primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

High Chair Jadi Salah Satu Penyebab Anak GTM, kok Bisa?

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: GTM, High Chair

Umumnya penyebab bayi melakukan gerakan tutup mulut GTM) adalah karena bosan, sedang sakit, belum merasa lapar, dan trauma terhadap makanan atau proses makan. Berdasarkan penelitian multisenter Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), penyebab tersering GTM pada anak adalah inappropriate feeding practice, yaitu perilaku makan yang tidak benar atau pemberian makan yang tidak sesuai usia. Namun, tahukah MomDad kalau ternyata high chair juga menjadi salah satu penyebab anak GTM, lho. Kok bisa, sih?


High Chair Bisa sebabkan Anak GTM

high_chair_sebabkan_GTM.jpg

High chair adalah sebuah kursi tinggi yang diperuntukkan bagi bayi yang sudah memulai MPASI. Tujuan penggunaan high chair adalah untuk memastikan anak duduk dalam posisi yang aman dan nyaman selama makan agar dapat makan dengan baik. Posisi duduk bayi saat makan sangat penting selama proses makan, hal ini berhubungan dengan keamanan saat menelan. Selain itu, posisi duduk memengaruhi kemampuan bayi untuk menggunakan tangan saat makan dan juga mengunyah dan menelan. Intinya, high chair mendukung posisi duduk anak yang baik dan benar saat makan, sehingga anak diharapkan makan lebih baik jika duduk di high chair. Posisi duduk yang tidak benar saat makan juga memengaruhi kemampuan lidah mengontrol makanan di dalam mulut, sehingga berdampak pada kemampuan anak untuk makan makanan semi padat maupun padat. Namun, bila keluarga memutuskan untuk tidak membeli high chair, bayi dapat didudukkan di pangkuan orang tua maupun duduk di lantai saat makan, asalkan posisinya benar. Posisi  makan yang benar disebut sebagai posisi 90-90-90, yaitu posisi pergelangan kaki, lutut, dan panggul semua membentuk sudut 90 derajat.

Saat menggunakan high chair, ada beberapa hal yang perlu MomDad perhatikan, antara lain: 

  • Dapat memberikan support agar posisi duduk anak tegak pada saat makan, dengan bahu sejajar dengan pinggang, dan beban anak terpusat di pinggul atau sedikit ke depan.
  • Posisi meja makan sejajar perut bayi (bukan sejajar ketiak atau sedikit di bawah ketiak).
  • Terdapat footrest yang dapat menopang kaki anak, sehingga membantunya menahan berat badan sedikit ke depan.

Nah, berikut beberapa rekomendasi high chair yang bisa dijadikan pilihan:

20860248_d78ed6e9-9ec1-4ab3-81cd-195026760dbe_750_750.jpg

1. Yamatoya Sukusuku Plus Table High Chair: High chair ini dilengkapi dengan meja yang sangat cocok untuk melatih bayi lebih mandiri untuk makan di kursi sendiri. Modelnya yang sangat menarik dan unik, tetap memperhatikan segi keamanan dan kenyamanan pada kursi. Yamatoya Sukusuku Plus Table High Chair didesain dengan baik, tidak ada sudut yang tajam, sehingga bayi akan terhindar dari bahaya. Ruangan tempat duduk pada kursi pun lebih besar, sehingga bayi dapat bergerak leluasa. Dengan meja yang dapat dilepas, menjadikan kursi ini juga dapat digunakan untuk bayi yang baru belajar duduk. Cocok untuk bayi berusia 6 bulan keatas. Beli Yamatoya Sukusuku Plus Table High Chair di sini.

7ac69843-3294-44ac-9224-5c6a858fb936.jpg

2. BC Baby Care Kursi Makan Bayi Portable High Chair: Kursi makan ini memungkinkan penyesuaian multi-sudut hingga 150°, sehingga MoMDad dapat menyesuaikannya sesuai dengan penggunaan yang berbeda, termasuk memberi makan, waktu makan, istirahat, dan hal lain di antaranya. Tingginya pun dapat disesuaikan secara vertikal dalam beberapa posisi dan geser, serta angkat dengan mudah untuk mencocokan ketinggian yang berbeda dari sofa, samping tempat tidur, meja dan lain-lain. Beli BC Baby Care Kursi Makan Bayi Portable High Chair di sini.

06c78366-e4a1-4605-bd86-26c681a6af13.jpg

3. The Home Good Baby High Chair: Jika punya budget lebih, MomDad mungkin tertarik dengan The Home Good Baby High Chair. Kursi ini dirancang sempurna untuk membuat anak agar nyaman saat makan, mulai dari masa balita hingga remaja. Dengan kursi yang dapat disesuaikan dan sandaran kaki yang unik, The Home Good Baby High Chair bisa digunakan untuk segala usia dengan kenyamanan optimal pada punggung dan kaki. Beli The Home Good Baby High Chair di sini.

  • Jika tertarik mencoba produk di atas, MomDad bisa mendapatkan diskon 30% dengan belanja produk Tokopedia x PrimaKu yang ada di aplikasi. Intip kode vouchernya di aplikasi PrimaKu, ya!

Selain high chair, masih banyak faktor lain yang bisa menyebabkan anak GTM, seperti anak masih kenyang di jam makan, anak mengantuk di jam makan, suhu atau tekstur makanan tidak sesuai dengan selera anak, hingga anak sedang sakit dan sedang tumbuh gigi. 

Referensi:

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Stimulasi Bayi Usia 0-3 Bulan: High Contrast Pattern
7 Jan 2023
cover
Ketahui Aturan Penggunaan High Chair pada Bayi!
22 Feb 2023
cover
Role of Higher PER Nutrition to support Faster Linear Growth...
26 Mar 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: