primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Porsi MPASI Bayi berdasarkan Usia, Berapa Sendok Makan?

Author: Fitri Permata

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: MPASI

Selain memperhatikan tekstur dan rasa, porsi makan juga tak kalah penting lho dalam pemberian MPASI. Pemberian MPASI dengan porsi yang sesuai sangat penting, karena porsi yang tepat memastikan anak menerima asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Porsi yang sesuai memungkinkan anak mendapatkan keseimbangan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik dan kognitif yang baik. Selain itu,memberikan porsi yang tepat membantu anak mengenali rasa lapar dan kenyang, sehingga mereka bisa mengatur pola makan dengan lebih baik, serta membantu membentuk pola makan yang sehat dan mengurangi risiko obesitas pada anak-anak di kemudian hari.

Lalu, seberapa banyak sih porsi MPASI yang tepat berdasarkan usia? Berikut penjelasan Dr. dr. Meta Herdiana Hanindita, Sp.A(K) melalui konten Instagram Reels nya:

  • Untuk bayi berusia 6-8 bulan, dapat dimulai dari 2-3 sendok makan orang dewasa per kali makan dan ditingkatkan perlahan sampai mencapai 125 ml atau setengah mangkok.
  • Untuk bayi berusia 9-11 bulan, porsi per kali makan adalah sekitar 125 ml atau setengah mangkok
  • Sedangkan untuk bayi berusia 12-23 bulan, porsi per kali makan adalah sekitar 175 ml sampai 250 ml atau sekitar 3/4 sampai 1 mangkok.

Nah, itu dia penjelasan mengenai porsi MPASI per sekali makan berdasarkan usia. Apakah selama ini porsi si Kecil sudah sesuai, MomDad?

Referensi:


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: