primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Warna Tinja, Apakah Berhubungan dengan Penyakit?

Author:

Topik: bayi, Pra-sekolah, Sekolah

Warna Tinja, Apakah Berhubungan dengan Penyakit?

Warna tinja normal pada bayi dan anak secara umum adalah kuning atau cokelat yang disebabkan oleh  sterkobilin, yaitu bagian dari empedu yang dikeluarkan lewat tinja.Jadi, yang mewarnai tinja kita adalah empedu yang diproduksi oleh hati, disimpan di kantong empedu, lalu disalurkan ke usus halus lewat saluran empedu (duktus koledokus). Oleh karena itu, gangguan dari saluran empedu dan hati dapat mempengaruhi warna tinja. Pada anak yang mendapat susu formula tidak jarang tinjanya berwarna kehijauan. Apabila seorang anak memperlihatkan warna tinjanya di luar seperti yang disebutkan di atas, perlu dipikirkan kemungkinan adanya suatu kelainan.

Tinja yang berwarna kehijauan, pada bayi dapat disebabkan karena warna empedu. Pada keadaan normal, makanan saat berada di usus halus akan bercampur dengan empedu. Makanan tersebut kemudian akan mengalami penyerapan dan sisanya akan diteruskan ke usus besar. Di usus besar, tinja kemudian mengalami suatu proses yang akhirnya akan menyebabkan perubahan warna menjadi kuning atau cokelat. Bila tinja di usus besar hanya singgah dalam waktu yang singkat, tinja tidak memiliki kesempatan atau waktu untuk mengalami perubahan warna tersebut. Keadaan ini sering disebut sebagai rapid transit atau penurunan waktu singgah di usus besar yang akhirnya menyebabkan feses berwarna hijau.

Tinja dapat berwarna seperti dempul karena tidak adanya warna empedu yang mewarnai. Apabila keadaan ini terjadi, dapat dipikirkan kemungkinan adanya gangguan pada saluran empedu yang disebut sebagai atresia bilier. Tinja yang berwarna seperti dempul ini merupakan keadaan yang harus segera dievaluasi untuk dipastikan penyebabnya.

Tinja yang berwarna kemerahan atau kehitaman dapat diasumsikan ada perdarahan saluran cerna. Tinja yang berwarna merah bercampur lendir dengan konsistensi cair merupakan pertanda penyakit disentri. Warna tinja hitam seperti ter merupakan tanda perdarahan saluran cerna bagian atas seperti kerongkongan dan lambung. Warna merah segar seperti darah dan menetes merupakan tanda kelainan usus besar bagian bawah seperti polip, hemoroid, luka di daerah anus (fisura ani).

Di masyarakat, berkembang suatu anggapan bahwa tinja yang berwarna hijau mungkin saja disebabkan karena ibu mengonsumsi banyak sayur- sayuran. Jika diperhatikan makanan yang dikonsumsi ibu satu hari sebelum atau pada saat bayi yang minum ASI mengeluarkan tinja berwarna hijau, mereka memang makan makanan seperti daun papaya, kacang hijau, daun katuk, bayam, kembang kol, kangkung, gado- gado, dan capcay. Namun, hal tersebut masih belum jelas apakah ada hubungan atau tidak, dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Warna tinja kehijauan juga sering terjadi pada bayi yang mengonsumsi susu formula khusus seperti formula kedelai, formula hipoalergenik, formula asam amino, dan beberapa formula dengan kandungan zat besi yang tinggi.

Diare pada anak yang berkepanjangan bisa menyebabkan warna tinja yang hijau akibat overgrowth bacteria karena toksin yang dikeluarkan bakteri akan mengikat sebagian empedu di tinja sehingga empedu tidak diserap kembali oleh usus dan akan mewarnai tinja lebih hijau.

Secara umum warna tinja normal bervariasi antara kuning, kecoklatan, dan kehijauan dan tidak terlalu berkaitan langsung dengan penyakit pada bayi dan anak. Bila ditemukan warna tinja yang putih seperti dempul, merah darah, hitam seperti ter atau kopi,hijau tua disertai diare barulah kita curiga adanya penyakit yang serius pada bayi dan anak.{*}

 

Penulis: Muzal Kadim

Ikatan Dokter Anak Indonesia

Artikel pernah dimuat di Kompas, Kolom Klasika, tanggal 12 Juli 2015

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Normalkah warna urine bayiku?
5 Feb 2018
cover
Ketahui Kondisi Kesehatan si Kecil dari Warna Fasesnya
2 Jun 2022
cover
Stimulasi Anak Usia 1-2 Tahun: Gedung Velcro Berwarna
28 Jun 2022
cover
Mom Wajib Tahu, Ini Perbedaan Warna ASI serta Artinya!
6 Agu 2022
cover
Mengenal Warna Urine Bayi untuk Ketahui Kondisi Kesehatannya
16 Agu 2022
cover
Kenalkan Warna pada si Kecil dengan Cara Ini, yuk!
11 Sep 2022
cover
Deteksi Kesehatan Ginjal pada Anak dari Warna Urine, Kenali ...
14 Nov 2022
cover
Nasi Panggang Dua Warna
17 Jan 2023
cover
Kapan Anak dapat Mengenal Warna?
18 Mar 2023
cover
Tingkatkan Nafsu Makan, Ini Ide Resep MPASI agar Lebih Berwa...
28 Mar 2023
cover
Warna Makanan yang Mampu Meningkatkan Nafsu Makan Bayi
17 Apr 2023
cover
Hindari Pilih Warna Ini saat Membeli Baju Renang untuk Anak!
29 Apr 2023
cover
Ternyata Ini Arti Warna Muntah Bayi, sudah Tahu?
5 Mei 2023
cover
Ketahui Perbedaan Warna Urine Bayi beserta Artinya!
12 Jul 2023
cover
Begini Cara Mengenalkan Warna pada Anak
16 Jul 2023
cover
Tahu Kukus Warna-Warni
29 Agu 2023
cover
6 Warna & Bentuk Ingus Bayi Berbeda, Ini Artinya!
15 Des 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: