primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Perlengkapan Newborn yang Rentan Dibeli, tapi Jarang Dipakai

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Bayi Newborn, Newborn, Perawatan Newborn

Menyiapkan perlengkapan bayi newborn memang hal yang menyenangkan. Tak jarang, banyak orang tua membeli perlengkapan bayi newborn hanya karena kesenangan semata, tanpa mempertimbangkan manfaat jangka panjangnya. Seperti halnya beberapa barang berikut, yang rentan dibeli orang tua, tapi ternyata jarang dipakai.

Tempat ganti popok

Bayi baru lahir sering kali lebih sering mengganti popok, dan beberapa orang tua mungkin merasa bahwa mereka dapat dengan mudah mengganti popok di tempat-tempat yang sudah ada di rumah, seperti tempat tidur atau permukaan yang mudah dibersihkan.

Bedong

Penggunaan bedong yang tidak benar atau terlalu ketat dapat meningkatkan risiko tersedak atau sulit bernapas pada bayi. Selain itu, penggunaan bedong secara berlebihan dapat menghambat perkembangan motorik bayi.

Sarung tangan & kaus kaki

Menggunakan sarung tangan mungkin mencegah bayi menyentuh atau menjilat tangannya. Namun, sarung tangan dapat menghambat perkembangan motorik bayi. Begitupun dengan kaus kaki. Bayi perlu merasakan lingkungannya dan belajar meraih dan menggerakkan tangan mereka untuk mengembangkan koordinasi dan kekuatan otot.

Boks bayi

Beberapa rumah memiliki ruang yang terbatas, dan menambahkan boks bayi mungkin tidak praktis atau memadai. Selain itu, perkembangan bayi sangat pesat, sehingga boks bayi hanya akan dipakai sebentar saja.

Bantal dan guling bayi

Menurut American Academy of Pediatrics, bayi tidak dianjurkan menggunakan bantal setidaknya sampai usia balita. Pasalnya, penggunaan bantal pada bayi dapat menyebabkan risiko, seperti memperlambat evaluasi dan pengobatan bayi yang memiliki bentuk kepala tidak lazim namun serius, misalnya craniosynostosis atau kondisi penutupan ubun-ubun besar kepala bayi yang lebih cepat dari seharusnya, hingga kematian mendadak (sudden infant death syndrome) akibat menutupi wajah bayi.

Melengkapi kebutuhan bayi newborn pada setiap keluarga tentu berbeda-beda. Semua kembali lagi kepada keputusan MomDad dalam merawat si Kecil.

Referensi:


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
5 Perlengkapan Bayi yang Wajib Dibawa Orang Tua Baru saat Pe...
15 Mei 2022
cover
Agar Lebih Hemat, Ini Tips Menyicil Perlengkapan Newborn
17 Jul 2022
cover
Lebih Hemat, Ini Tips Membeli Perlengkapan Bayi Bekas Pakai
30 Jul 2022
cover
7 Perlengkapan Makan yang Perlu Disiapkan saat MPASI Pertama
30 Jan 2023
cover
Cegah Bakteri, Ini Pentingnya Sterilisasi Perlengkapan Bayi
10 Feb 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: