primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Sulit Mengajak si Kecil Tidur Siang? Yuk, Lakukan Trik Ini, MomDad!

Author: Radhita Rara

Editor: Dhia Priyanka

Topik: Tidur siang, Tidur

Tidur siang memiliki banyak manfaat bagi si Kecil. tapi, sayangnya anak kerap menolak saat diajak tidur siang. Umumnya anak susah diajak tidur siang karena di waktu tersebut mereka sedang aktif bermain.

MomDad mungkin merasakan juga betapa susahnya membujuk anak untuk tidur siang. Padahal dengan tidur siang, kebutuhan tidur anak bisa tercukupi dan mendapatkan banyak manfaat positif. Lantas, bagaimana ya agar anak mudah diajak tidur siang? Yuk, simak berikut ini!

Pentingnya tidur siang bagi anak

Tidak hanya tidur pada malam hari, sebenarnya tidur siang juga penting untuk memenuhi kebutuhan tidur anak. Anak usia 1-3 tahun memerlukan 12-14 jam per hari, anak usia 3-5 tahun sekitar 11-12 jam per hari, sementara anak 5-12 tahun membutuhkan tidur sekitar 10-11 jam per hari.

Beberapa manfaat bisa didapatkan dari tidur siang, misalnya saja:

  • Mampu meningkatkan daya tahan tubuh
  • Meningkatkan mood anak
  • Memaksimalkan perkembangan fisik dan mental
  • Meningkatkan daya ingat
  • Berat badan yang stabil
  • Tidur malam yang lebih berkualitas
  • Mencegah penyakit

Mungkin sebagian besar orang berpikir bahwa anak yang tidur siang akan kesulitan tidur di malam hari. Padahal, anak yang tidur siang akan mendapatkan tidur malam yang lebih berkualitas dan membuat waktu tidur anak tercukupi.

Kalau si Kecil kekurangan tidur justru membuatnya menjadi gelisah saat malam dan mudah terbangun. Kekurangan tidur juga bisa mengganggu pola makan anak karena mereka cenderung merasa lelah dan memilih tidak makan malam.

Cara mengatasi anak yang susah tidur siang

Mengajak anak tidur siang mungkin jadi tantangan tersendiri bagi orang tua, tapi beberapa cara berikut ini bisa MomDad coba di rumah, ya.

Mengajak tidur siang tidak lama setelah jam makan

Setelah makan nasi, kemungkinan anak akan merasa mengantuk. Nah, MomDad bisa mengajak anak tidur siang dengan mengenali sinyal ngantuk dari anak. Misalnya saat ia mengusap-usap mata dan mulai rewel. 

Kalau tanda-tanda ini mulai terlihat, MomDad bisa membujuknya untuk tidur. Ciptakan suasana yang nyaman di kamar dengan meredupkan penerangan, menyalakan AC atau kipas, dan mematikan TV agar anak merasa nyaman untuk tidur.

Mengajak aktivitas ringan di kamar

Menjelang waktu tidur siang, MomDad bisa mengajak anak bermain di kamar. Cara ini berguna agar si Kecil lebih mudah ngantuk dan bisa langsung tidur saat lelah bermain. Coba ajak ia untuk membaca buku atau aktivitas ringan lainnya di kamar. Jika si Kecil tidak bisa tidur, setidaknya aktivitasnya tidak terlalu berat di siang hari sehingga bisa mendapatkan istirahat yang cukup.

Membuat jadwal tidur siang yang sama

MomDad bisa membuat jadwal tidur anak yang konsisten, bahkan di hari libur sekalipun. Dengan mematuhi jadwal tersebut, tubuh anak jadi lebih tahu ‘sinyal tidur siang’ pada waktunya. Anak juga bisa lebih nyaman saat tidur siang.

Tidur siang pun tidak perlu lama misalnya sekitar 20-90 menit mulai pukul 14.00. Disarankan untuk tidak mengajak anak tidur terlalu sore karena bisa mengganggu tidurnya di malam hari, ya, MomDad.

Melakukan rutinitas sebelum tidur

Kalau biasanya MomDad melakukan rutinitas sebelum tidur di malam hari, coba lakukan hal yang sama saat waktu tidur siang tiba. Misalnya saja, membaca buku cerita anak atau menepuk-nepuk punggung anak sebelum tidur. Tidak lupa, ciptakan suasana yang sama seperti tidur malam agar anak tetap nyaman. 

Memberitahu anak bahwa ia bisa main setelah tidur siang

Kalau anak enggan tidur siang dengan alasan sedang aktif bermain saat siang dan takut kehilangan waktu bermainnya, sebaiknya MomDad melakukan cara ini. Beri pengertian pada anak bahwa teman-temannya juga harus tidur siang dan katakan padanya bahwa ia bisa bermain setelah tidur siang.

Sebaiknya MomDad jangan memaksa dan memarahi saat anak tetap tidak mau tidur siang, ya. MomDad bisa memberi anak waktu beberapa saat dan kemudian membujuknya lagi. MomDad juga bisa mengganti permainan anak yang lebih santai agar ia bisa menghemat energi di siang hari dan membuatnya bisa sedikit beristirahat. 

Itu lah beberapa hal yang bisa MomDad lakukan untuk membujuk anak tidur siang. Untuk mengetahui lebih banyak konten informatif lainnya bisa dengan mengikuti Instagram @official.primaku atau dengan membaca artikelnya di aplikasi PrimaKu. Suka dengan artikel ini? Jangan lupa di-like ya, MomDad.

Sumber foto: Pexels
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Sulit Makan pada Bayi dan Anak
5 Feb 2018
cover
Telat Naik Tekstur Bikin Anak Lebih Sulit Menerima Variasi M...
15 Jan 2022
cover
Si Kecil kok Sulit Buang Air Besar, Kenapa ya?
8 Jul 2022
cover
Mengenal Kolik, Kondisi Bayi Menangis Tanpa Sebab yang Sulit...
29 Jul 2022
cover
Mengenal Tongue Tie, Benarkah Bikin Bayi Sulit Menyusu?
3 Agu 2022
cover
Mengenal Threenager, Fase di Mana Anak Sulit Diatur
28 Des 2022
cover
Apa Penyebab Anak Sulit Tinggi?
20 Jan 2023
cover
Cara Mengatasi Anak yang Sulit Tidur Siang
18 Feb 2023
cover
BB Anak Sulit Naik di Masa MPASI, Apa yang Salah?
14 Mar 2023
cover
Bayi Sulit Tidur? Kenali Gejala Sleep Regression
21 Jul 2023
cover
Anak Sudah MPASI, tapi Sulit Minum Air Putih
7 Sep 2023
cover
BB Anak Sulit Naik Berisiko Stunting & Kurang Gizi? Ini Solu...
8 Des 2023
cover
Tips Praktis yang Bisa Dilakukan saat Anak Sulit Makan
16 Jan 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: