primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Daftar Imunisasi Bayi yang Disubsidi oleh Pemerintah

Author: Tim PrimaKu

Topik: Imunisasi, Newborn

Pemberian imunisasi pada bayi sangatlah penting karena dapat menstimulasi tubuh bayi untuk membentuk kekebalan terhadap suatu penyakit, sehingga dapat melindunginya saat ia terinfeksi secara alamiah oleh penyakit tersebut. Bayi yang sudah mendapatkan imunisasi diharapkan tidak akan jatuh sakit, atau bila sakit, gejalanya tidak akan seberat jika tidak diimunisasi sebelumnya. 

Nah, dari sekian banyak jenis imunisasi, ada 5 imunisasi yang disubsidi oleh pemerintah, lho! Apa saja?

Imunisasi Hepatitis B

istockphoto-1217237323-612x612.jpg

Imunisasi ini berfungsi untuk mencegah kerusakan hati akibat virus hepatitis B yang disuntikkan pada bayi segera setelah lahir dan sebelum berumur 12 jam. Gunanya untuk mencegah penularan virus Hepatitis B dari ibu pada bayinya saat persalinan. Kemudian, vaksin Hepatitis B kembali diberikan saat bayi berusia 2, 3, 4, dan 18 bulan.

Imunisasi BCG

Imunisasi BCG berfungsi untuk mencegah Tuberkulosis (TBC) berat pada paru, otak, kelenjar getah bening, dan tulang. Vaksin BCG disuntikkan pada bayi sejak lahir hingga usia 1 bulan. Pada bekas suntikan setelah 1 bulan, akan ada benjolan kemerahan yang kemudian pecah, keluar seperti nanah. Tidak perlu khawatir, MomDad dapat membersihkannya dengan alkohol atau iodin, maka luka akan sembuh.

Imunisasi DPT atau DpaT

Imunisasi DPT berfungsi untuk mencegah penyakit Difteri, Pertusis, dan Tetanus. Vaksin ini akan disuntikkan di paha bayi saat berusia 2 bulan, dilanjutkan pada usia 3, 4, dan diulang di usia 18 bulan, serta dapat diberikan dalam bentuk pentavalen bersama hepatitis B dan Hib.

Imunisasi Polio

Imunisasi polio berfungsi untuk mencegah kelumpuhan akibat serangan virus polio yang menyerang sel-sel saraf di sumsum tulang belakang atau otak. Vaksin polio diteteskan dalam mulut bayi sejak baru lahir pada saat pulang dari rumah sakit. Plus, harus diberikan dalam bentuk suktik sebanyak 2 kali sebelum usia 1 tahun.

Imunisasi MR

istockphoto-1344413253-612x612.jpg

Vaksin MR adalah kombinasi vaksin campak atau Measles (M) dan Rubella (R) untuk perlindungan terhadap penyakit campak dan rubella. Vaksin MR efektif untuk mencegah penyakit campak dan rubella. Vaksin ini aman dan telah digunakan di lebih dari 141 negara di dunia. Imunisasi MR diberikan untuk semua anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun. Selanjutnya, imunisasi MR masuk dalam jadwal imunisasi rutin dan diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan, dan kelas 1 SD atau sederajat menggantikan imunisasi campak.

Selain kelima imunisasi di atas, MomDad juga perlu memberikan imuniasi yang direkomendasikan IDAI berdasarkan usia. Yuk, cek daftar imunisasinya apa saja di sini!

Yuk, cek jadwal imunisasi si Kecil sesuai anjuran IDAI melalui aplikasi PrimaKu! Tak hanya itu, MomDad juga bisa Booking Vaksin dengan Klinik Partner PrimaKu dan mendapatkan harga spesial, lho. 

Sumber foto: iStock

Reference: #JanganSALAH Mengasuh Bayi by Asti Musman, buku cetakan pertama: 2018

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Daftar Imunisasi Anak Lengkap yang Perlu Diketahui Para Oran...
24 Apr 2022
cover
Daftar Aktivitas Menarik untuk Mengurangi Screen Time pada s...
10 Jul 2022
cover
Ini 156 Daftar Obat Sirup yang Aman Dikonsumsi oleh Anak!
1 Nov 2022
cover
BPOM Perbarui 168 Daftar Obat Sirop yang Aman Dikonsumsi
18 Nov 2022
cover
Daftar Makanan yang Perlu Dihindari Anak Usia Dini
11 Okt 2023
cover
Daftar Imunisasi Dasar Lengkap Bayi Usia 0-6 Bulan
19 Feb 2024
cover
Daftar Harga Vaksin Anak di PrimaKu, Bisa Cicilan & Dapat Di...
28 Feb 2024
cover
Begini Cara Mendaftarkan BPJS Kesehatan untuk Bayi Baru Lahi...
25 Mar 2024
cover
Ini Daftar Imunisasi Rutin Anak yang Dibiayai Pemerintah
19 Apr 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: