primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Hati-Hati! Kenali Tanda Gangguan Penglihatan pada Anak Berikut!

Author: Ammy Marcinda / dr. Dini Astuti Mirasanti Sp.A

Topik: Gangguan Penglihatan, Mata

Diartikan sebagai ‘jendela dunia’, mata tak sekadar berperan sebagai indera penglihatan tapi juga indera untuk mengeksplorasi dunia bagi si kecil. Namun, tak banyak disadari masalah penglihatan mata bisa dialami sejak usia dini. Untuk mencegah kondisi gangguan penglihatan pada anak semakin fatal atau terlambat ditangani, sebaiknya MomDad memberi perhatian lebih, dan segera konsultasikan dengan dokter ahli jika menemui berbagai tanda berikut pada si Kecil.

  • Mudah terdistraksi. Anak tampak mudah kehilangan minat saat bermain game, mengerjakan tugas atau hal-hal lain yang memerlukan konsentrasi cukup lama dan panjang.
  • Kehilangan fokus saat membaca. Anak tampak mudah “tersesat” saat membaca karena kesulitan untuk melihat posisi bacaan mereka di buku.
  • Menghindari kegiatan membaca atau kegiatan yang mengharuskan penggunaan mata jarak dekat. Anak tampak menghindari aktivitas menggambar, membaca atau bermain game yang membutuhkan fokus pada jarak dekat karena kegiatan ini sulit dilakukan sehingga mereka menjadi mudah frustasi.
  • Memiringkan kepala ke salah satu sisi. Anak tampak sering memiringkan kepala ke salah satu sisi untuk melihat objek atau benda tertentu dengan lebih jelas.
  • Kerap mengucek area mata, atau menutup salah satu mata saat harus melihat secara fokus.
  • Berkedip secara berlebihan. Anak yang memiliki masalah penglihatan akan mencoba untuk berkedip dengan harapan hal ini bisa membuat pandangan menjadi lebih jelas.

Nah itu dia berbagai tanda ketika anak memiliki masalah dalam penglihatan mereka. Perlu diperhatikan bahwa mata adalah salah satu indera vital yang perlu mendapat perhatian. Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter ahli jika si Kecil mengeluhkan masalah pandangan atau area matanya. MomDad juga bisa mengikuti app PrimaKu atau follow Instagram @official.primaku untuk mencari berbagai informasi seputar masalah penglihatan pada anak.

Sumber foto: Pexels

Sumber: https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/four-hidden-signs-of-vision-problems-in-kids

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.



familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Hati-Hati! Kenali Bahaya Asap Rokok pada Ibu Hamil
31 Mei 2022
cover
Hati-hati! Mulai dari Prematur hingga Cacat Janin, Ini Risik...
25 Jul 2022
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: