primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Cerita Dongeng: Mengajarkan Anak Apa Makna dari Berkurban

Author: Tim PrimaKu

Topik: Dongeng, Cerita Dongeng, Membaca Dongeng

Dahulu kala, di sebuah desa yang damai, tinggalah seorang pemuda bernama Amir. Amir adalah pemuda yang berhati lembut dan penuh dengan kasih sayang terhadap semua makhluk hidup. Ia tinggal bersama ibunya, Ayu, di sebuah rumah sederhana.

Suatu hari, Ayu menceritakan kepada Amir tentang Hari Idul Adha, hari yang istimewa bagi umat Muslim di mana mereka berkurban sebagai bentuk ibadah. Amir sangat tertarik mendengar cerita ibunya dan ingin mengerti makna yang terkandung di balik berkurban.

Menjelang Hari Idul Adha, Amir memutuskan untuk mencari tahu sendiri tentang makna berkurban. Ia pergi ke sebuah tempat peternakan di luar desanya. Di sana, ia bertemu dengan seorang peternak tua yang bernama Hasan. Hasan adalah seorang yang bijaksana dan memiliki pengalaman yang luas dalam berkurban.

Amir bertanya kepada Hasan, "Pak Hasan, apa sebenarnya makna dari berkurban di Hari Idul Adha?"

Hasan tersenyum dan berkata, "Anak muda, berkurban memiliki banyak makna yang dalam. Ketika kita berkurban, kita tidak hanya mengorbankan hewan sebagai bentuk ibadah kepada Allah, tetapi juga mengajarkan kita tentang pengorbanan dan kasih sayang."

Amir pun bertanya, "Bagaimana pengorbanan dan kasih sayang terkait dengan berkurban, Pak Hasan?"

Hasan menjelaskan, "Ketika kita berkurban, kita memberikan hewan yang kita sayangi untuk Allah sebagai pengorbanan. Dalam pengorbanan itu, kita belajar untuk mengalahkan keegoisan dan menghargai makhluk hidup lainnya. Kita belajar untuk berbagi dengan mereka yang kurang beruntung dan memperkuat rasa persaudaraan di antara kita. Ketika kita melihat bahwa daging kurban kita dapat diberikan kepada orang-orang yang membutuhkannya, kita merasakan kebahagiaan sejati dari memberi dan kasih sayang yang mendalam."

Amir merasa tersentuh oleh penjelasan Hasan. Ia kemudian berpikir bahwa berkurban bukan hanya tentang memberikan hewan, tetapi juga tentang memberikan kasih sayang, kepedulian, dan pengorbanan kepada sesama. Ia berjanji pada dirinya sendiri bahwa ia akan melakukan berkurban dengan sepenuh hati dan membagikan daging kurban kepada mereka yang membutuhkannya.

BeFunky-collage - 2023-06-30T175714.690.jpg

Pada Hari Idul Adha, Amir bersama ibunya pergi ke masjid untuk melaksanakan salat Idul Adha. Setelah itu, mereka pergi ke tempat pemotongan hewan untuk berkurban. Daging kurban mereka dibagi menjadi tiga bagian: satu untuk keluarga mereka sendiri, satu untuk tetangga dan teman-teman, dan satu lagi untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Amir merasa bahagia melihat ekspresi rasa syukur dan senyum di wajah mereka yang menerima daging kurban. Ia menyadari bahwa berkurban bukan hanya tentang mengorbankan hewan, tetapi juga tentang memberikan kebahagiaan kepada orang lain, menjaga hubungan sosial yang baik, dan memperkuat ikatan persaudaraan.

Sejak itu, Amir dan ibunya selalu merayakan Hari Idul Adha dengan penuh makna. Mereka terus menjalankan tradisi berkurban sebagai bentuk ibadah kepada Allah dan sebagai wujud kasih sayang kepada sesama. Mereka selalu berbagi daging kurban dengan orang-orang di sekitar mereka, sehingga berkurban bukan hanya menjadi kewajiban agama, tetapi juga menjadi sumber kebahagiaan dan persatuan bagi mereka dan masyarakat di sekitar.

Sejak itu pula, di setiap Hari Idul Adha, Amir dan ibunya mengingatkan diri mereka sendiri dan orang-orang di sekitar mereka tentang makna sejati berkurban: mengorbankan dengan penuh kasih sayang, berbagi kebahagiaan kepada sesama, dan mempererat ikatan persaudaraan.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Yuk Bacakan cerita untuk si kecil!
25 Nov 2021
cover
Tips Membacakan Cerita pada Anak Agar Tidak Membosankan
28 Des 2021
cover
Supaya Menyenangkan, Ini Tips Membaca Buku Cerita Bersama An...
7 Mei 2022
cover
Rekomendasi Drama Korea yang Menceritakan tentang Kisah para...
18 Jun 2022
cover
Stimulasi Bayi Usia 9-12 Bulan: Membacakan Cerita
15 Jan 2023
cover
Stimulasi Bayi Usia 2-3 Tahun: Meminta si Kecil Bercerita
13 Feb 2023
cover
Ajarkan si Kecil Saling Memaafkan dengan Cerita Dongeng Ini,...
16 Apr 2023
cover
3 Cerita Dongeng yang Mengisahkan tentang Indahnya Berbagi
29 Apr 2023
cover
Stimulasi Bicara: Mengajak Anak Bercerita
20 Sep 2023
cover
Lakukan Teknik Ini saat Bacakan Cerita ke Anak!
13 Apr 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: