primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Do's & Don'ts sebelum Adik Lahir untuk Cegah Sibling Rivalry

Author: Tim PrimaKu

Topik: Parenting, Sibling Rivalry

Memiliki anak kedua atau ketiga merupakan sebuah anugerah bagi sebuah keluarga, karena akan ada ‘anggota’ baru yang akan meramaikan keluarga kecil MomDad. Agar si Kecil dapat ‘menerima’ keberadaan adiknya, MomDad perlu memperhatikan do’s and don’ts sebelum sang adik lahir berikut ini, supaya tidak ada sibling rivalry di masa depan.

Apa itu sibling rivalry?

Sibling rivalry adalah kecemburuan, persaingan saudara kandung untuk mendapatkan perhatian dari orang tua. Kemungkinan yang akan dilakukan batita saat adiknya lahir, antara lain:

  • Regresi (kemunduran), bertingkah seperti bayi lagi, Tidak mau berjalan sendiri dan minta digendong, kembali berbicara seperti bayi, dan lain sebagainya.
  • Tidur di tempat tidur bayi milik sang adik.
  • Mencubit atau menjambak sang adik.
  • Minta ikut disusui ketikan Mom sedang menyusui sang adik.

Do’s and don’ts sebelum sang adik lahir

Untuk menghindari sibling rivalry, MomDad dapat melakukan tips berikut agar nantinya kedua buah hati bisa akur dan saling menyayangi satu sama lain.

Do’s

Sebelum sang adik lahir:

  • Jelaskan pada si Kecil mengenai kelahiran adiknya yang akan datang. MomDad bisa menjelaskannya dengan sederhana atau melalui buku cerita. Biarkan ia merasakan bayi di perut Mom menendang, dan mintalah ia mengajak ngobrol sang adik di dalam perut.
  • Ikut sertakan anak dalam persiapan kelahiran sang adik. Minta si Kecil memilih warna untuk kamar baru, memilih model baju atau gambar yang akan dipasang di kamar sang adik.
  • Jelaskan apa yang terjadi saat Mom akan melahirkan. Beberapa minggu sebelum tanggal perkiraan kelahiran, jelaskan dengan sederhana kalau Mom akan melahirkan di rumah sakit selama beberapa hari.
  • Katakan berulang kali bahwa MomDad menyayanginya dan akan tetap begitu.

Setelah sang adik lahir:

  • Ikut sertakan si Kecil dama menjaga sang adik. Hal sederhana misalnya mengambilkan handuk mandik atau membawakan selimut akan membuatnya merasa dianggap “anak besar”.
  • Puji anak saat menunjukkan perilaku baik terhadap adiknya.
  • Tunjukkan pada si Kecil bagaimana bersikap lembut pada sang adik. Puji saat ia dapat bertingkah sesuai usianya.
  • Atur perhatian MomDad, Berikan perhatian secara fokus pada masing-masing anak setiap harinya. Lakukan aktivitas bersama masing-masing anak secara rutin setiap hari.

Don'ts

  • Jangan memperlakukan anak-anak secara sama. Setiap anak (bahkan kembar sekalipun) adalah pribadi yang berbeda. Misalnya, jika MomDad membelikan sang adik mainan mobil-mobilan, belum tentu kakaknya menyukainya. Belikan hal lain yang ia sukai.
  • Jangan membandingkan anak-anak MomDad.
  • Jangan meninggalkan batita berdua saja dengan adiknya tanpa pengawasan orang dewasa.

Bagi MomDad yang kini sedang mempersiapkan kelahiran kedua atau seterusnya, tak ada salahnya mencoba tips di atas sebagai pencegahan sibling rivalry. Selamat mencoba, MomDad!

Ingin tahu tips dan informasi lainnya untuk jadi orang tua lebih baik? Ayo, baca artikel di aplikasi PrimaKu atau kunjungi primaku.com. Selain itu, MomDad bisa juga menonton seluruh tayangan ulang webinar di aplikasi, lho. Tak ketinggalan, follow juga akun Instagram dan TikTok PrimaKu supaya enggak ketinggalan update informasi seputar kesehatan anak dan parenting lifestyle!

Sumber foto: iStock

Sumber bacaan: Mommyclopedia Panduan Lengkap Merawat Batita oleh dr. Meta Hanindita, Sp.A.​

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Anak GTM? Tetap Tenang, Lakukan Do's & Don'ts Ini!
21 Des 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: