primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Permasalahan Kuku yang Kerap Terjadi pada Bayi

Author: Marisha A

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Kuku Bayi, Tips

Kesehatan si Kecil tentunya menjadi prioritas setiap orang tua. Selain tumbuh kembang dan nutrisi, MomDad juga tak boleh melewatkan kesehatan kuku si Kecil, lho! Setelah lahir, tak sedikit bayi yang mengalami masalah pada kukunya. Coba kenali apa saja masalah kuku yang dialami oleh bayi, yuk!

Masalah kuku pada bayi

BeFunky-collage - 2023-02-21T123046.356.jpg

Seperti yang dijelaskan Starace M, Alessandiri A, dan Piraccini BM dalam buku Nail Disorders in Children, setidaknya ada 5 jenis masalah kuku yang biasa terjadi pada bayi, antara lain:

  • Koilonikia, atau sering disebut sebagai kuku sendok. Penyebabnya pada bayi baru lahir sering tidak diketahui (idiopatik). Koilonikia bisa merupakan gejala dari penyakit peradangan kulit atau masalah kekurangan zat besi.
  • Ingrown nail ​atau cantengan, mungkin muncul sekitar usia 6 hari akibat refleks genggam yang menekan kuku. Umumnya merupakan kondisi ringan dan dapat hilang sendiri di usia 4 bulan.
  • Onikomikosis, yaitu infeksi kuku akibat jamur. Kuku terlihat tebal, kekuningan, dan kasar. Umumnya dialami pada anak dengan masalah kekebalan tubuh.
  • Anonikia dan mikronikia, istilah untuk tidak tumbuhnya kuku, baik sebagian maupun seluruh kuku. Anonikia merupakan kondisi yang dibawa sejak lahir dan berhubungan dengan kelainan bawaan lainnya. Mikronikia merupakan istilah ukuran kuku yang kecil atau tidak berkembang sempurna. Mikronikia berhubungan dengan obat-obat yang toksik bagi janin selama masa kehamilan.
  • Liken striatus kuku, merupakan kondisi langka dan hanya didapatkan pada anak. Hanya satu kuku yang terlibat dan terlihat garis memanjang berkerak tebal pada satu sisi kuku.

Merawat kesehatan kuku bayi

BeFunky-collage - 2023-02-21T123022.478.jpg

Oleh karena itu, sebelum terjadi berbagai masalah kesehatan kuku pada bayi, MomDad bisa mulai merawat kesehatan kuku bayi dengan cara berikut:

  • Saat mandi, jangan lupa untuk membersihkan jari dan kuku si kecil dengan memberi pijatan lembut menggunakan sabun bayi.
  • Gunting kuku bayi secara rutin, setidaknya satu kali dalam seminggu. Sebaiknya gunting kuku bayi setelah mandi karena kuku lebih lunak. Supaya si kecil tidak banyak bergerak, MomDad juga bisa mengguntingnya saat ia tidur.
  • Periksa selalu kuku dan jari si Kecil. Gunakan tisu basah bebas alkohol dan pewangi untuk mengambil sisa kotoran pada kuku bayi.
  • MomDad juga bisa memberikan krim tangan atau losion khusus bayi untuk menjaga jari dan kukunya tetap lembap dan bebas kering.
  • Jika si kecil suka menggaruk tubuh dengan kukunya, MomDad bisa memakaikan sarung tangan. Tapi perlu diingat, jangan terlalu sering, ya!

Nah, itu dia 5 permasalahan kuku pada bayi. Jangan lupa untuk rawat kuku si Kecil dengan cara di atas agar kebersihan dan kesehatan kukunya tetap terjaga, ya.

MomDad mau share informasi atau pertanyaan seputar tumbuh kembang bersama orang tua lainnya? Yuk, ceritakan pengalaman MomDad di Forum Tumbuh Kembang! Selain itu, MomDad juga bisa bertanya seputar kesehatan si Kecil dan akan dijawab langsung oleh ahli, lho.


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Permasalahan Payudara Saat Menyusui dan Cara Mengatasinya
4 Agu 2022
cover
Permasalahan Kulit Bayi yang Paling sering Dijumpai
21 Sep 2022
cover
Permasalahan Menyusui pada Busui & Cara Penanganannya
13 Des 2022
cover
5 Permasalahan yang sering Terjadi di Masa MPASI
21 Jul 2023
cover
Ini Istilah Permasalahan Tumbuh Kembang yang Wajib MomDad Ta...
26 Okt 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: