Unduh Aplikasi PrimaKu Sekarang!

Seribu hari pertama kehidupan, dihitung sejak anak di dalam rahim hingga berusia 2 tahun, adalah masa yang sangat penting. Terhambatnya tumbuh kembang anak pada masa tersebut berakibat tidak optimalnya tinggi badan saat dewasa, prestasi yang kurang saat bersekolah dan bekerja, kehadiran karena sakit yang lebih tinggi di sekolah dan tempat kerja, dan pendapatan yang lebih rendah.

Mendeteksi dini masalah-masalah yang terjadi pada anak selama tumbuh kembangnya sangat penting untuk dilakukan, untuk mengidentifikasi penyebab dan mengupayakan segera solusi yang dapat dilakukan oleh dokter dan orangtua. Deteksi dini dilakukan melalui pemantauan secara rutin, baik di Puskesmas, rumah sakit dengan dokter spesialis anak (terutama anak-anak dengan risiko tinggi mengalami gangguan tumbuh kembang), maupun di rumah menggunakan gawai Anda melalui aplikasi PrimaKu.

Berikut langkah-langkah sederhana untuk mendapatkan aplikasi PrimaKu di gawai Anda.

1. Buka link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.primaku.app atau https://apps.apple.com/id/app/primaku/id1339519925
2. Unduh aplikasi.
3. Buka aplikasi, Anda akan melihat halaman awal.
4. Masuk halaman “Log in”, pilih “Buat Akun Baru” untuk melakukan registrasi. Atau gunakan akun facebook atau twitter untuk melakukan registrasi.
5. Masukkan nama, alamat email, dan password, tekan “Lanjut”.
6. Buka email Anda untuk melakukan verifikasi akun.
7. Setelah berhasil melakukan verifikasi, Anda dapat melakukan “Log in” pada aplikasi PrimaKu.
8. Daftarkan anak Anda di dalam aplikasi untuk menyimpan data pertumbuhan di kurva dan data imunisasi (pengingat imunisasi untuk setiap anak berdasarkan tanggal lahir, imunisasi yang sudah dilakukan, dan imunisasi yang belum dilakukan). Anda dapat mendaftarkan lebih dari satu anak di dalam aplikasi PrimaKu.

Pemantauan tumbuh kembang anak sangat penting untuk rutin dilakukan sesuai jadwal yang dianjurkan, karena proses tumbuh kembang anak berlangsung terus-menerus, dan gangguan atau penyimpangan dapat terjadi kapan pun. Dengan melakukan registrasi dan memasukkan data setiap anak, Anda dapat melihat proses pertumbuhan seluruh anak Anda di dalam aplikasi PrimaKu, karena data panjang/tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala hasil pengukuran setiap anak akan diplot di dalam kurva, satu kurva untuk satu anak. Dan dengan memasukkan data tersebut secara rutin, Anda dapat melihat kemajuan pertumbuhannya. Anda juga dapat mengevaluasi perkembangan anak berdasarkan KPSP dan mendapatkan pengingat imunisasi.

Penulis: Tim PrimaKu