primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Apakah Anakku sudah Mendapatkan Nutrisi yang Cukup?

Author: Annasya

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Nutrisi, Diari Nutrisi

Pertumbuhan yang baik ditandai dengan penambahan parameter pertumbuhan sesuai kurva standar yang berlaku, misalnya penambahan berat badan, panjang badan, dan lingkar kepala. Perkembangan bayi yang baik ditandai dengan tercapainya tonggak perkembangan sesuai tahapan usianya. Nutrisi yang cukup merupakan salah satu faktor utama penentu tumbuh kembang yang baik, di samping peran hormon, genetik, pola asuh, serta lingkungan yang menunjang perkembangan seorang anak.

Salah satu masalah utama yang menandai adanya gangguan tumbuh kembang anak saat ini adalah stunting. Stunting didefinisikan sebagai perawakan pendek akibat malnutrisi kronik. Maka dari itu memenuhi kecukupan nutrisi harian anak, terutama protein hewani, merupakan kunci pencegahan stunting. Asupan protein yang cukup dapat menstimulasi tubuh untuk memproduksi hormon yang merangsang pertambahan panjang tulang yaitu IGF-1 (insulin like growth factor).

MomDad perlu memastikan kecukupan protein yang bersumber dari hewani, terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan, karena stunting paling sering terjadi pada kelompok usia ini. Umumnya, protein diperlukan dalam proporsi 10-15% total kalori harian. Pada bayi usia 6-8 bulan, hal ini dapat dicukupi dengan mengonsumsi 1 sajian protein hewani per-hari misalnya 1 telur per hari, pada usia 9-12 bulan sekitar 1 - 2 sajian protein hewani, dan pada usia 12-24 bulan sekitar 2 - 3 sajian protein hewani per hari.

BeFunky-collage - 2023-07-18T141258.539.jpg

Untuk mengetahu apakah nutrisi anak sudah tercukupi, MomDad perlu memantau 5 poin penting, yaitu:

  • Kenaikan BB sesuai kurva pertumbuhan

Berat badan merupakan parameter paling sensitif untuk menentukan kondisi nutrisi saat ini. Berat badan merupakan parameter pertumbuhan yang paling cepat mengalami perubahan apabila seorang anak mengalami malnutrisi akut. Umumnya yang dilihat pada kondisi seperti ini adalah kurva berat badan menurut usia. Misalnya pada anak yang sebelumnya pertumbuhannya baik, apabila ia sedang sakit atau diare, berat badan dapat mengalami penurunan sesuai kondisi sakit saat ini, tetapi apabila ia sudah sembuh maka berat badan juga seharusnya kembali ke normal seiring dengan peningkatan nafsu makan anak.

Kenaikan berat badan anak memiliki rentang usia misalnya untuk 0-3 bulan kenaikannya adalah 750 - 1000 gram per bulan, 4-6 bulan kenaikannya 600 gram per bulan, 6-9 bulan kenaikannya 450 gram per bulan, dan 9-12 bulan kenaikannya 225 gram per bulan. Anak di atas usia setahun memiliki kenaikan rata-rata 200 gram per bulannya, namun demikian angka-angka tersebut adalah kenaikan pada umumnya. Perlu diingat bahwa kenaikan berat badan anak harus selalu disesuaikan dengan kurva (jalur) pertumbuhan masing-masing sehingga tidak selalu dapat dipukul rata untuk setiap anak. Kurva berat badan menurut panjang badan juga harus diplot untuk menentukan status gizi seorang anak. Selain itu, pengukuran parameter pertumbuhan harus dilakukan minimal pada 3 kurva yaitu BB/U, BB/TB, dan PB/U.

  • Kenaikan TB atau PB sesuai kurva pertumbuhan

Kenaikan panjang badan merupakan parameter untuk menentukan apakah status nutrisi jangka panjang anak masih baik. Kenaikan panjang badan baru akan terpengaruh setelah anak mengalami malnutrisi dalam waktu lama. Sebagai contoh, dalam kondisi stunting, parameter yang terpengaruh lebih dahulu adalah berat badan. Misalnya anak yang mengalami weight faltering dalam waktu lama, lambat laun kenaikan panjang badannya juga akan terpengaruh dan ia menjadi pendek. Kurva panjang badan ini tidak menggambarkan kondisi akut, misalnya anak yang sebelumnya baik-baik saja dan saat ini mengalami diare atau bapil, meskipun kurva berat badan menurut usia mungkin mengalami penurunan. Apabila kondisi ini berlangsung lama, maka akan terjadi perlambatan pertumbuhan tinggi anak. Pada anak yang telah mengalami malnutrisi kronik sampai stunting, hasil plot dapat menunjukkan gizi baik pada kurva BB atau TB, tetapi sebenarnya pertumbuhan anak tersebut tidak baik-baik saja sehingga pengukuran minimal 3 parameter menjadi krusial.

  • Kenaikan lingkar kepala sesuai kurva pertumbuhan

Parameter yang sering dilupakan adalah kenaikan lingkar kepala menurut usia. Pada tahun pertama kehidupan, pengukuran lingkar kepala bayi harus dilakukan sebulan sekali dan hasilnya diplot di kurva lingkar kepala menurut usia. Apabila terdapat penyimpangan hasil pengukuran, misalnya kepala terlalu kecil (mikrosefali) atau terlalu besar (makrosefali), maka bayi harus selalu dievaluasi dan dikonsultasikan ke tenaga kesehatan.

  • Perkembangan sesuai usia

Ciri berikutnya seorang anak yang sehat adalah perkembangan sesuai usia. Orang tua perlu memperhatikan apakah perkembangan anak sesuai tonggak perkembangan pada usianya. Perkembangan seorang anak memang tidak dapat disamakan dengan anak lainnya, tetapi orang tua tetap harus memperhatikan red flags perkembangan apabila seorang anak tidak mencapai kemampuan perkembangan sesuai usianya.

  • Jarang sakit

Ciri yang terakhir yaitu anak yang jarang sakit. Anak yang sehat berarti memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Infeksi saluran napas akut adalah infeksi yang paling sering dijumpai pada anak usia prasekolah. Anak balita mengalami sekitar 6-8 kali infeksi saluran napas akut per tahunnya, yang umumnya akan sembuh dalam 2 minggu. Gejala umumnya ringan, mulai dari hidung mampet, pilek, batuk, dan kadang dijumpai demam. Seiring pertambahan usia anak, umumnya gejala akan semakin ringan dan sifatnya self limiting disease karena penyebabnya mayoritas adalah virus. Apabila anak tampak sering sakit yang membutuhkan perawatan di rumah sakit, bahkan membutuhkan antibiotik intravena, atau mengalami sakit yang tak kunjung sembuh, maka MomDad sebaiknya mengkonsultasikan kondisi anak ke dokter.

Nah, itu lah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan apakah bayi sudah mendapat nutrisi yang cukup. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan bayi agar MomDad tahu kondisi perkembangannya. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  • Batubara JRL, Tjahjono HA, Aditiawati. Panduan Praktik Klinis IkatanDokter Anak Indonesia Perawakan pendek pada anak dan remaja di Indonesia. UKK Endokrinologi IDAI. 2017
  • Nichols J, Duryea TK, Torchia MM. Normal growth patterns in infants and prepubertal children. https://www.uptodate.com/contents/normal-growth-patterns-in-infants-and-prepubertal-children#H30
  • Homan GJ. Failure to Thrive: A Practical Guide. Am Fam Physician. 2016 Aug 15;94(4):295-9.
  • Korppi, M., Heikkilä, P., Palmu, S. et al. Antibiotic prescribing for children with upper respiratory tract infection: a Finnish nationwide 7-year observational study. Eur J Pediatr 181, 2981–2990 (2022). https://doi.org/10.1007/s00431-022-04512-w

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Apakah makanan pendamping ASI (MPASI) komersil berbahaya bua...
29 Jan 2018
cover
Apakah vaksin mengandung babi?
29 Jan 2018
cover
Apakah Vaksin Aman Bagi Anak ?
29 Jan 2018
cover
Warna Tinja, Apakah Berhubungan dengan Penyakit?
5 Feb 2018
cover
Apakah Anak Alergi Bisa Sembuh
28 Feb 2018
cover
Amandel besar pada anak, apakah perlu dioperasi?
14 Mar 2018
cover
KIPI, apakah berbahaya?
28 Jul 2021
cover
Apakah anak perempuan saya mengalami pubertas yang normal?
3 Agu 2021
cover
Anak saya pendek, apakah stunting?
12 Sep 2021
cover
Kepala peyang, apakah berbahaya?
12 Sep 2021
cover
Apakah bayi kecil sama dengan bayi prematur?
19 Nov 2021
cover
Apakah Anakku Gagap? Yuk, Ketahui Jawabannya di Sini!
24 Des 2021
cover
Bayi Sering Gumoh, Apakah Aman?
23 Mar 2022
cover
Suplemen Tambahan untuk Anak, Apakah Perlu?
31 Mar 2022
cover
Apakah Anak Saya Hemofilia?
6 Mei 2022
cover
Kepala Bayi Peyang, Apakah Berbahaya?
13 Mei 2022
cover
Kepala Bayi Peyang, Apakah Bisa Kembali Normal?
13 Mei 2022
cover
Anak Saya Berperawakan Pendek, Apakah Termasuk Gejala Stunti...
6 Jun 2022
cover
Anemia pada Bayi, Apakah Berbahaya?
14 Jun 2022
cover
Apakah Boleh Mencampurkan Susu UHT pada MPASI?
21 Jun 2022
cover
Hernia pada Anak, Apakah Bisa Dicegah?
24 Agu 2022
cover
Payudara Lembek Saat Menyusui, Apakah Tanda Tidak Ada ASI?
26 Agu 2022
cover
Apakah hingga Saat ini Masih Ada Vaksin Palsu untuk Anak?
30 Sep 2022
cover
Apakah Antibiotik Ampuh untuk Berbagai Penyakit? Ini Kata Ah...
17 Okt 2022
cover
Minum dari Galon Guna Ulang, Apakah Perlu Khawatir?
6 Nov 2022
cover
Bayi Menangis saat BAB, Apakah Tanda Bahaya?
11 Nov 2022
cover
Anak Pendek, Apakah Sudah Tentu Stunting?
21 Nov 2022
cover
Anak Sering Mimisan, Apakah Hemofilia?
26 Nov 2022
cover
Air Liur Berlebihan pada Bayi, Apakah Berbahaya?
9 Des 2022
cover
Kondisi Lip Tie pada Bayi, Apakah Memengaruhi Proses Menyusu...
21 Des 2022
cover
Anak dengan Hemofilia, Apakah dapat Tumbuh Optimal?
20 Jan 2023
cover
ASI Bercampur Darah, Apakah Boleh Diberikan Bayi?
2 Feb 2023
cover
Bayi Berhenti Mengoceh, Apakah Tumbuh Kembangnya Terganggu?
7 Feb 2023
cover
Mengenal Ciri Toxic Parent, Apakah MomDad Salah Satunya?
11 Feb 2023
cover
Apakah Susu UHT Bisa Dijadikan sebagai Bahan MPASI?
17 Feb 2023
cover
Apakah si Kecil Termasuk Bayi Sehat? Simak Kriterianya di Si...
21 Feb 2023
cover
Jeruk Baby untuk MPASI, Apakah Aman untuk Bayi?
2 Mar 2023
cover
Air Kelapa untuk Bayi, Apakah Boleh?
8 Mar 2023
cover
Bayi Sering Menjulurkan Lidah, Apakah Normal?
15 Mar 2023
cover
Anak Jalan Jinjit, Apakah Tanda Ada Gangguan?
15 Mar 2023
cover
Anak Nggak Bisa Mengikat Tali Sepatu, Apakah Tanda Gangguan?
20 Mar 2023
cover
Anakku Berperawakan Pendek, Apakah Bisa Tumbuh Tinggi?
21 Mar 2023
cover
Nebulizer untuk Bayi, Apakah Aman?
27 Apr 2023
cover
Anak sering Diajak Jalan-Jalan, Apakah akan Ingat saat Dewas...
3 Mei 2023
cover
Anakku sering Berteriak, Apakah Normal?
6 Mei 2023
cover
Bayiku jarang Menangis, Apakah Normal?
20 Mei 2023
cover
Posisi W-Sitting pada Anak, Apakah Berbahaya?
21 Mei 2023
cover
Apakah Gumoh Anakku Normal?
27 Mei 2023
cover
Bayi sering Membenturkan Kepala, Apakah Tanda Autis?
28 Mei 2023
cover
Apakah Anakku Speech Delay?
3 Jun 2023
cover
Apakah Anakku sudah Siap Toilet Training?
21 Jun 2023
cover
Apakah Asupan Prohe Anakku sudah Terpenuhi?
18 Jul 2023
cover
Apakah Anak harus Bisa Merangkak?
26 Jul 2023
cover
Apakah Boleh MPASI Hanya Dimasak Satu Kali?
3 Agu 2023
cover
Imunisasi Wajib & Tidak Wajib, Apakah Masih Berlaku?
18 Agu 2023
cover
Vaksin Tidak Efektif Bekerja, Apakah Vaksin Palsu?
28 Agu 2023
cover
Apakah Kenaikan BB Anakku sudah Sesuai dengan Kurva Pertumbu...
3 Sep 2023
cover
Kuku Bayi Memerah, Apakah Cantengan?
24 Sep 2023
cover
Apakah Kebutuhan Serat Anakku sudah Terpenuhi?
27 Sep 2023
cover
Anak Belum Lancar Berbicara, Apakah Stuttering?
3 Okt 2023
cover
Apakah Sarapan Berperan Penting dalam Penambahan BB Anak?
16 Okt 2023
cover
Suplemen Vitamin untuk Anak: Apakah Perlu DIberikan?
18 Okt 2023
cover
Apakah Scarlet Fever dan Bagaimana Mengatasinya?
13 Nov 2023
cover
First Unprovoked Seizure: Apakah Perlu EEG?
24 Nov 2023
cover
Metode Time Out pada Parenting, Apakah Sepenuhnya Buruk?
1 Des 2023
cover
Kaki O pada Bayi, Apakah Bisa Kembali Normal?
19 Des 2023
cover
Apakah Bayi, Anak dan Remaja bisa Hipotiroid?
31 Des 2023
cover
Apakah Pengidap Asma Perlu Menghindari Susu?
8 Jan 2024
cover
Apakah Anak Aktif Sudah Pasti Sehat?
10 Jan 2024
cover
Kenapa Harus Waspada Kalau anak Batuk Terus-menerus, Apakah ...
29 Nov 2023
cover
Apakah Suplementasi DHA pada Bayi Aterm Diperlukan?
25 Feb 2024
cover
Apakah Anak boleh Main Gawai?
25 Feb 2024
cover
Apakah Bedak Dingin Aman untuk Bayi?
19 Mar 2024
cover
Apakah Vaksin Dapat Membatalkan Puasa?
20 Mar 2024
cover
Vaksin Varicella setelah Terpapar Cacar Air, Apakah Efektif?
1 Apr 2024
cover
Apakah Diet Vegetarian Aman untuk Anak?
2 Apr 2024
cover
Bayi Tidur Gelisah, Apakah Tanda Tidurnya Tak Berkualitas?
6 Apr 2024
cover
Apakah Indeks Massa Tubuh Indikator Obesitas yang Valid bagi...
16 Apr 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: