Manfaat Lebih Aplikasi PrimaKu

Lengkapi asah, asih, dan asuh anak Anda dengan aplikasi PrimaKu sebagai aplikasi digital yang didukung oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia. Melalu fitur-fiturnya, PrimaKu dapat mendeteksi dini gangguan tumbuh kembang yang terjadi dan memberikan saran tindakan yang perlu segera dilakukan, sehingga tumbuh kembang anak dapat berjalan baik, dan anak kelak dapat menjadi individu dewasa yang berprestasi dan dapat bekerja secara optimal.

Dapatkan segera aplikasi PrimaKu di gawai Anda dengan mengunduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.primaku.app atau https://apps.apple.com/id/app/primaku/id1339519925, melakukan registrasi dengan membuat akun, dan mendaftarkan anak Anda dengan memasukkan nama anak, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Langkah berikutnya, Anda diminta untuk memasukkan data berat badan, panjang/tinggi badan, dan lingkar kepala anak saat lahir. Setelah itu Anda dapat mulai menambahkan data pertumbuhan anak setiap kali selesai menimbang, mengukur panjang/tinggi badan, serta mengukur lingkar kepala. Anda dapat mendaftarkan lebih dari satu

anak ke dalam aplikasi PrimaKu. Setelah berhasil, klik “Tambah Data” untuk mengisi berat badan, panjang/tinggi badan, dan lingkar kepala saat ini.

Setelah data anak Anda tersimpan, Anda dapat melihat plot pertumbuhannya pada kurva WHO/CDC. Satu kali pengukuran akan memberi informasi status gizi saat itu, namun apabila Anda rajin mengukur dan memasukkan data, Anda akan dapat melihat gambaran kurva pertumbuhan anak Anda dan mengetahui kemajuan pertumbuhan sesuai usianya. Anda dapat melihat apakah berat badan anak sudah sesuai dengan usia, apakah anak Anda termasuk kategori perawakan pendek, apakah berat badan dan tinggi badannya sudah menggambarkan gizi yang baik. Klik “Tambah Data” setiap kali Anda akan memasukkan hasil pengukuran terbaru
ke dalam akun anak Anda.

Untuk menilai perkembangan anak, Anda diminta untuk menjawab pertanyaan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) berdasarkan usia. Anda kemudian dapat melihat apakah perkembangan anak Anda sesuai usianya, atau apakah ada tanda meragukan maupun penyimpangan. Berdasarkan hasil KPSP, Anda akan mendapat saran tindakan selanjutnya. Anda juga dapat membaca stimulasi perkembangan yang dianjurkan untuk dilakukan.

Imunisasi yang lengkap sangat penting untuk membangun sistem pertahanan tubuh yang kuat sehingga anak dapat tumbuh sehat. Anda dapat melihat jadwal imunisasi dan memasang pengingat jadwal untuk setiap anak. Jadwal dan pengingat tersebut dibuat berdasarkan tanggal lahir anak Anda. Anda dapat melihat imunisasi apa yang harus diberikan, yang sudah diberikan, yang akan diberikan dan kapan waktunya.

Setelah menikmati berbagai manfaat dari aplikasi PrimaKu, ternyata Anda masih dapat menikmati manfaat lainnya, yaitu mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan selama merawat anak melalui lebih dari 200 artikel terpercaya tentang kesehatan anak yang ditulis langsung oleh para dokter spesialis anak.

Mudah sekali bukan menggunakannya? Penggunaan yang mudah dan banyak sekali manfaatnya.

Penulis: Tim PrimaKu