primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Patut Dicoba, Ini 5 Tips Membangunkan Anak Sahur

Author: Marisha A

Editor: Dhia Priyanka

Topik: Puasa, Ramadan, Sahur

Tahun ini si Kecil sudah mulai ikut berpuasa? Jika iya, MomDad tentunya perlu mempersiapkan beberapa hal, termasuk strategi dalam membangunkan anak untuk sahur. Hal ini bisa jadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Tak jarang, anak akan marah atau menangis karena jam tidurnya terganggu. Karena itu, coba terapkan beberapa tips membangunkan anak sahur berikut, yuk!

Beri pemahaman pentingnya sahur
daily express.jpg
Sejak jauh-jauh hari, MomDad perlu memberikan pemahaman ke anak mengenai pentingnya melakukan sahur. Sambil memberikan pengertian tentang ibadah puasa, orang tua bisa menggambarkan berbagai kegiatan selama Ramadan, termasuk sahur. Beri pengertian bahwa bangun sahur di malam hari penting dilakukan agar anak bisa kuat berpuasa menahan lapar dan haus seharian.

Atur waktu tidur
Karena akan bangun tengah malam, sebaiknya MomDad mengatur waktu tidur anak. Jika biasanya anak tidur pukul 9, coba ajak dia untuk tidur lebih awal, misalnya pukul 8 agar saat dibangunkan tidak uring-uringan. Semakin malam si Kecil tidur, akan semakin susah juga membangunkannya sahur. Di hari pertama, mungkin anak akan sulit dibangunkan atau bahkan menangis. Namun, jika sudah terbiasa, anak pun akan bangun dengan semangat.

Bangunkan dengan lembut
the pragmatic parents.jpg
Saat membangunkan anak sahur, sebaiknya MomDad menggunakan cara yang baik dan lembut. Misalnya, usap kepalanya dan cium si Kecil sambil membangunkannya. Kalau perlu, MomDad juga bisa menyanyikan lagu-lagu yang membuatnya lebih semangat untuk bangun sahur. Jika sudah setengah sadar, MomDad bisa menggendongnya ke luar kamar dan ajak cuci wajah agar lebih segar.
Jika anak sulit dibangunkan, sebaiknya orang tua tidak perlu emosi atau membentaknya. Jangan sampai si Kecil takut dan membuatnya justru tidak ingin berpuasa karena dimarahi orang tuanya.

Bangunkan mendekati waktu imsak
Agar waktu tidurnya tetap cukup, sebaiknya bangunkan anak mendekati waktu imsak. Selagi Mom menyiapkan makanan sahur, biarkan anak tidur. Ketika sudah siap, baru bangunkan anak dan ajak makan bersama. Sahur terlalu cepat akan membuat si Kecil lapar lebih cepat juga, sehingga lebih baik jika makan 30 menit sebelum imsak.

Masak makanan kesukaannya
little-girl-happy-with-pasta-dish.jpg
Cara lain yang bisa orang tua lakukan agar anak lebih semangat bangun sahur adalah dengan memasakkan makanan kesukaannya. Sebelumnya, MomDad bisa berdiskusi dengan anak apa yang ingin dia makan saat sahur. Dengan begitu, anak pun akan lebih semangat bangun sahur karena menantikan makan makanan kesukaannya. Jangan lupa, beri menu makanan dengan gizi seimbang agar nutrisinya tetap terpenuhi selama berpuasa, ya.

Itu dia sederet tips yang bisa MomDad lakukan untuk membangunkan anak sahur. Ketahui informasi seputar tumbuh kembang anak hingga MPASI dengan mengikuti Instagram @official.primaku dan baca artikel lainnya lewat aplikasi PrimaKu.

Sumber foto: Pexels
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Frekuensi dalam Memberikan MPASI yang Patut MomDad Ketahui
16 Jun 2022
cover
Serba-serbi Menyusui Saat Hamil yang Patut MomDad Ketahui
12 Agu 2022
cover
Tips Menaikkan Berat Badan Bayi yang Patut Dicoba
7 Jun 2023
cover
Q&A tentang Imunisasi Kejar yang Patut Orang Tua Tahu
18 Sep 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: