primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Tantangan Pertumbuhan Anak, Growth Faltering atau Growth Spurt?

Author: Fitri Permata

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Growth Spurt, Growth Faltering

Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh optimal, sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Namun, selama masa pertumbuhannya, ada anak yang tumbuh cepat dan baik, sementara ada juga yang pertumbuhannya lamban. Dalam dunia medis, keduanya memiliki sebutan masing-masing, yaitu growth faltering dan growth spurt. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang keduanya, scroll artikel ini ya, MomDad!


Perbedaan Growth Faltering & Growth Spurt

Growth spurt atau percepatan tumbuh adalah waktu terjadinya percepatan tumbuh pada anak, umumnya berlangsung singkat, dan anak mendadak tampak lebih tinggi/panjang dan lebih berat dari biasanya. Growth spurt merupakan fenomena yang normal terjadi pada anak sepanjang masa pertumbuhan dan berlangsung secara berulang hingga anak mencapai kematangan dalam hal fisik.


Sedangkan istilah growth faltering mengacu pada perlambatan pertumbuhan, merujuk pada pertambahan berat badan yang lambat atau tidak mencapai kenaikan berat badan yang diharapkan berdasarkan jenis kelamin dan usia.


Growth spurt merupakan fenomena yang normal, sedangkan growth faltering berisiko menyebabkan anak kekurangan gizi yang menyebabkan gizi buruk hingga stunting. Apabila anak mengalami growth faltering, maka hal tersebut bisa dikoreksi/perbaiki yaitu dengan cara mencari tahu penyebabnya dan melakukan koreksi terhadap penyebab.


Penyebab Growth Faltering

Penyebab growth faltering adalah meningkatnya kebutuhan energi atau kurangnya asupan energi, sedangkan stunting disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi berkepanjangan atau adanya infeksi yang kronik maupun berulang. Peningkatan kebutuhan energi yang menyebabkan growth faltering antara lain adalah penyakit jantung bawaan, anemia kronik, masalah pada ginjal atau hati, keganasan, defisiensi seng atau zat besi, adanya kelainan genetik atau metabolic.


Perlu dicatat bahwa semua anak akan mengalami growth spurt, namun tidak semua anak mengalami growth faltering.


Sumber foto: Freepik

Referensi:

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: