primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Mengajak Anak Pertama Kali Menonton Bioskop? Ketahui Dulu 5 Hal Ini, Yuk!

Author: Marisha A

Editor: Dhia Priyanka

Topik: Tips, Tips Parenting

Beberapa waktu lalu, media sosial ramai dibanjiri protes yang dilayangkan oleh warganet terhadap orang tua yang membawa anak-anaknya ke dalam bioskop dan menyaksikan film yang bukan usianya. Bukan sekali-dua kali, hal ini cukup sering terjadi dan seolah terus berulang. Sebagai orang tua, sebaiknya MomDad perlu memperhatikan beberapa hal berikut sebelum mengajak anak ke bioskop, terutama bagi yang baru pertama kali mengajak si Kecil menonton di bioskop.

Pahami kondisi anak

Hal ini menjadi yang paling pertama perlu diperhatikan setiap orang tua. Tidak semua anak bisa diajak ke bioskop karena suasana di dalamnya gelap, sangat berisik, dan dingin. Jika si Kecil termasuk yang tidak menyukai kondisi tersebut, sebaiknya MomDad jangan paksakan mengajaknya menonton di bioskop.

Usia anak

Menyaksikan sebuah film tentunya diperlukan pemahaman akan sebuah jalan cerita. Karena itu, anak yang diajak menonton ke bioskop lebih baik yang sudah bisa mengerti dan memahami sebuah cerita. Mengajak anak menyaksikan film yang sebenarnya tidak ia mengerti hanya akan membuatnya bosan dan tidak betah berlama-lama di dalam bioskop hingga film selesai. Tak jarang mereka akan menangis dan mengganggu penonton lain.

Pilih genre film yang tepat

Ada banyak jenis genre film yang diputar di bioskop. Khusus untuk anak-anak, sebaiknya MomDad pilihkan film yang memang diperuntukkan bagi anak seusianya. Biasanya film animasi yang bergenre petualangan, komedi, dan bertema keluarga cocok disaksikan oleh anak-anak. Untuk itu, MomDad perlu mencari tahu lebih banyak mengenai film yang akan ditonton sebelum mengajak anak ke bioskop, ya.

Ketahui rating film

Lembaga Sensor Film (LSF) memberikan rating untuk setiap film yang tayang di bioskop, di antaranya Semua Usia (SU), 7+, 13+, 18+, dan 21+. Untuk anak-anak, tentunya film yang aman untuk ditonton adalah film dengan rating SU yang juga cocok ditonton oleh semua usia. Jangan sampai mengabaikan rating ini meskipun MomDad sangat ingin menyaksikan film dengan rating 18+. Film dengan rating yang tidak diperuntukkan untuk anak-anak bisa berbahaya terhadap kondisi mentalnya, lho!

Bicarakan dengan anak

Sebelum pergi ke bioskop, ada baiknya jika MomDad membicarakan dulu dengan anak mengenai beberapa aturan. Misalnya, beri ia gambaran bahwa di bioskop akan gelap sehingga anak tidak kaget, atau beri tahu peraturan untuk tidak berisik selama film berlangsung. Dengan begitu, anak pun bisa menyaksikan film dengan nyaman.

Semoga setelah membaca artikel ini, MomDad bisa mengajak si Kecil menonton di bioskop di waktu yang tepat ya, agar nantinya tidak mengganggu penonton yang lain. 
Suka dengan artikel ini? Yuk, like dan bookmark! Jangan lupa juga follow @official.primaku di Instagram untuk tahu lebih banyak seputar tumbuh kembang anak.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Sulit Mengajak si Kecil Tidur Siang? Yuk, Lakukan Trik Ini, ...
29 Mei 2022
cover
Ternyata Ini lho Manfaat Mengajak si Kecil Ikut Belanja Bula...
14 Agu 2022
cover
Kapan Usia yang Tepat Mengajak Bayi Naik Pesawat?
6 Sep 2022
cover
Stimulasi Bayi Usia 18-24 Bulan: Mengajak Menari
21 Des 2022
cover
Stimulasi Bayi Usia 0-3 Bulan: Mengajak Bicara
11 Jan 2023
cover
Mengajak Bayi Berkendara dengan Motor, Amankah?
25 Jan 2023
cover
Stimulasi Bayi Usia 12-18 Bulan: Mengajak Bicara
17 Mar 2023
cover
Stimulasi Bicara: Mengajak Anak Bercerita
20 Sep 2023
cover
Stimulasi Motorik Kasar: Mengajak si Kecil Bergerak
1 Okt 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: