primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Posisi Tidur Bisa Memengaruhi Kondisi Rambut Bayi?

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti Sp.A

Topik: Rambut Bayi, Rambut Rontok, Rambut, Kesehatan Rambut

Rambut merupakan salah satu organ tubuh yang banyak menarik perhatian, sejak bayi hingga dewasa sampai tua. Rambut merupakan organ yang unik, karena sebenarnya bagian yang hidup hanya di sekitar pangkal rambut yaitu di folikel yang menjadi bagian kulit. Ketika batang rambut tumbuh ia berisi sebagian besar keratin dan sudah bukan merupakan bagian hidup. Kecepatan pertumbuhan rambut berbeda-beda berdasarkan umur dan jenis kelamin serta dipengaruhi oleh hormon, kecukupan nutrisi, dan faktor genetik.

Dalam kandungan, pertumbuhan rambut pada janin dimulai sekitar usia 8-12 minggu kehamilan. Rambut tumbuh di semua bagian tubuh kecuali di bibir, telapak tangan dan telapak kaki, dengan panjang dan ketebalan yang berbeda-beda.

Fase Pertumbuhan Rambut

Ada tiga fase pertumbuhan rambut. Anagen adalah fase ketika rambut bertumbuh. Katagen adalah suatu fase peralihan sebelum masuk ke fase istirahat yaitu telogen. Rambut kemudian gugur di akhir fase telogen sebagai rambut mati. Dalam kandungan siklus ini telah berlangsung dan bayi lahir umumnya dengan rambut di kepala yang banyak dan tebal. 

Rambut yang terbentuk dalam kandungan ini umumnya akan gugur dalam enam bulan pertama. Setelah rambut yang terbentuk dalam kandungan gugur, akan tumbuh rambut baru yang sifatnya permanen dan mengikuti siklus pertumbuhan rambut secara alamiah. Pada awalnya rambut terlihat tipis setelah gugur, karena beberapa bayi tidak langsung memasuki fase anagen yang baru. Umumnya pada usia 1.5 sampai 2 tahun telah tumbuh rambut baru permanen.

Kadang kala rambut yang gugur pada bayi membentuk pola tertentu atau hanya di bagian tertentu saja, misalnya di belakang kepala. Hal ini masih dapat dianggap normal pada bayi berusia kurang dari 6 bulan. Apabila si Kecil mengalami hal ini, perhatikan pada sisi mana ia lebih banyak tidur atau apakah ada kebiasaan tertentu seperti menarik rambut atau membenturkan kepala. Hal ini dapat mempercepat gugurnya rambut. MomDad dapat mengurangi kecepatan gugurnya rambut dengan merubah posisi tidurnya. Namun demikian, tidak ada obat khusus yang akan mempercepat tumbuhnya rambut baru.

Beberapa kerontokan rambut pada bayi, walaupun jarang, dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, misalnya infeksi kulit akibat jamur atau gangguan hormon. Konsultasikan kepada dokter apabila bayi mengalami kerontokan rambut hebat setelah usia lebih dari enam bulan.

Beberapa bayi sejak lahir memiliki rambut yang sangat halus, sehingga terlihat seperti gundul. Hal ini pun masih dapat normal, namun apabila ada keraguan, berkonsultasilah dengan dokter. Pada bayi yang memiliki rambut sangat tipis, umumnya pertumbuhan rambut yang agak tebal baru akan tampak setelah usia satu tahun.

Nah, agar rambut si Kecil tumbuh dengan sehat, MomDad bisa mencoba ketiga produk hair care berikut ini!

Tropee Bebe - Shampo Kemiri

rambut bayi (2).jpg

MomDad mungkin sudah pernah mendengar khasiat kemiri yang bisa merawat dan menjaga kesehatan rambut. Nah, kabar baiknya, ada lho sampo anak dengan kandungan kemiri, yaitu Tropee Bebe Shampo Kemiri. Sampo ini memiliki kandungan bahan alami yang diformulasikan dengan proses ekstraksi, sehingga mampu membersihkan secara maksimal. Selain dapat membantu pertumbuhan rambut, Tropee Bebe Shampo Kemiri juga tidak pedih dimata, jadi nyaman digunakan untuk bayi dan anak. MomDad pun nggak perlu khawatir, karena Tropee Bebe Shampo Kemiri tidak mengandung SLS, detergen, pewarna, dan paraben. Sampo ini tersedia di e-commerce dan dijual secara bundle seharga Rp150.000.

Tropee Bebe - Hair Lotion Original & Winter Sky

rambut bayi (3).jpg

Masih ada Tropee Bebe, pilihan hair care lain untuk merawat rambut si Kecil adalah Lotion Original & Winter Sky. Lotion rambut ini berfungsi untuk mengharumkan, menutrisi, menghaluskan, dan melembutkan rambut anak agar mudah ditata. Kandungannya diperkaya dengan ekstrak aloe vera yang berfungsi sebagai kondisioner alami agar rambut halus dan berkilau, serta membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, minyak zaitun, minyak kelapa yang dapat membantu mencegah kerusakan rambut dan menjaga agar rambut tetap sehat, serta terdapat ekstrak kandungan Minyak Zaitun, Minyak Daun Melaleuca Alternifolia, dan Minyak Rosemary, yang menjaga kelembapan dan kelembutan rambut, sekaligus memberi kesegaran dan kesuburan rambut, serta mencegah kerontokan. Yuk, rawat rambut sehat si Kecil dengan Tropee Bebe Hair Lotion Original & Winter Sky dan dapatkan produknya di sini!

Buds Organics Hair Volume Booster

rambut bayi.png

Jika punya budget lebih, MomDad mungkin tertarik mencoba Buds Organic Hair Volume Booster, yang berfungsi untuk mendorong pertumbuhan rambut sehat untuk si Kecil. Dengan kandungan minimum 95% bahan organik, Buds Organic Hair Volume mampu memelihara dan melindungi rambut baru. Plus, produk ini dilengkapi dengan sertifikat organik Ecocert, di mana seluruh proses pembuatan produk bebas dari bahan kimia berbahaya dan ramah lingkungan. Buds Organic Hair Volume bisa MomDad dapatkan di sini seharga Rp239.900.

Jika tertarik mencoba produk di atas, MomDad bisa mendapatkan diskon 30% dengan belanja produk Tokopedia x PrimaKu yang ada di aplikasi. Intip kode vouchernya di aplikasi PrimaKu, ya!

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Supaya Ibu dan Bayi Nyaman, Ini Posisi dan Perlekatan Menyus...
1 Apr 2022
cover
Mengenal Tortikolis, Posisi Kepala Bayi yang Miring ke Satu ...
19 Agu 2022
cover
Ini Dampaknya Jika Menggendong Bayi dengan Posisi yang Salah
8 Sep 2022
cover
Posisi ‘W Sitting’ Pengaruhi Perkembangan Anak, Benarkah?
29 Nov 2022
cover
Begini Posisi Tidur yang Nyaman untuk Ibu Hamil
7 Des 2022
cover
Perhatikan, Ini Posisi Tidur yang Berbahaya untuk Bayi!
4 Feb 2023
cover
Posisi Duduk Makan Bayi yang Tepat untuk Cegah ‘Drama’ MPASI
26 Apr 2023
cover
Posisi W-Sitting pada Anak, Apakah Berbahaya?
21 Mei 2023
cover
Posisi Tepat Mengukur Tinggi Badan Anak agar Hasil Akurat
3 Jan 2024
cover
Posisi Duduk yang Tidak Baik untuk Anak, Salah Satunya Ini!
16 Mei 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: