primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Berencana Merenovasi Rumah? Yuk, Perhatikan 5 Hal Ini, MomDad!

Author: Fauziah Sabtuannisa

Editor: Dhia Priyanka

Topik: Tips, Lifestyle

MomDad, setiap bangunan rumah tampaknya memiliki permasalahan tersendiri, seperti dinding retak atau berjamur, atap bocor, kusen keropos dimakan rayap, saluran air mampet dan masih banyak lagi. Apalagi jika rumah yang ditempati merupakan rumah lama, akan memerlukan renovasi besar-besaran untuk peremajaan bangunan dan demi kenyamanan keluarga. Renovasi rumah bukanlah hal yang mudah karena selain biaya, juga membutuhkan waktu jika ingin hasilnya sesuai harapan. Nah, sebelum memutuskan merenovasi rumah, sebaiknya MomDad perhatian beberapa hal berikut ini.

Siapkan anggaran

Hal terpenting dalam merenovasi rumah adalah anggaran. MomDad dapat menulis rincian apa saja yang perlu dibeli saat merenovasi rumah, (bahan bangunan) termasuk biaya jasa tukang bangunan. Jangan lupa juga untuk sediakan anggaran tambahan di luar anggaran utama, setidaknya 10% - 20%. Pasalnya, dalam hal merenovasi rumah, kemungkinan biayanya akan membengkak sedikit dari anggaran yang sudah ditentukan.

Desain rumah yang diharapkan

Sebelum merenovasi rumah, sebaiknya MomDad menyiapkan ide desain atau rancangan rumah terlebih dahulu, baik interior maupun eksterior. Hal ini bertujuan untuk menghemat waktu pengerjaan, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan untuk merenovasi rumah. Jika tidak menggunakan jasa arsitek, MomDad dapat melihat referensi interior dan eksterior yang diinginkan dari Pinterest atau platform favorit MomDad lainnya.

Waktu pengerjaan

Setelah memutuskan desain rumah, MomDad juga perlu memikirkan dan membuat jadwal renovasi rumah secara detail, supaya pengerjaannya selesai sesuai waktu yang diharapkan dan budget pun tidak membengkak. 

Konsultasi

Jangan ragu untuk konsultasi dengan siapa pun (orang yang pernah atau berpengalaman dalam merenovasi rumah) mengenai kondisi rumah atau dalam pemilihan bahan bangunan. Lebih baik lagi jika MomDad langsung berkonsultasi dengan ahlinya, seperti arsitek atau kontraktor.

Pilih bahan atau material bangunan yang berkualitas

Rumah adalah tempat tinggal di mana MomDad akan menjalani aktivitas sehari-hari dalam jangka waktu panjang. Maka dari itu, pilihlah bahan atau material bangunan yang berkualitas, agar bangunan rumah tetap kokoh, tidak bocor, dan nyaman untuk ditempati.

Selamat merenovasi rumah dan semoga akan menjadi hunian yang nyaman untuk keluarga ya, MomDad. Jika ingin mendapatkan tips menarik lainnya, MomDad bisa follow Instagram @official.primaku dan pantau terus artikel terbaru kami melalui aplikasi atau webstie primaku.com.

Sumber foto: iStock

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: