primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Pembagian Tugas dalam Mengurus Anak, Penting Banget!

Author: Dhia Priyanka

Topik: Tips Parenting, Tips, Parenting Lifestyle, Ada Apa dengan MomDad

Dalam hal mengurus anak, alangkah adilnya jika Mom dan Dad memiliki tugas masing-masing. Tanpa disadari, pembagian tugas dapat mengurangi konflik yang kemungkinan terjadi. Pembagian tugas dalam mengasuh anak antara pasangan dapat bervariasi tergantung pada preferensi dan situasi keluarga masing-masing. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu dalam pembagian tugas dalam mengurus anak!

Komunikasi

BeFunky-collage - 2023-05-28T162102.240.jpg

Penting untuk berkomunikasi secara terbuka dan jujur dengan pasangan. Diskusikan harapan, preferensi, dan ketersediaan waktu masing-masing untuk mengasuh anak. Dengan saling mendengarkan dan memahami kebutuhan satu sama lain, MomDad dapat mencapai kesepakatan yang adil.

Identifikasi keahlian dan minat

BeFunky-collage - 2023-05-28T161752.250.jpg

Tinjau keahlian dan minat masing-masing pasangan dalam mengasuh anak. Misalnya, jika salah satu dari MomDad lebih baik dalam memasak, maka tugas memasak makanan anak dapat ditangani oleh pasangan tersebut. Memanfaatkan keahlian dan minat individu akan membantu meningkatkan efisiensi dan kualitas perawatan anak.

Pembagian waktu

BeFunky-collage - 2023-05-28T161726.310.jpg

Buat jadwal yang jelas untuk mengatur waktu yang dihabiskan untuk mengasuh anak. Bagilah waktu dengan adil, termasuk waktu untuk bermain, memberi makan, mandi, dan tugas-tugas sehari-hari lainnya. Juga, tetapkan waktu untuk menjalankan kegiatan individu dan waktu bersama sebagai pasangan untuk menjaga keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan hubungan MomDad.

Fleksibilitas

BeFunky-collage - 2023-05-28T161805.162.jpg

Tetaplah fleksibel dan siap untuk beradaptasi dengan perubahan situasi yang mungkin timbul. Kebutuhan anak dapat berubah seiring pertumbuhan mereka, dan kemungkinan perubahan jadwal atau pembagian tugas mungkin diperlukan. Jadi, bersedia untuk menyesuaikan dan bekerja sama dalam menghadapi tantangan yang muncul.

Dukungan dan kerjasama

BeFunky-collage - 2023-05-28T161928.548.jpg

Ingatlah bahwa mengasuh anak adalah tanggung jawab bersama. Dukung dan bantu pasangan ketika diperlukan. Kerjasama dalam menghadapi tantangan dan memecahkan masalah akan memperkuat ikatan di antara MomDad sebagai pasangan dan orang tua.

Selain itu, penting untuk diingat bahwa setiap keluarga unik dan memiliki dinamika sendiri. Pembagian tugas harus disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi keluarga sendiri. Berkomunikasilah secara terus terang dan fleksibel dalam memenuhi kebutuhan anak serta menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: