primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

MomDad, Ini Ragam Cara Mendidik Anak di Usia Emas!

Author: Ammy Marcinda

Editor: Dhia Priyanka

Topik: Tips Parenting

Kehadiran buah hati tak sekadar memberi kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua, tapi juga tanggung jawab tanpa henti di mana MomDad perlu memastikan kebutuhan mereka terpenuhi. Selain kebutuhan nutrisi, dalam fase mendidik anak, MomDad juga perlu mempersiapkan diri agar buah hati mendapatkan pengajaran yang tepat.

Fase usia emas atau umur 0-5 tahun adalah masa terpenting karena di masa ini perkembangan otak buah hati MomDad begitu pesat, sehingga orang tua perlu memperhatikan berbagai hal yang mereka ajarkan dan tunjukkan pada si kecil. Agar si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang baik, pastikan MomDad mengajarkan berbagai hal berikut di fase usia emas mereka, ya!

Limpahi anak dengan kasih sayang

istockphoto-1281879948-612x612.jpg

Pada fase emas, MomDad sebaiknya memberikan perhatian menyeluruh pada buah hati, selain itu limpahan kasih sayang juga patut diberikan. Tak hanya sikap MomDad pada anak, tapi juga berikan lingkungan yang penuh kasih sayang, seperti tak ragu menunjukan rasa sayang maupun apresiasi antara MomDad di depan anak. Tak sekadar kasih sayang dalam bentuk kedekatan fisik, MomDad juga bisa mengenalkan anak pada pentingnya rasa kasih sayang antara sesama makhluk hidup, baik pada manusia, hewan maupun tumbuhan. Dengan begitu buah hati akan memiliki jiwa mengasihi karena melihat orang tua yang kerap menunjukkan sikap tersebut. 

Dekatkan anak pada pendidikan agama

Tak kalah penting mendekatkan buah hati pada pendidikan agama juga bisa menjadi fondasi penting saat nanti ia masuk dalam lingkungan pertemanan. Pendidikan agama akan membuatnya memiliki batasan serta pandangan antara hal baik dan buruk. 

Kenali kegemaran anak

tumuh kembang anak.jpg

Pada fase emas pertumbuhan kenalkan buah hati pada berbagai aktivitas dan perhatikan kegiatan mana yang lebih menarik baginya. Namun, tetap jadikan berbagai kegiatan ini sebagai aktivitas yang menyenangkan dan bukan paksaan. Dengan mengenalkan berbagai kegiatan pada buah hati, ia dengan sendirinya akan menemukan mana hal yang digemari. 

Mendahulukan pembentukan sikap

Penting untuk menanamkan berbagai sikap positif pada buah hati di fase emas sebelum MomDad mengarahkannya pada pendidikan sekolah seperti berhitung atau membaca. Hal seperti membiasakan membuang sampah pada tempatnya, mengenalkan norma kesopanan, hingga sikap kejujuran jadi hal dasar yang perlu dipahami buah hati. Tentunya berbagai hal ini akan diikuti sang buah hati jika MomDad menunjukkan sikap yang sama, mengingat anak akan selalu meniru apa yang dilakukan orang tuanya. 

Tumbuhkan rasa percaya diri dan ajak berdiskusi

istockphoto-1216917662-612x612.jpg

Di fase emas, ajarkan anak untuk berani bersikap dan berpendapat. Sesederhana mengajak anak untuk memesan menu saat membeli makanan kesukaannya atau membayar di kasir. 

Selain itu MomDad juga bisa berdiskusi pada buah hati saat ia dihadapkan pada pilihan. Dengan bersikap layaknya pada sesama orang dewasa, MomDad akan mengasah sikap anak untuk percaya diri dan mengungkapkan pendapat karena si Kecil akan merasa apa yang ia kemukakan juga didengar. Selain itu, ia pun akan mengetahui alasan ketika keinginannya tak dapat terpenuhi, alih-alih sekadar kata ‘tidak boleh’ dari MomDad.

Itu dia berbagai hal yang bisa diajarkan saat anak berada pada fase emas. Tentunya masih ada berbagai hal penting lain yang bisa disesuaikan dengan pandangan hidup MomDad. Untuk mengetahui berbagai hal seputar tumbuh kembang anak pastikan untuk selalu update artikel dari PrimaKu baik melalui app maupun website primaku.com!

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
MomDad, Yuk Pelajari Tentang Autisme dan Tanda-Tanda Awalnya...
16 Jan 2022
cover
MomDad, Yuk Lengkapi Imunisasi Cacar Air si Kecil!
22 Jan 2022
cover
MomDad, Ini Lho 7 Manfaat Rutin Menerapkan Pola Makan Seimba...
28 Apr 2022
cover
MomDad, Yuk Kenali Jenis Posyandu Beserta Manfaatnya!
29 Apr 2022
cover
MomDad, yuk Terapkan Pola Makan Ini pada Anak untuk Mencegah...
11 Mei 2022
cover
Penting Diketahui MomDad, Ini Tips Membawa Bayi Saat Naik Pe...
21 Mei 2022
cover
MomDad, yuk Ketahui Cara Penyebaran Rotavirus pada Anak!
23 Mei 2022
cover
MomDad, Lakukan Hal Ini Jika si Kecil Alergi Susu Sapi!
26 Mei 2022
cover
MomDad, Kenali Aspek Motorik Kasar pada Bayi Usia 0-3 Bulan,...
30 Mei 2022
cover
MomDad, Kenali Gejala Cluster Feeding pada Bayi, yuk!
7 Jun 2022
cover
MomDad, Ini lho Pentingnya Pengukuran Lingkar Kepala dan Ubu...
10 Jun 2022
cover
MomDad, yuk Ketahui Perkembangan Bayi Usia 0-3 Bulan di Sini...
14 Jun 2022
cover
MomDad, Ini Tanda Gangguan Penglihatan pada Anak yang Perlu ...
12 Jul 2022
cover
MomDad, Ini yang Terjadi Jika Anak Terlalu Banyak Screen Tim...
29 Jul 2022
cover
MomDad, Hindari Ucapkan Kata Ini Saat si Kecil Makan!
27 Agu 2022
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: