primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Kebiasaan Buruk Anak yang Suka Gigit Kuku, Perlu Dihentikan!

Author: Radhita Rara

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Tips, Tips Parenting

Kebiasan menggigit kuku mungkin sudah banyak kita temukan ya, MomDad. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga pernah melakukan kebiasaan ini. Umumnya menggigit kuku dilakukan karena sedang merasa takut, resah, atau bisa juga saat sedang memikirkan sesuatu. 

Meskipun terlihat tidak berbahaya, kebiasaan ini bisa saja semakin lama dan susah untuk tidak dilakukan, Untuk membantu anak agar tidak lagi menggigit kuku, yuk simak beberapa hal berikut ini!

Penyebab anak suka menggigit kuku

Tanpa judul (2).jpg

Beberapa hal bisa jadi penyebab anak gemar menggigit kuku. Misalnya saja, karena anak sedang bosan karena tidak ada hal yang sedang dikerjakan atau saat anak sedang stress sehingga menggigit kuku jadi pelampiasan.

Faktor genetik atau keturunan juga bisa jadi alasan kenapa anak suka menggigit kuku. Jika MomDad dulu memiliki kebiasaan menggigit kuku yang sulit dihilangkan, ada kemungkinan si Kecil mengalami hal serupa. Untuk mengatasi hal ini tentu saja kebiasaan MomDad harus dihilangkan lebih dahulu, setelah itu baru ajarkan anak bahwa menggigit kuku adalah kebiasaan buruk dan bisa berdampak juga pada kesehatannya.

Cara menghentikan anak untuk tidak menggigit kuku

BeFunky-collage (2).jpg

  • Anak perlu diberi pengertian. Beri pengertian pada anak bahwa kebiasaannya tidak baik dan dapat memiliki dampak kesehatan. MomDad bisa menunjukkan video di mana kuman kotoran bisa masuk ke dalam mulutnya ketika ia menggigit kuku.
  • Anak perlu diberi motivasi. Alih-alih menghukum dan memarahi anak untuk tidak mengulangi kebiasaan ini, ada baiknya MomDad memotivasinya untuk menghentikan kebiasannya. Dorong anak untuk pelan-pelan menghilangkan kebiasaan menggigit jari.
  • Potong kuku anak menjadi pendek. Coba untuk memotongnya menjadi pendek. Jadi, ketika anak bosan, ia tidak punya alasan untuk menggigit kuku.
  • Alihkan perhatian anak dari menggigit kuku. Jika alasan anak menggigit kuku karena cemas dan stres, MomDad bisa membuat anak merasa nyaman untuk menceritakan masalahnya dan bersama-sama mencari jalan keluar untuk mengatasi masalah yang dihadapi.
  • Gunakan sistem reward. Ketika MomDad melihat anak sudah mulai perlahan tidak melampiaskan sesuatu dengan menggigit kuku, coba untuk memberikannya reward berupa apa yang ia sukai. Dengan begitu, membuatnya terus berusaha untuk menghentikan kebiasaan buruk ini.

Nah, itu dia beberapa hal dan tips seputar kebiasaan menggigit kuku yang perlu dihindari. Apabila si Kecil punya kebiasaan ini, jangan ragu untuk coba tips di atas, ya!

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Kebiasaan Menggigiti Kuku pada Anak
5 Mar 2018
cover
Kebiasaan Bercanda Buruk yang Membahayakan Bayi
22 Agu 2022
cover
Penyebab Bruxism pada Anak, Kebiasaan Menggeretakan Gigi Saa...
21 Sep 2022
cover
5 Kebiasaan Suami yang Bikin Geleng Kepala, Mom Ngalamin Eng...
13 Nov 2022
cover
5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Pertumbuhan Gigi Anak Maju
20 Feb 2023
cover
Hindari 5 Kebiasaan Ini saat Anak Bapil!
1 Mar 2023
cover
Kebiasaan Buruk yang Menghambat Tumbuh Kembang Anak
8 Mei 2023
cover
Ini 5 Kebiasaan Bayi saat Tidur yang Perlu MomDad Kenali!
1 Sep 2023
cover
Kebiasaan Buruk yang Mengakibatkan Balita Sering Diare
22 Nov 2023
cover
Terapkan Kebiasaan Ini pada Anak untuk Cegah Picky Eater
12 Jan 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: