primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Bahayakah Memberikan Air Putih pada Bayi?

Author: Annasya

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Air Putih, bayi, Tumbuh Kembang

Bagi yang masih new parents, mungkin MomDad pernah memiliki pertanyaan apakah bayi boleh diberikan air putih atau tidak. Faktanya, memberikan air putih pada bayi ternyata dapat menyebabkan terjadinya beberapa risiko kesehatan, lho. Ada usia tertentu di mana bayi boleh diberikan air putih. Lantas, apa sih bahayanya jika bayi belum cukup usia diberikan air putih?

Apakah boleh memberikan air putih pada bayi?

Bayi berusia 0-6 bulan hanya boleh mendapatkan asupan nutrisi dalam bentuk cairan berupa ASI atau susu formula, jika ASI tidak dapat diberikan karena satu dan lain hal. Pemberian air putih pada usia ini berisiko membuat bayi tidak cukup mendapatkan asupan nutrisi. Bukan hanya itu, karena ukuran lambung bayi tidak besar, maka pemberian air putih akan mengurangi volume asupan ASI atau susu formula. Tentu saja hal ini beresiko mengakibatkan bayi mengalami malnutrisi.

Namun, pada keadaan tertentu, misalnya pada bayi yang hanya mendapatkan susu formula dan sedang mengalami diare, mungkin dokter akan menginstruksikan MomDad untuk memberi tambahan air putih dalam jumlah terbatas untuk mengurangi risiko dehidrasi hipernatremia (dehidrasi yang disertai dengan kandungan elektrolit natrium dalam darah yang terlalu tinggi), karena susu formula mengandung natrium yang lebih tinggi daripada ASI.

Risiko memberika air putih pada bayi

Pemberian air putih dalam jumlah banyak berisiko mengakibatkan bayi mengalami keracunan air. Hal ini dapat terjadi karena air putih mengandung kandungan mineral yang lebih sedikit dibandingkan dengan ASI atau susu formula bayi sehingga kadar elektrolit dalam darah dapat turun. Kadar elektrolit yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah dapat menyebabkan kram otot, mual muntah, kejang, gangguan kesadaran, kelemahan, kerusakan otak, bahkan kematian pada bayi.

Itulah sedikit penjelasan mengenai bahaya memberikan air putih pada bayi. Sebelum memberikan air putih untuk si Kecil, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar pemberian bisa lebih aman. Semoga bermanfaat!

MomDad mau share informasi atau pertanyaan seputar tumbuh kembang bersama orang tua lainnya? Yuk, ceritakan pengalaman MomDad di Forum Tumbuh Kembang! Selain itu, MomDad juga bisa bertanya seputar kesehatan si Kecil dan akan dijawab langsung oleh ahli, lho.

Sumber:


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Air Liur Berlebihan pada Bayi: Berbahayakah?
22 Jul 2017
cover
Air Liur Berlebihan pada Bayi : Berbahayakah?
29 Jan 2018
cover
Nyeri Dada pada Anak, Berbahayakah?
18 Mar 2018
cover
Fast food dan soft drink untuk anak, berbahayakah?
20 Nov 2021
cover
Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), Berbahayakah untuk A...
31 Okt 2022
cover
Jerawat Gusi pada Bayi, Berbahayakah?
22 Mar 2023
cover
MPASI Komersial Berbahayakah untuk Bayi?
28 Jul 2023
cover
Biang Keringat Bayi sampai Berair, Berbahayakah?
28 Agu 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: