primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Serbuk Kopi Hitam Bisa Atasi Bayi Kejang, Mitos vs Fakta?

Author: Radhita Rara

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Kejang, Bubuk Kopi

Melihat bayi demam hingga mengalami kejang tentu membuat orang tua khawatir. Konon katanya, untuk mencegah bayi kejang, orang tua zaman dahulu percaya bahwa memberikan kopi bisa mengatasinya. 

Lantas, bagaimana dunia medis memandang kebiasaan memberikan serbuk kopi hitam untuk mengatasi bayi yang kejang? Yuk, simak penjelasannya berikut!

Apakah benar serbuk kopi hitam bisa mengatasi bayi kejang?

istockphoto-1251725401-612x612.jpg

Kejang saat demam umumnya terjadi karena suhu tubuh anak melebihi 38 derajat celcius, namun kejang juga bisa terjadi tanpa demam. Kejang pada bayi ditandai dengan seluruh tubuh yang kaku dan tidak dapat dilemaskan. Pada saat kejang, pada umumnya si Kecil kehilangan kesadaran. Kadang-kadang,  mulutnya mengeluarkan busa. Lantas, pada kondisi ini apakah bayi bisa diberi kopi?

Saat kondisi tubuh kejang, tubuh kehilangan refleks sehingga memberikan makanan ataupun minuman bisa membuatnya tersedak. Selain itu, serbuk kopi hitam tidak dapat mencegah maupun mengatasi bayi kejang. Bahkan, serbuk kopi hitam sebagai minuman berkafein tidak direkomendasikan bagi anak berusia di bawah 5 tahun. Terlebih lagi bayi, karena dapat menyebabkan kegelisahan, tremor, dan anak menjadi rewel.

Adakah bahayanya?

istockphoto-1151822114-612x612.jpg

Serbuk kopi hitam sebagai minuman berkafein tidak direkomendasikan bagi anak di bawah usia 5 tahun, apalagi bayi, karena dapat menyebabkan kegelisahan, tremor, dan anak menjadi rewel. Sekalipun dosis kafein yang diberikan sangat sedikit, efek tersebut masih bisa timbul. 

Pemberian asupan makanan maupun minuman apa pun selain ASI atau susu formula pada bayi di bawah 4 bulan dapat menyebabkan masalah pada saluran cerna bayi, juga menimbulkan risiko tersedak. 

Bagaimana cara penanganan tepat pada bayi kejang?

istockphoto-610051046-612x612.jpg

Dapat disimpulkan bahwa saat bayi step atau kejang, kopi tidak bisa membantu. Kebiasaan untuk memberikan kopi juga sebaiknya dihindari karena hal tersebut hanyalah mitos. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk menolong anak yang kejang? Berikut beberapa hal yang bisa MomDad lakukan:

  • Tetap tenang dan jangan panik
  • Miringkan bayi ke satu sisi untuk mencegah ia tersedak isi lambungnya
  • Longgarkan pakaian bayi
  • JANGAN memasukkan apapun ke dalam mulut bayi, seperti sendok
  • Bila MomDad sudah terlatih menggunakan obat kejang dari dubur, berikan sesuai dosis yang dianjurkan dokter
  • Bila kejang terjadi pertama kali, kejang berulang, kejang lebih dari 15 menit, atau anak tidak kunjung sadar, segera bawa anak ke rumah sakit

Nah, pada intinya memberikan serbuk kopi hitam pada bayi saat kejang merupakan mitos belaka, ya MomDad! Bukannya menyembuhkan hal tersebut malah membahayakan si Kecil. 

Apabila punya pertanyaan seputar kondisi si Kecil, MomDad bisa konsultasikan pada dokter di Forum Tanya Dokter melalui aplikasi PrimaKu. Pertanyaan MomDad akan dijawab langsung oleh ahli.

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: