primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Musim Batpil pada Anak, Tertarik Coba Salt Therapy?

Author: Fitri Permata

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Batpil, Salt Therapy

Belakangan, cuaca sedang tidak menentu, sehingga anak rentan alami batuk dan pilek (batpil). Batuk yang disertai pilek dapat menyebabkan kesulitan bernapas pada anak, terutama jika ia memiliki saluran napas yang lebih kecil. Nah, salah satu cara mengatasi batpil pada anak adalah dengan melakukan salt therapy, yang beberapa waktu lalu sempat menjadi perbincangan hangat para orang tua. Bahkan, salah satu selebriti Tanah Air, Nikita Willy, menerapkan salt therapy kepada anaknya, Issa. Sebenarnya, seperti apa sih penerapan salt therapy pada anak?

Manfaat Salt Therapy

SALT THERAPY (1).jpg

Salt therapy adalah terapi menghirup larutan garam murni alami di dalam sebuah ruangan yang dikontrol suhu dan kelembapannya (suhu 18°-24°C dan kelembapan relative 40-60%). Terapi ini juga disebut sebagai haloterapi. Manfaatnya adalah untuk mengurangi produksi lendir di saluran napas, meredakan peradangan di saluran napas, dan membunuh mikroorganisme yang ada di saluran napas. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017 menyatakan bahwa anak dengan asma mendapatkan manfaat dari terapi ini, namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk pemantauan jangka panjang.

Berdasarkan sumber yang didapat dari luar negeri, anak berusia 3 bulan telah mendapat terapi ini, karena bukan merupakan terapi obat. Namun, tentu saja perlu indikasi khusus untuk anak dapat melakukan terapi ini. Salt therapy sendiri dapat dilakukan hingga 45 menit per sesi.

Nah, penerapan salt therapy pun tidak boleh sembarangan. Sebelum memutuskan untuk menerapkan terapi ini, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga kesehatan lain.

Penting untuk diingat bahwa terapi garam tidak boleh dianggap sebagai pengganti pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter. Terapi ini mungkin dapat memberikan bantuan sebagai pendukung, tetapi pengobatan yang diresepkan oleh dokter tetap menjadi langkah utama dalam pengelolaan kondisi pernapasan anak.

Referensi:

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Waspadai 5 Jenis Penyakit yang Biasa Terjadi di Musim Libura...
14 Jul 2022
cover
Cegah Anak Gampang Sakit di Musim Pancaroba
14 Okt 2022
cover
Peran Penting Imunisasi Influenza di Musim Pancaroba, Apa Ma...
10 Mar 2023
cover
Memasuki Musim Pancaroba, Kenali Perbedaan Demam Biasa vs DB...
20 Mar 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: