primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Ragam Kegiatan Menyenangkan Agar si Kecil Enggak Bosan Saat Berpuasa

Author: Radhita Rara

Editor: Dhia Priyanka

Topik: Puasa, Ramadan

Mengajarkan anak berpuasa memang tidak mudah. Pada awalnya, si Kecil mungkin akan sangat antusias, namun lama kelamaan akan ada banyak godaan yang membuatnya mulai kehilangan antusiasmenya. 

Saat anak sekolah, mungkin ia jarang merasa bosan karena bisa bermain dengan teman-teman dan sibuk belajar. Namun, saat pulang sekolah, mood anak bisa berubah karena tidak melakukan apapun. Kondisi ini bisa membuat anak menjadi bosan. Lantas, kegiatan menyenangkan apa ya, yang membuat si Kecil tidak bosan selama berpuasa? Yuk, intip bocorannya di bawah!

Menonton film
sub 1 (2).jpg
Menonton film bisa jadi kegiatan seru dan bermanfaat yang dilakukan sembari menunggu berbuka puasa. MomDad bisa menonton film kesukaan anak di rumah. Pastikan tayangan yang ditonton sesuai dengan usianya, ya.
Film yang ditonton bisa juga berupa film yang mengedukasi, misalnya saja dokumenter tentang flora dan fauna atau film bertemakan agama Islam yang cocok di bulan Ramadan. Selain itu, MomDad juga bisa mengajak si Kecil menonton film yang menghibur, seperti film kartun atau petualangan anak.

Bermain bersama
sub 2 (2).jpg
Main bersama anak juga jadi ajang kegiatan yang bisa dilakukan. Tapi, pastikan permainan yang dilakukan tidak menguras tenaga dan membuatnya lelah, ya. Nah, MomDad bisa memilih mainan rumahan seperti bricks, boneka, atau membuat origami dari kertas. 
Agar lebih bermanfaat lagi, MomDad juga bisa membuat kuis tebak-tebakan yang berhubungan dengan pengetahuan agama. Jadi, selain belajar puasa, ia juga bisa mendapat pengetahuan tentang Islam.
Antusias anak untuk bermain nantinya akan membuat fokusnya beralih. Dengan begitu, si Kecil tidak lagi bosan dalam menjalankan puasanya. 

Mengisi jurnal Ramadan
sub 3 (2).jpg
Supaya si Kecil jadi lebih semangat puasanya, MomDad juga bisa mengajaknya membuat jurnal atau checklist puasa, lho! Nantinya, anak bisa membuat catatan atau mencentang checklist jika berhasil menjalankan puasa.
Untuk jurnal, MomDad bisa mengajaknya menulis sampai jam berapa ia kuat puasa. Jurnal tersebut bisa ditambah dengan kalimat penyemangat dan dihias sendiri oleh si Kecil. Sementara untuk checklist, MomDad bisa membuatkan tabel berisi hari pertama hingga akhir puasa. Nantinya, ketika anak berhasil menyelesaikan puasa, ia bisa menempelkan stiker pada tabel tersebut.

Mendekorasi ruangan
sub 4 (1).jpg
MomDad juga bisa mengajak anak mendekorasi sudut-sudut ruang keluarga atau kamar anak. Biarkan anak berkreasi dengan membuat sendiri dekorasinya. MomDad juga bisa mengajaknya untuk membuat hiasan yang akan di tempelkan di area dinding.

Memasak untuk santapan berbuka
sub 5.jpg
Saat menjelang sore, MomDad bisa mengajak buah hati untuk menyiapkan menu berbuka puasa. Cobalah dari yang sederhana dulu, seperti mencuci sayur dan buah atau mengaduk adonan yang mudah baginya. MomDad juga bisa meminta si Kecil untuk merapikan meja makan atau menyiapkan alat makan. Tentu saja ini akan jadi kegiatan yang menyenangkan!

Itu dia beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu agar anak tidak bosan selama berpuasa. MomDad tertartik coba yang mana nih?

Untuk mendapatkan berbagai informasi penting mengenai tumbuh kembang dan kesehatan anak, MomDad bisa follow akun Instagram @official.primaku dan pantau terus artikel lainnya di aplikasi PrimaKu.

Sumber foto: Pexels

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Kaya Nutrisi, Ini Ragam Menu Sahur dan Berbuka yang Tepat un...
26 Apr 2022
cover
MomDad, Ini Ragam Cara Mendidik Anak di Usia Emas!
10 Jul 2022
cover
Begini Beragam Respon Bayi saat Diberikan MPASI
27 Jun 2023
cover
Beragam Pemicu yang Menyebabkan Kulit Bayi Iritasi
18 Jul 2023
cover
Panduan Praktis Memulai MPASI, Kenalkan Ragam Rasa & Tekstur...
20 Sep 2023
cover
Beragam Penyebab Amenorrhea Primer pada Remaja Putri
8 Mei 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: