primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Ajari Si Kecil Hemat Air dengan Cara Berikut, Yuk, MomDad!

Author: Marisha A

Topik: Air, Hari Air Sedunia

Selamat Hari Air Sedunia, MomDad! Seperti yang kita tahu, air merupakan sumber kehidupan karena menjadi kebutuhan dasar sehari-hari. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, air juga digunakan dalam kegiatan sehari-hari, mulai dari memasak, mencuci, hingga menyiram tanaman. Dengan perannya yang sangat vital, kita perlu melakukan penghematan air. Apalagi saat ini krisis air bersih mulai terjadi di berbagai belahan dunia.

MomDad tentu ingin agar anak-anak kita tetap dapat menikmati air bersih, kan? Karena itu, mulai sejak dini, yuk, ajarkan anak-anak untuk berhemat air dengan cara berikut!

Beri pengertian tentang air
freepik (4).jpg
Cara pertama yang bisa MomDad lakukan agar anak mulai berhemat air adalah dengan memberi pengertian bahwa air sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Gunakan kalimat yang mudah dimengerti oleh anak-anak. MomDad juga bisa menggunakan buku cerita anak yang berisikan gambar-gambar menarik sehingga lebih mudah dimengerti. Ceritakan dengan gaya bahasa yang menyenangkan dan jangan terkesan menakut-nakuti, ya.

Tidak mandi lama-lama
freepik (5).jpg
Cara selanjutnya, yakni dengan membiasakan anak untuk tidak mandi berlama-lama. Kebanyakan anak-anak memang suka bermain air sehingga mereka senang mandi berlama-lama. Tidak apa-apa jika anak suka bermain air, namun MomDad juga perlu membatasi waktunya, ya. Mandi dalam waktu 5 - 10 menit sebaiknya cukup bagi anak-anak dan jangan biarkan keran terus terbuka sampai air meluap-luap.

Mematikan keran air
freepik (2).jpg
Cara ini bisa MomDad lakukan saat menemani anak mandi. Beri pengertian sekaligus contoh saat bak mandi sudah terisi penuh atau melihat keran yang terbuka, segera matikan keran. Jika menggunakan shower, beri contoh untuk mematikan shower saat anak tengah keramas atau sabunan. Jika ditanamkan sejak kecil, maka anak akan terbiasa melakukannya hingga mereka dewasa.

Memanfaatkan air bekas
freepik (3).jpg

Anak-anak memang akan mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya. Nah, MomDad bisa membiasakan si kecil untuk memanfaatkan air yang sudah digunakan. Misalnya, menggunakan keran untuk mencuci buah dan sayur. Tampung air dalam sebuah wadah, kemudian gunakan air bekas cuci buah dan sayur untuk disiram ke tanaman di halaman rumah. Selain itu, MomDad juga bisa mencontohkan agar membuang air sisa di dalam botol kemasan ke tanaman.

Nah, itu dia beberapa cara mudah yang bisa MomDad lakukan untuk mengajarkan si kecil pentingnya berhemat air. Ketahui informasi seputar tumbuh kembang anak hingga MPASI dengan mengikuti Instagram @official.primaku dan baca artikel lainnya lewat aplikasi PrimaKu.

Sumber foto: Pexels


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Pentingnya Ajari Etika Batuk pada Anak
28 Feb 2018
cover
Pelajari tahapan perkembangan si kecil usia 4-6 bulan!
9 Des 2021
cover
MomDad, Yuk Pelajari Tentang Autisme dan Tanda-Tanda Awalnya...
16 Jan 2022
cover
Pentingnya Mengajari Etika Batuk & Bersin pada Anak
5 Feb 2023
cover
Suka Ajak Anak Berenang? Pelajari Pertolongan Near Drowning!
3 Nov 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: