primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Peralatan MPASI Berbahan Silikon, Amankah?

Author: Marisha A

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti Sp.A

Topik: Silikon, MPASI

Saat bayi menginjak usia 6 bulan dan mengonsumsi MPASI, tentunya MomDad mulai melakukan banyak persiapan. Mulai dari mempersiapkan menu MPASI hingga peralatan makan yang akan digunakan si Kecil. Peralatan makan bayi yang digunakan, umumnya terbuat dari bahan silikon karena lebih lunak dan tidak melukai bayi. Namun, penggunaan silikon dalam alat makan kerap menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua. Lalu, sebenarnya, amankah menggunakan peralatan makan yang terbuat dari silikon? Simak penjelasannya dari dokter spesialis anak dr Rina Pratiwi, SpA (K) berikut, yuk!

Manfaat Penggunaan Silikon untuk Peralatan MPASI

silikon (1).jpg

Peralatan makan seperti kaca, kayu, stainless steel, dan karet telah digunakan selama berpuluh-puluh tahun, sehingga profil keamanannya sudah lebih terpetakan. Silikon masih terbilang baru dan belum banyak pengujian yang dilakukan untuk menguji keamanannya dalam jangka panjang. Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, setara dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia, telah menyatakan silikon sebagai food-safe substance yang berarti bahan yang aman digunakan untuk makanan.

Peralatan makan berbahan silikon merupakan bahan yang tahan panas, aman untuk disimpan di dalam freezer, dan aman untuk digunakan di dalam oven. Silikon food grade merupakan bahan yang aman dan dapat digunakan sebagai alternatif dari plastik. Silikon food grade juga sangat fleksibel, ringan, mudah dibersihkan, higienis karena tidak memiliki pori yang dapat ditempati bakteri dan memiliki sifat hipoalergenik.

Namun, bahan silikon juga punya kekurangan karena biasanya hanya tahan panas sampai suhu sekitar 220°C. Jika dipanaskan dalam suhu tersebut, peralatan bakan bahan silikon akan menghasilkan siloxanes yang diketahui berhubungan dengan gangguan reproduksi, perubahan fungsi hati, bahkan dapat mengganggu sistem endokrin.

Tips Memilih Peralatan MPASI yang Aman untuk si Kecil

silikon (2).jpg

Dengan banyaknya jenis dan merek peralatan makan bayi yang ada di pasaran saat ini, jangan langsung membeli hanya karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan, ya! Saat memilih alat makan berbahan silikon, terutama yang berwarna terang, pastikan bahwa produk tersebut telah melewati pengujian terhadap kandungan bahan-bahan berbahaya seperti timbal, BPA, dan kadmium. Hal ini karena timbal kadang-kadang digunakan sebagai pewarna alat makan. Selain itu, pastikan peralatan makan tidak tajam agar tidak melukai bayi saat makan.

Apakah selama ini MomDad sudah menggunakan peralatan makan si kecil dengan tepat? Semoga sudah, ya. Namun, bagi yang belum, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan dapat diterapkan. 

Sumber foto: Freepik

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Menggunakan Peralatan Makan Bayi dari Bahan Silikon, Aman at...
17 Mar 2022
cover
Peralatan Makan Bayi Berbahan Silikon, Amankah?
5 Jun 2023
cover
Starter Kit Peralatan MPASI, Ini yang Perlu MomDad Punya!
7 Mar 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: