengenai COVID-19 dan apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga sikecil.

Ingin tahu lebih banyak tentang COVID-19?

Penulis : Tim PrimaKu

Foto: Jordan Hopkins (Unsplash)