primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Deretan Vaksin yang Dibutuhkan oleh Ibu Hamil

Author: Dhia Priyanka / dr. Afiah Salsabila

Topik: Vaksinasi, Ibu Hamil, Featured Articles

Sebagian dari Mom mungkin masih banyak yang mempertanyakan, apakah ibu hamil boleh vaksin? Vaksin selama kehamilan dianjurkan karena dapat melindungi ibu hamil dan bayi dalam kandungan serta bayi baru lahir dari penyakit menular. Vaksinasi selama kehamilan dengan vaksin yang tidak aktif atau pasif terhadap influenza, tetanus, dan pertusis efektif, aman, dan dapat ditoleransi dengan baik. Nah, agar Mom dan si Kecil di dalam kandungan tetap terlindungi dari penyakit, berikut deretan vaksin yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Vaksin Td/Tdap (Tetanus, Difteri, Pertusis)

Beberapa bulan pertama kehidupannya adalah saat bayi berada pada risiko terbesar tertular pertusis dan mengalami komplikasi infeksi yang parah dan berpotensi mengancam jiwa. Untuk membantu melindungi bayi pada masa paling rentan ini, Mom harus mendapatkan toksoid tetanus, toksoid difteri yang dikurangi, dan vaksin pertusis aselular (Tdap) untuk setiap kehamilan. Waktu yang optimal untuk vaksin Tdap adalah antara usia kehamilan 27 dan 36 minggu (sebaiknya pada awal periode ini) untuk memaksimalkan respons antibodi ibu dan transfer antibodi pasif ke bayi.

Vaksin Influenza

Influenza lebih mungkin menyebabkan penyakit parah pada wanita hamil dan nifas dibandingkan pada wanita yang tidak hamil. Perubahan sistem kekebalan tubuh, jantung, dan paru-paru selama kehamilan membuat ibu hamil lebih rentan terkena penyakit parah akibat influenza. Vaksinasi telah terbukti mengurangi risiko infeksi saluran pernafasan akut terkait flu pada wanita hamil sekitar setengahnya.

Vaksin COVID-19

Ibu hamil perlu mendapatkan vaksin COVID-19 dengan dosis pertama pada trimester kedua kehamilan. Pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dan jenis vaksinnya. Waktu efektif pemberian vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil adalah pada kehamilan usia 13-33 minggu. 

Vaksin Hepatitis B

Hepatitis B adalah infeksi yang disebabkan oleh virus hepatitis B dan terjadi di seluruh dunia. Pada bayi dan anak-anak, dua sumber utama penularan adalah penularan dari ibu yang terinfeksi atau tinggal di rumah yang terinfeksi. Vaksinasi hepatitis B pada ibu hamil dapat menjadi salah satu cara mencegah infeksi hepatitis B pada bayi sebelum vaksin hepatitis B dapat diberikan dan memberikan perlindungan pada bayi. 

Vaksin Hepatitis A

Tak hanya hepatitis B, vaksin hepatitis A juga dianjurkan untuk ibu hamil, khususnya jika Mom memiliki riwayat penyakit hati kronis. Vaksin hepatitis A yang tidak aktif direkomendasikan selama masa kehamilan 0-6 bulan, hanya jika manfaatnya lebih besar daripada potensi risikonya. 

Saat ini di PrimaKu sudah bisa bisa, lho vaksin untuk dewasa. Mom bisa cek vaksin apa saja yang tersedia di PrimaKu dan melakukan Booking Vaksin di klinik terdekat. MomDad juga bisa menikmati berbagai promo menguntungkan setiap bulannya. Jangan ragu hubungi Dokmin untuk konsultasi sebelum vaksin melalui nomor WhatsApp di 0877-8688-881.

Referensi:

  • Marianne Röbl-Mathieu , Dr. med., Ariane Kunstein , Dr. med., Johannes Liese , Prof. Dr. med., Thomas Mertens , Prof. Dr. med., dan Michael Wojcinski , Dr. med. Vaccination in Pregnancy. Dtsch Arztebl Int. 2021 Apr; 118(15): 262–268.
  • Ussanee S Sangkomkamhang,corresponding author Pisake Lumbiganon, Malinee Laopaiboon, and Cochrane Pregnancy and Childbirth Group. Hepatitis B vaccination during pregnancy for preventing infant infection. Cochrane Database Syst Rev. 2014 Nov; 2014(11): CD007879.
  • Yueyuan Zhao, Hui Jin, Xuefeng Zhang, Bei Wang, and Pei Liua. Viral hepatitis vaccination during pregnancy. Hum Vaccin Immunother. 2016 Apr; 12(4): 894–902.
  • Influenza (Flu) Vaccine and Pregnancy | CDC 
  • Tdap (Pertussis) Vaccine and Pregnancy | CDC
  • Vaksinasi Covid-19 pada Ibu Hamil
  • Jadwal Imunisasi Dewasa Rekomendasi Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI Tahun 2021
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Deretan Momfluencer yang Suguhkan Konten Parenting di Instag...
4 Jun 2022
cover
Deretan Ide Menarik untuk Merayakan Ulang Tahun si Kecil
25 Jun 2022
cover
Jangan Keliru! Ini Deretan Mitos dan Fakta tentang Bilingual...
22 Sep 2022
cover
Deretan Aktivitas Fisik Anak Usia 0-5 Tahun dan Cara Menstim...
9 Okt 2022
cover
Deretan Pencapaian Tumbuh Kembang Bayi Usia 4-6 Bulan
26 Okt 2022
cover
Deretan Alat Kesehatan (P3K) yang Perlu Ada di Rumah
12 Des 2022
cover
Deretan Bahan Aktif dalam Skin Care yang Perlu Dihindari Ibu...
22 Des 2022
cover
Deretan Aktivitas Stimulasi untuk Melatih Kecerdasan si Keci...
30 Jun 2023
cover
Deretan Aktivitas Fisik Anak yang Cocok berdasarkan Usia
20 Agu 2023
cover
Deretan Nutrisi yang dapat Mencegah Anak dari Stunting
3 Sep 2023
cover
Deretan Resep MPASI Anti GTM untuk Atasi BB Seret
6 Sep 2023
cover
Deretan Perilaku Mom Shaming yang Tanpa Sadar Kerap Dilakuka...
24 Apr 2024
cover
Deretan Vaksin Dewasa untuk Usia 27-49 Tahun, Cek List nya!
10 Mei 2024
cover
Deretan Vaksin Dewasa untuk Usia 19-26 Tahun, Cek List nya!
15 Mei 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: