primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Viral Anak SD Bermain Roleplay di Sosmed, Ini Dampaknya!

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Roleplay, Parenting Lifestyle, Parenting, Viral

Beberapa waktu lalu, sosial media diramaikan dengan berita seorang anak yang masih duduk di sekolah dasar (SD), ketahuan bermain roleplay atau peran di TikTok. Dalam video yang dibagikan sang ayah, anak tersebut terlihat menangis karena dimarahi oleh orang tuanya. Pasalnya, si anak diketahui bermain roleplay yang tidak pantas untuk seusianya bersama orang-orang yang tidak dikenal.

Dalam bermain roleplay, jika anak terlibat dalam perilaku atau adegan yang tidak pantas atau tidak sehat, maka akan memiliki beberapa dampak negatif pada perkembangan dan kesejahteraan mereka, terutama dalam segi psikologis. Terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan terkait dampak negatif yang mungkin timbul dari bermain roleplay yang tidak sesuai atau tidak sehat, antara lain:

  • Perilaku agresif

Jika anak terlibat dalam permainan peran yang mengandung kekerasan atau agresi, hal ini dapat memengaruhi pemahaman anak tentang cara berinteraksi dengan orang lain dan menyebabkan peningkatan perilaku agresif.

  • Genderisasi yang stereotip

Bermain peran yang kaku dan stereotip tentang gender tertentu dapat mempengaruhi persepsi anak tentang peran gender dan pembatasan dalam pilihan dan eksplorasi mereka.

  • Perilaku negatif yang ditiru

Jika anak terlibat dalam permainan peran yang melibatkan perilaku negatif atau tidak pantas, mereka mungkin cenderung meniru perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

  • Kecemasan atau trauma

Permainan peran yang melibatkan situasi yang menakutkan atau traumatis dapat menyebabkan kecemasan atau stres pada anak.

  • Keterbatasan kreativitas

Jika anak terlalu terpaku pada skrip atau cerita yang telah ditentukan dalam permainan peran, hal ini dapat membatasi kreativitas dan kemampuan anak untuk berimprovisasi.

BeFunky-collage - 2023-06-21T121418.991.jpg

Bermain peran dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi perkembangan anak apabila dilakukan dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa tips untuk bermain roleplay yang tepat untuk anak:

  • Pilih tema yang relevan: pilih tema peran yang sesuai dengan minat dan pengalaman anak. Misalnya, bermain peran sebagai dokter, memasak, atau bermain sekolah.
  • Gunakan permainan anak: biarkan anak mengarahkan permainan dan berimprovisasi dengan kreativitas mereka sendiri. Jadikan permainan itu menyenangkan dan mengikuti imajinasi anak.
  • Berperan sebagai model: berperan sebagai model bagi anak dalam permainan peran. Tunjukkan cara berperan dengan baik, misalnya, bagaimana menjadi dokter yang baik atau bagaimana berkomunikasi dengan baik.
  • Gunakan properti: gunakan bahan-bahan yang mendukung permainan peran, seperti kostum, mainan, atau properti yang sesuai dengan tema yang dipilih.
  • Dorong kreativitas dan imajinasi: berikan ruang bagi anak untuk berimprovisasi dan menggunakan imajinasi mereka. Dorong mereka untuk berpikir kreatif dan menciptakan cerita dalam permainan peran.

Penting untuk memahami minat, kebutuhan, dan tahap perkembangan individu anak saat memainkan peran dengan mereka. Selalu amati dan ikuti minat dan kemampuan anak dalam bermain roleplay. Last but not least, selalu pantau anak saat ia bermain media sosial agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi.

Referensi:

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Viral Permainan Lato, Adakah Manfaatnya untuk Anak?
28 Des 2022
cover
Viral Bayi Meninggal setelah Diberi Jamu, Apa Pemicunya?
18 Jan 2023
cover
Viral Klinik Tumbang Asal Diagnosa, Lebih Selektif Pilih Kli...
10 Apr 2023
cover
Viral Dimakan Cipung, Ini Fakta Nutrisi Ikan Shisamo!
11 Jul 2023
cover
Viral Bayi Tertukar di RS, Perhatikan Hal Penting Ini saat A...
16 Agu 2023
cover
Pilihan Tempat Bermain Anak yang Viral, yuk Ajak si Kecil ke...
16 Sep 2023
cover
Viral Bayi Dikerok, Memang Boleh?
18 Okt 2023
cover
Viral Anak TK Lakukan Pelecehan Seksual, Begini Cara Ajarkan...
17 Jan 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: