primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Pijat Bayi Bisa Bikin Berat Badan Naik?

Author: Fitri Permata

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Berat Badan, Pijat Bayi

Pijat bayi merupakan perawatan yang kerap dilakukan orang tua untuk membuat buah hati rileks dan nyaman, memperkuat bonding, membantu mengatur sistem pencernaan, hingga mampu meningkatkan berat badan. Meskipun pijat bayi sebenarnya bukan suatu keharusan, stimulasi ini kerap menjadi pilihan orang tua untuk menaikkan berat badan bayi. Padahal untuk meningkatkan berat badan, MomDad bisa memberikan ASI eksklusif, menyusui sesering mungkin, hingga memberi MPASI tepat waktu dan adekuat. Lantas, apa sih hubungan antara pijat bayi dan menaikkan berat badan? Simak penjelaannya di bawah, yuk!

pijat_bayi_2.jpeg

Pijat atau baby massage diketahui dapat meningkatkan jumlah enzim ornitin dekarboksilase yang membantu pertumbuhan sel dan jaringan. Pijat juga dapat meningkatkan penyerapan makanan melalui stimulasi pada saraf yang Bernama vagus. Saraf ini akan meningkatkan Gerakan lambung dan usus sehingga pengosongan lambung lebih cepat. Selain itu, pijat juga meningkatkan hormon endorphin yang dapat menyebabkan bayi lebih cepat lapar dan juga menyusu lebih sering. Pijat dapat dilakukan di seluruh bagian badan oleh orang yang terlatih memijat bayi dan di waktu yang menyenangkan bagi bayi.

Namun perlu diingat, bahwa kenaikan berat badan anak juga dipengaruhi oleh faktor lain, seperti pemberian ASI eksklusif atau MPASI tepat waktu dan adekuat. Pastikan si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup agar berat badannya sesuai dengan kurva pertumbuhan.

Referensi:

  • Lestari KP, Nurbadlina FR, Wagiyo, Jauhar M. The effectiveness of baby massage in increasing infant’s body massage. J Public Health Res. 2021.
  • Fatmawati, N., Zulfiana, Y., & Pratiwi, Y. S. (2021). The Effect of Baby Massage on Improvement Baby Weight. Journal for Quality in Public Health, 4(2), 227–232. https://doi.org/10.30994/jqph.v4i2.212
  • Kurniati Puji Lestari, Firdha Rahma Nurbadlina, and Muhamad Jauhar. The Effectiveness of Baby Massage in Increasing Infant's Body Weight. Journals Sagepub. June 16, 2022;10.





familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Tips Lakukan Pijat Laktasi di Rumah agar Produksi ASI Mening...
1 Nov 2022
cover
Pijat Bayi, Perlu Enggak, sih?
17 Nov 2022
cover
Anak Gampang Memar, Bolehkah Dipijat
25 Nov 2022
cover
Bagian Tubuh Bayi yang Sebaiknya Tidak Dipijat
17 Jan 2023
cover
Pijat Hidung Bayi Bisa bikin Mancung, Benarkah?
15 Feb 2023
cover
Manfaat Pijat Oksitosin, Bisa Bikin ASI Lancar!
27 Feb 2023
cover
Perhatikan, Ini Bagian Tubuh Bayi yang Sebaiknya Tidak Dipij...
15 Nov 2023
cover
Si Kecil Kembung? Berikan Pijatan dengan Perhatikan Hal Ini
7 Des 2023
cover
Beri Kenyamanan, Ketahui Serba-Serbi Pijat ILU pada Bayi, yu...
13 Des 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: