primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Pemerintah Gratiskan Imunisasi Rotavirus, Ketahui Aturannya!

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Imunisasi Rotavirus, Imunisasi

Rotavirus merupakan virus yang menyerang saluran pencernaan dan dapat menyebabkan penyakit diare akut. Gangguan akibat rotavirus bisa menyebabkan infeksi pada usus, sehingga menimbulkan diare yang parah, demam, muntah, serta sakit perut. 

Rotavirus lebih mudah menyerang bayi dan anak-anak. Menurut data dari IDAI, rotavirus menyebabkan 60-70% kasus diare pada anak-anak.  Melihat dampak dari rotavirus yang membahayakan bayi, penting bagi setiap orang memberikan imunisasi rotavirus (RV) agar anak terhindar dari bahaya. 

Kabar baiknya, di hari Kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah akan memberikan imunisasi RV secara gratis ke seluruh bayi. Hal ini dilakukan untuk melindungi anak Indonesia dari kejadian diare berat. Pemberian imunisasi ini diberikan secara oral melalui mulut sebanyak 0,5 ml sebanyak 3 kali dengan dosis pertama di usia 2 bulan, tidak lebih dari usia 14 minggu 6 hari. Dosis kedua diberikan pada usia 3 bulan dan dosis ketiga di usia 4 bulan atau tidak lebih dari usia 6 bulan. Lalu, pemberiannya juga bisa dilaksanakan bersamaan dengan imunisasi rutin, seperti vaksinasi polio tetes.

Pembagian imunisasi RV gratis, berlaku untuk bayi yang lahir setelah 16 Mei 2023, alias bayi yang memasuki usia 2 bulan ke atas. Imunisasi RV gratis bisa didapatkan di posyandu, puskesmas, rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta, klinik, praktik mandiri dokter, hingga bidan yang biasa melayani imunisasi.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Daftar Imunisasi Bayi yang Disubsidi oleh Pemerintah
12 Sep 2022
cover
Ini Daftar Imunisasi Rutin Anak yang Dibiayai Pemerintah
19 Apr 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: