primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Bawang Merah dapat Atasi Batuk Anak?

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Bawang Merah, Batuk

Sejak dahulu kala, banyak orang tua di Indonesia percaya bahwa bawang merah memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, salah satunya meredakan batuk. Tak heran, kalau bawang merah kerap digunakan sebagai obat tradisional untuk atasi batuk pada anak. Cara membuat ‘ramuan’ ini pun terbilang cukup mudah, yaitu dengan memotong bawang merah, kemudian direndam di dalam air sekitar 6 hingga 8 jam. Setelah itu, ‘ramuan’ ini dapat diminumkan ke anak dengan takaran 2 sdm sekali minum. Nah, tapi apakah benar bawang merah dapat mengatasi batuk pada anak?

BeFunky-collage - 2023-08-18T113606.658.jpg

Beberapa studi laboratorium dan penelitian awal telah menunjukkan bahwa bawang merah mengandung senyawa, seperti flavonoid, polifenol, dan senyawa belerang seperti allicin, yang dapat memiliki efek antiinflamasi dan meredakan gejala peradangan pada saluran pernapasan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat ini pada manusia dan anak-anak secara khusus.

Jika MomDad ingin mencoba memberikan bawang merah kepada si Kecil sebagai upaya meredakan batuk, penting untuk berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu. Dokter akan memberikan panduan berdasarkan kondisi kesehatan si Kecil dan memberikan nasihat terkait pengobatan yang aman dan efektif.

Referensi: Healthline (June 19, 2023). Cold and Flu Home Remedies. https://www.healthline.com/health/cold-flu/home-remedies


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Roti Bawang Panggang
8 Jun 2023
cover
Stick Roti Bawang
4 Okt 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: