primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Viral Bayi Tertukar di RS, Perhatikan Hal Penting Ini saat Anak Lahir

Author: Dhia Priyanka

Topik: Viral, Bayi Newborn

Ramai di media sosial seorang bayi tertukar di rumah sakit dan baru ketahuan setelah satu tahun lamanya. Tentu kejadian ini membuat kita mengelus dada. Bayangkan jika jadi orang tua sang anak, setelah satu tahun dirawat dan diberi ASI, ternyata anak tersebut bukan anak tersebut tertukar karena kelalaian pihak rumah sakit. Agar kejadian serupa tidak terulang, sangat penting bagi kita, para orang tua, untuk lebih aware terhadap keamanan si Kecil dengan cara di bawah.

  • Verifikasi Identifikasi: Pastikan bahwa semua tanda pengenal dan informasi identifikasi yang diberikan kepada MomDad dan bayi sesuai. Ini termasuk band nama dan label identifikasi yang ditempatkan pada bayi serta identifikasi yang diberikan kepada MomDad sebagai orang tua.
  • Selalu Bertanya: Jika MomDad memiliki keraguan atau perasaan tidak yakin, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas rumah sakit atau perawat. Pastikan MomDad memahami prosedur keamanan dan langkah-langkah yang diambil untuk mencegah tertukarnya bayi.
  • Perhatikan Identifikasi: Selalu perhatikan label identifikasi yang ditempatkan pada si Kecil, terutama saat MomDad menerima perawatan atau kunjungan dari petugas medis.
  • Jangan Biarkan Bayi Sendirian: Jika memungkinkan, hindari meninggalkan bayi sendirian di kamar perawatan atau tempat lain di rumah sakit. Selalu ada kemungkinan tertukar jika bayi ditinggalkan tanpa pengawasan.
  • Libatkan Pasangan atau Pendamping: Jika ada, mintalah pasangan atau pendamping untuk turut serta dalam perawatan bayi. Ini dapat membantu mengawasi dan memastikan bahwa identitas bayi tetap terjaga.
  • Pahami Prosedur Keamanan: Pelajari dan pahami prosedur keamanan yang diterapkan di rumah sakit untuk mencegah tertukarnya bayi. Ini termasuk tindakan-tindakan seperti pemeriksaan identifikasi ganda sebelum memberikan perawatan atau memberi obat.

Jika MomDad melihat atau merasa ada sesuatu yang tidak sesuai atau mencurigakan, segera beritahu staf rumah sakit untuk mendapatkan klarifikasi. Plus, peran pasangan di sini juga sangat penting. Komunikasikan dengan Dad untuk menjaga keamanan si Kecil setelah Mom melahirkan.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Viral Permainan Lato, Adakah Manfaatnya untuk Anak?
28 Des 2022
cover
Viral Bayi Meninggal setelah Diberi Jamu, Apa Pemicunya?
18 Jan 2023
cover
Viral Klinik Tumbang Asal Diagnosa, Lebih Selektif Pilih Kli...
10 Apr 2023
cover
Viral Anak SD Bermain Roleplay di Sosmed, Ini Dampaknya!
21 Jun 2023
cover
Viral Dimakan Cipung, Ini Fakta Nutrisi Ikan Shisamo!
11 Jul 2023
cover
Pilihan Tempat Bermain Anak yang Viral, yuk Ajak si Kecil ke...
16 Sep 2023
cover
Viral Bayi Dikerok, Memang Boleh?
18 Okt 2023
cover
Viral Anak TK Lakukan Pelecehan Seksual, Begini Cara Ajarkan...
17 Jan 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: