primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Temani Anak Siap Hadapi Ujian Sekolah, Berikut 5 Tips yang Bisa MomDad Lakukan!

Author: Radhita Rara

Topik: Ujian Sekolah

Ujian sekolah sudah di depan mata. Tentu saja, anak akan berusaha maksimal untuk tidak gagal dan melakukan kesalahan. Kadang kala, hal ini pula yang membuat ujian dibayangi dengan ketakutan dan emosi negatif.

Nah, disaat seperti itu lah peran MomDad sangat dibutuhkan. MomDad sebagai orangtua bisa membantu anak mempersiapkan ujian sembari memberi atmosfer menenangkan bagi anak. Lantas, bagaimana caranya dan apa yang harus dilakukan sebagai orang tua untuk menemani anak agar siap ujian sekolah? Berikut beberapa tipsnya!

Apresiasi tiap usaha anak

pexels-jessica-lewis-creative-4022326.jpg
Tidak semua anak bisa menguasai semua mata pelajaran. Bukannya belajar menjadi sia-sia, anak perlu mengembangkan kemampuan di mata pelajar yang mungkin tidak terlalu dikuasainya. Beberapa langkah agar mata pelajaran itu bisa sukses untuknya adalah dengan lebih asik seperti dengan menonton video atau menjawab kuis menarik.
Selain itu, yang terpenting adalah apresiasi MomDad atas kemauan anak untuk belajar hal yang sebelumnya kurang menarik bagi anak. Usahakan tidak menekan anak pada mata pelajaran yang bukan bakat anak.

Dorong kepercayaan dirinya
pexels-max-fischer-5211473.jpg
Salah satu yang dibutuhkan anak dalam menghadapi ujian sekolah adalah kepercayaan diri. Ajarkan pada anak bahwa hasil dari ujian nantinya tidak benar-benar mendefinisikan dirinya’ bahwa ia anak yang tidak pintar atau bodoh. Ia mungkin memiliki bakat di bidang lain dan bisa mengembangkannya di bidang tersebut. Ingat, setiap bidang pasti punya arah kariernya sendiri, maka ia tidak perlu takut.

Buat suasana santai
pexels-katerina-holmes-5905949.jpg
Anak mungkin akan merasa tertekan, karena ujian sekolah akan menilai sejauh mana ia telah memahami pelajaran selama sekolah. Hal ini bisa saja membuatnya tegang dan stres jelang ujian. 
Yang perlu MomDad lakukan adalah menciptakan waktu santai, misalnya saja dengan tanya jawab saat anak senggang. Lakukan permainan yang melibatkan pertanyaan mudah mengenai mata pelajaran yang akan keluar di ujian dan akan dijawab oleh anak. MomDad juga bisa menemani anak untuk belajar dari video di internet.

Beri waktu untuk istirahat
pexels-andrea-piacquadio-3768164.jpg
Alih-alih membiarkan anak belajar non-stop sebelum ujian, sebaiknya MomDad berikan kelonggaran dengan memberinya waktu istirahat. Katakan padanya untuk tidak terlalu memforsir diri, terlebih saat malam menjelang hari ujian.
Beri kesempatan untuknya beristirahat saat ia mulai sulit berkonsentrasi. Bisa dengan mendengarkan musik, menonton video lucu, atau hobi lainnya yang menyegarkan kepala.

Ajarkan strategi mengerjakan soal
pexels-ketut-subiyanto-4473449.jpg
Belajar juga memerlukan strategi, tidak hanya menghapal dan memahami soal. Anak bisa mengerjakan ujian dengan cepat dan tepat dengan strategi. Misalnya saja dengan mencoret jawaban yang salah untuk soal pilihan ganda tertulis. Sehingga anak akan fokus untuk mencari jawaban yang benar.
Ajarkan juga untuk melewati soal yang dirasa benar-benar sulit agar tidak menghabiskan waktu untuk mengerjakan soal lain. Nantinya, anak akan memiliki waktu lagi untuk mengerjakan soal yang belum selesai dan mengecek kembali jawaban yang masih diragukan.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa MomDad lakukan untuk menemani anak agar siap menghadapi masa ujian sekolah. Peran MomDad tentu sangat penting agar anak tidak terlalu stres saat ujiannya tiba.

Yuk, follow Instagram @official.primaku untuk tahu lebih banyak seputar tips parenting lainnya!

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: