primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Step by step pencegahan COVID-19 bagi orangtua yang masih WFO

Author: dr. Dini Mirasanti, Sp.A

Topik: WFO, PPKM, Pencegahan, Tips, 12-18 Tahun, 7-12 Tahun, 4-7 Tahun

Pandemi virus corona yang telah berjalan hampir satu setengah tahun ini sudah mengubah berbagai keseharian kehidupan. Anjuran untuk menjaga jarak demi meminimalisasi kontak dan penyebaran virus membuat berbagai perusahaan menerapkan sistem working from home atau bekerja dari rumah. Namun tidak semua orangtua memiliki kemewahan untuk dapat bekerja dari rumah. Beberapa orangtua memiliki pekerjaan yang mengharuskannya tetap pergi keluar rumah. Lantas, bagaimana agar anak di rumah tidak tertular virus? Berikut beberapa hal yang dapat diterapkan oleh orangtua.

 

1. Menerapkan protokol kesehatan yaitu : memakai masker 2 lapis sesuai anjuran, menjaga jarak, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan, dan melakukan vaksinasi. Dengan menerapkan protokol kesehatan, risiko orangtua tertular virus akan berkurang. Saat bekerja, orangtua diharapkan disiplin dalam menggunakan masker, menghindari saat makan bersama, dan sebisa mungkin mengurangi berada dalam ruangan tertutup dengan ventilasi yang kurang baik. Vaksinasi yang saat ini gencar diberikan oleh pemerintah sudah semakin mudah, sehingga orangtua perlu segera mendapatkan vaksinasi agar mendapatkan perlindungan tambahan.

 2. Setibanya dari tempat kerja, orangtua harus beranggapan bahwa terdapat virus yang menempel di seluruh permukaan tubuh dan pakaiannya, juga barang-barang yang kontak dengan lingkungan luar, misalnya permukaan tas. Usahakan mencuci tangan sebelum masuk ke area rumah dan melepas masker lapis kedua terlebih dahulu. Letakkan barang-barang yang kontak lingkungan luar di luar kamar tidur sebelum dibersihkan.

 

3. Sediakan tempat khusus untuk menaruh pakaian kotor dan masker bekas di kamar mandi. Lepas pakaian satu per satu dengan mencuci tangan di setiap potong pakaian. Masker medis dapat dilepas paling terakhir dan segera buang di tempat yang sudah disediakan setelah itu orangtua harus segera mandi dengan air dan sabun.

 

4. Setelah selesai mandi, orangtua baru boleh berinteraksi dengan anak juga anggota keluarga yang lain. Hindari menggunakan masker sekali pakai lebih dari sekali dan hindari menggantung pakaian yang sudah dipakai keluar rumah di kamar tidur.

Masyarakat yang sudah menjalankan protokol kesehatan atau pun anak yang selalu di rumah masih dapat tertular COVID-19. Mengapa? Tentu karena ada salah satu anggota keluarga yang tidak menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar, terutama anggota keluarga yang masih beraktivitas di luar rumah. Mari kita jaga keluarga dan anak-anak kita dengan menerapkan protokol kesehatan baik di dalam maupun di luar rumah!

 

Referensi

  1. https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/teman-itu-menjaga
  2. Wawancara dengan Satgas COVID-19 IDAI, DR. Dr. Nastiti Kaswandani, Sp.A(K)
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: