primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Lagi Tren, Ini 7 Manfaat Push Bike untuk Tumbuh Kembang Anak

Author: Marisha A

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti Sp.A

Topik: Tumbuh Kembang, Push Bike

MomDad mungkin pernah melihat anak-anak balita menggunakan sepeda tanpa pedal di media sosial, di mal, atau di lingkungan sekitar. Tahu enggak sih, MomDad, kalau sepeda tanpa pedal, atau yang dikenal dengan sebutan push bike, bukan sekadar tren yang sedang viral, tetapi ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak? Untuk mengetahui sejumlah manfaat push bike, simak artikel selengkapnya, yuk!

1. Mudah digunakan

Karena tidak memiliki pedal, sepeda ini mudah digunakan oleh anak-anak. Mereka tidak perlu belajar mengayuh sepeda lebih dulu. Cukup dengan menjalankan sepeda menggunakan kedua kakinya secara bergantian.

2. Belajar keseimbangan

istockphoto-1318622855-612x612.jpg

Manfaat lain menggunakan push bike adalah agar anak belajar keseimbangan sebelum belajar mengayuh. Sepeda jenis ini lebih mudah dikendarai karena anak bisa mengendalikannya sendiri. Anak akan menjaga tubuhnya tetap seimbang menggunakan kedua kakinya. Dengan berlatih keseimbangan saat naik push bike, anak juga akan lebih seimbang saat berjalan kaki dan berlari.

3. Menstimulasi koordinasi

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari menggunakan push bike yakni menstimulasi koordinasi gerak tubuh anak. Saat mengendarai push bike, kaki akan menjadi pengontrol gerak utamanya sehingga secara otomatis anak akan melakukan koordinasi tubuh mulai dari kaki, tangan, dan posisi tubuh.

4. Menjadi aktivitas yang menyenangkan

istockphoto-1339017626-612x612.jpg

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga akan merasa bosan jika melakukan aktivitas yang itu-itu saja. Karena itu, ajak anak untuk bermain push bike di luar rumah. Selain membantunya belajar keseimbangan, aktivitas ini akan membuatnya banyak bergerak dan tentunya menyenangkan.

5. Mempermudah anak belajar mengayuh sepeda roda dua

Mungkin saat kecil dulu, MomDad mengalami kesulitan untuk bisa mengendarai sepeda roda dua. Nah, supaya anak-anak tidak merasakan hal yang sama, MomDad bisa memberikannya push bike dulu untuk berlatih. Dari pengalaman para orang tua yang sudah menerapkannya, anak-anak akan lebih mudah mengendarai sepeda roda dua karena sudah belajar keseimbangan sejak dini.

6. Mudah dibawa

pb.jpg

Salah satu kelebihan sepeda tanpa pedal adalah ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Jika ingin mengajak anak bermain di taman, tentunya MomDad tak perlu repot membawa jenis sepeda ini, deh! Dibawa di dalam mobil pun tidak makan tempat.

7. Menguatkan otot

Selain melatih keseimbangan, sepeda tanpa pedal juga bisa membantu menguatkan otot-otot paha dan kaki anak, lho! Saat mengendarai push bike, seluruh ototnya bergerak dan bekerja. Otot-otot kakinya bekerja maksimal mendorong sepeda, sedangkan otot di tangannya bekerja menggenggam stang sepeda agar tetap seimbang.

Itu dia penjelasan mengenai manfaat push bike untuk si Kecil. Apakah MomDad tertarik membelikan si Kecil push bike?

Ingin tahu tips dan informasi lain seputar tumbuh kembang anak? Ayo, baca artikel di aplikasi PrimaKu atau kunjungi primaku.com. Selain itu, MomDad bisa juga menonton seluruh tayangan ulang webinar di aplikasi, lho. Tak ketinggalan, follow juga akun Instagram dan TikTok PrimaKu supaya enggak ketinggalan update informasi seputar kesehatan anak dan parenting lifestyle!

Sumber foto: iStock

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Jangan Lagi Keliru, Ini Cara Tepat Membersihkan Organ Intim ...
9 Sep 2022
cover
Lagi Cari Rekomendasi DSA? Pastikan Punya Kriteria Ini!
9 Mei 2023
cover
3 Mitos seputar Vaksin yang MomDad Gak Boleh Lagi Percaya!
20 Nov 2023
cover
Kunci Rahasia Hadapi si Kecil yang Lagi GTM ala Dokter Anak
6 Des 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: