primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Bersiap Liburan Akhir Tahun bersama si Kecil? Pastikan Lakukan 5 Hal Ini!

Author: Annasya

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Liburan, Tips, Tips Parenting, Parenting Lifestyle

Mengingat liburan akhir tahun semakin dekat, MomDad mungkin sudah menyiapkan beberapa rencana dengan keluarga. Dari banyaknya tempat liburan yang ada, tentu masing-masing tempat memiliki keunikannya tersendiri. Nah, liburan memang merupakan masa yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar anak.

Namun bukan berarti peraturan yang sudah dibuat hilang begitu saja. MomDad bisa menyesuaikan peraturan yang ada saat mempersiapkan anak liburan sesuai dengan tempat dan juga suasana tempat liburan yang akan dikunjungi. Kira-kira, apa saja peraturan yang bisa diterapkan pada saat liburan?

Sesuaikan jadwal perjalanan dengan jadwal harian anak

istockphoto-1056131154-612x612.jpg

Hal pertama yang perlu MomDad perhatikan saat mempersiapkan anak liburan yaitu menyesuaikan jadwal perjalanan dengan jadwal harian anak. Jika akan naik pesawat dan jarak yang ditempuh jauh, maka sebaiknya carilah penerbangan langsung. Usahakan juga untuk memilih jadwal terbang pada waktu tidur atau menyusu anak. Apabila anak sudah lebih besar, pilihlah tempat duduk dekat jendela. Selain itu, usahakan juga untuk tiba lebih awal di bandara agar tidak terburu-buru nantinya. Semua hal tersebut juga berlaku jika ingin liburan dengan naik kereta. Sedangkan untuk perjalanan dengan mobil, MomDad bisa membuat ruang yang nyaman supaya si Kecil bisa tidur.

Menyediakan tas khusus keperluan anak

istockphoto-1370475913-612x612.jpg

Saat menyiapkan keperluan anak, penting untuk membawa tas khusus untuk membawa beberapa barang yang diperlukan. MomDad bisa membawa tas khusus untuk baju-baju anak. Pilihlah bahan pakaian yang menyerap keringat, contohnya bahan katun. Jangan lupa untuk membawa jaket juga agar anak tidak kedinginan. 

Membawa obat-obatan juga penting saat sedang liburan. Sediakan tas khusus menyimpan obat-obatan seperti obat batuk pilek, obat penurun demam, oralit, obat luka seperti povidone iodine dan plester, serta minyak telon atau minyak kayu putih. Pastikan untuk membawa obat-obatan tersebut, khususnya jika si Kecil sedang mengonsumsi obat tertentu secara teratur. 

Keperluan selanjutnya yang bisa dibawa yaitu makanan favorit si Kecil, susu, serta mainan atau boneka kesayangannya. Jika anak sudah cukup besar dan bisa membawa barang sendiri, MomDad bisa membiarkannya membawa tas kecil sendiri yang berisi barang-barang tersebut. Dengan membawa mainan atau cemilan favorit, perhatian anak akan teralihkan di perjalanan.

Mengatur waktu istirahat di perjalanan

Tanpa judul(5) (2).jpg

Penting untuk mengatur waktu agar si Kecil tidak rewel sepanjang perjalanan. Jika sudah waktunya anak makan, sebaiknya berhenti dulu untuk makan. Apabila anak terlihat gelisah, MomDad bisa mampir terlebih dahulu di rest area dan biarkan anak bermain di sekitar tempat istirahat agar otot-otot badannya tidak kaku yang mana sering menjadi penyebab anak rewel. Dan apabila sudah waktunya anak untuk tidur, manfaatkan waktu tersebut untuk tidur juga. 

Memperhatikan asupan makanan anak 

close-up-happy-family-eating-together_23-2148988619.jpg

Hal selanjutnya yang penting untuk diperhatikan yaitu asupan makanan. Saat sedang liburan, MomDad mungkin akan menghadapi kendala saat ingin memberi makan anak. Nah, agar anak tetap sehat dan kebutuhan kalorinya terpenuhi selama liburan, jangan lupa untuk menambahkan sayur, buah, dan air putih ke dalam pilihan menu anak saat mempersiapkan anak liburan. Si Kecil boleh diberikan minuman berasa yang dingin, namun cukup satu porsi dalam sehari. Karena sebaiknya MomDad lebih banyak memberi minum anak air putih. 

Menjadwalkan aktivitas untuk anak

jjj.jpg

Last but not least, penting bagi MomDad untuk menjadwalkan aktivitas anak selama liburan, contohnya aktivitas fisik. Ada kalanya anak akan terlalu asik menonton TV sampai lupa waktu. Jadi, perlu untuk membatasi waktu anak menonton dan ajak ia melakukan aktivitas lain. 

MomDad bisa mengajak si Kecil beraktivitas seperti naik sepeda, renang, atau bermain bola. Setelah beraktivitas, anak akan memerlukan waktu tidur yang baik. Usahakan anak mendapatkan waktu tidur minimal 8-10 jam dalam sehari. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa MomDad terapkan saat sedang mempersiapkan anak liburan. Dengan tetap memperhatikan kebutuhan asupan makanan, aktivitas bermain serta istirahat anak, liburan keluarga akan menjadi kenangan yang indah untuk diingat anak-anak! 

Bagaimana dengan persiapan MomDad untuk liburan akhir tahun? Yuk, share di Forum Lifestyle bersama MomDad lainnya!

Sumber foto: Freepik

Penulis : Rini Sekartini, Ikatan Dokter Anak Indonesia

Artikel pernah dimuat di harian kompas, kolom klasika, tanggal 23 Juni 2013

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Bersiap Menyambut Anak Pertama? Ini Tips Mengelola Keuangan...
9 Jul 2022
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: