primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Amankah Jika Nipple Cream Tertelan si Kecil?

Author: Fauziah Sabtuanisa

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso SpA

Topik: Nipple Cream, Menyusui, Ibu Menyusui

Saat menyusui, terkadang si Kecil sering menggigit puting Mom yang pada akhirnya menimbulkan rasa sakit, nyeri dan bahkan lecet. Untuk mengatasi hal tersebut, Mom bisa gunakan nipple cream. Namun, apakah nipple cream aman jika tertelan oleh si Kecil saat menyusui? Yuk, kita bahas!

Penggunaan nipple cream

nc.jpg

Perlu diketahui, penggunaan nipple cream tidak bisa sembarangan. Mom disarankan untuk menggunakan nipple cream dengan kandungan zat lanolin yang aman jika tertelan si Kecil dan sudah dikenal ampuh dalam mengobati puting lecet saat proses menyusui.

Dikutip dari Very Well Health, lanolin merupakan zat lilin yang diproduksi domba secara alami untuk melindungi bulu atau wol mereka. Zat ini memiliki sifat yang sangat mirip dengan sebum atau minyak yang dikeluarkan oleh kulit manusia

Makanya, lanolin ini telah menjadi bahan yang sangat populer dalam pembuatan pelembap, produk perawatan rambut, dan sabun. Lanolin juga banyak digunakan sebagai obat alami untuk puting yang sakit akibat menyusui.

Dalam pengaplikasiannya, Mom bisa mengoleskan nipple cream setelah selesai menyusui si Kecil. Pastikan juga bahwa kandungan nipple cream tersebut aman digunakan pada area puting. Misalnya, penggunaan nipple cream yang berbahan dasar petroleum, karena dapat menyumbat kelenjar montgomery pada payudara. Lalu, nipple cream yang mengandung antibiotik dinilai lebih aman digunakan sebelum sesi menyusui berikutnya.

Pemakaian nipple cream saat kehamilan

pregnant-woman-applying-stretch-mark-cream-belly-pregnancy-people-maternity-concept-pregnant-apply-antistretch-mark-cream-her-breast_79075-21138.jpg

Saat Mom dalam masa kehamilan, sebenarnya payudara tidak memerlukan perawatan khusus layaknya saat proses menyusui si Kecil. Akan tetapi, Mom bisa menemui tenaga kesehatan yang profesional untuk berkonsultasi mengenai apa saja yang harus dipersiapkan saat menyusui, mulai usia kehamilan menginjak 28 minggu.

Mengenai isu yang beredar di luar sana mengenai pemakaian nipple cream sebelum hamil dapat mencegah lecet saat menyusui, sebenarnya itu hoax. Hal tersebut tidak benar adanya, sebab lecet di puting saat menyusui disebabkan oleh posisi atau perekatan menyusui yang salah. Sehingga, cara pencegahan lecet puting adalah dengan memastikan posisi dan pelekatan saat menyusui si Kecil dengan benar.

Ingin tips dan informasi lainnya seputar menyusui? Ayo, baca artikel di aplikasi PrimaKu atau kunjungi primaku.com. Selain itu, MomDad bisa juga menonton seluruh tayangan ulang webinar di aplikasi, lho. Tak ketinggalan, follow juga akun Instagram dan TikTok PrimaKu supaya enggak ketinggalan update informasi seputar kesehatan anak dan parenting lifestyle!

Referensi:

Sumber foto: Freepik

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., PhD.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Amankah Anak Anda Mengonsumsi Teh?
18 Mar 2018
cover
Amankah minuman berkafein untuk anak?
12 Des 2021
cover
Mengenal Fluoride pada Pasta Gigi, Amankah Jika Tertelan si ...
13 Sep 2022
cover
Pasta Gigi Fluoride untuk Anak, Amankah?
1 Des 2022
cover
Minum dari Galon Guna Ulang, Amankah bagi Kesehatan?
6 Des 2022
cover
Galon Guna Ulang, Amankah Digunakan Setiap Hari?
9 Des 2022
cover
Konsumsi Teh pada Anak, Amankah untuk Kesehatan?
23 Des 2022
cover
Mengajak Bayi Berkendara dengan Motor, Amankah?
25 Jan 2023
cover
Obat Nyamuk Elektrik untuk Bayi, Amankah?
26 Jan 2023
cover
Amankah si Kecil dari Tuberkulosis?
23 Mar 2023
cover
Peralatan Makan Bayi Berbahan Silikon, Amankah?
5 Jun 2023
cover
Peralatan MPASI Berbahan Silikon, Amankah?
24 Des 2023
cover
Mengulik Fakta di Balik MPASI Fortifikasi, Amankah bagi Bayi...
1 Des 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: