primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Takaran Penggunaan Gula dan Garam pada MPASI Bayi yang Perlu MomDad Ketahui

Author: Radhita Rara

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso SpA

Topik: MPASI, Featured

Siapa yang sudah baca artikel penggunaan kaldu instan pada MPASI? Jika sudah, MomDad pasti tahu kalau penggunaan kaldu instan dalam MPASI diperbolehkan, asal memperhatikan beberapa hal. Lantas, bagaimana dengan penggunaan gula dan garam pada MPASI? Apakah dua bumbu dapur tersebut aman digunakan untuk MPASI pada bayi? Berikut penjelasan dr. Winra Pratita, SpA (K) selaku konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik anak!

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan gula dan garam dapat membuat masakan jadi lebih lezat. Meski kedua bumbu ini kerap jadi santapan setiap hari bagi orang dewasa, namun ada takaran khusus yang direkomendasikan saat membuat MPASI untuk si Kecil, lho!

Garam

pexels-lorena-martínez-2320244.jpg

Bayi yang sudah mengenal rasa sejak usia dini pasti sangat mengenal makanan mana yang asin dan yang manis. Bisa saja, saat makanan tersebut tidak ada rasa asinnya karena tidak ada garam, bayi malah tidak mau makan. Untuk itu, salah satu caranya adalah dengan memperhatikan kebutuhan dan batas asupan garam untuk bayi. Menurut National Health Service, asupan maksimal garam yang direkomendasikan adalah:

  • Pada bayi (0-12 bulan) adalah <1 g per hari (setara dengan (0,4 g natrium)
  • Pada anak 1-3 tahun adalah 2 g per hari (setara 0,8 g natrium)

Gula

pexels-daria-shevtsova-1030970.jpg 

Penambahan gula pada MPASI bertujuan untuk memperkaya rasa pada makanan. Namun, asupan gula pada bayi dan anak dibatasi 5-10% dari total kebutuhan kalori per hari.

Perhatikan Kandungan Gula dan Garam pada Makanan Lainnya

sub 3.jpg

Yang tidak kalah penting, MomDad juga perlu tahu bahwa jumlah maksimum garam atau gula yang disarankan mungkin sudah terpenuhi secara alamiah pada makanan-makanan tertentu. Misalnya saja keju, yang sudah mengandung 0,6 gram natrium setiap 100 gramnya.

Beberapa buah-buahan juga secara alamiah sudah mengandung gula, lho. Sehingga penambahan garam dan gula juga perlu memperhitungkan agar tidak melebihi jumlah maksimum yang disarankan, ya!

Untuk mendapatkan konten informatif lainnya seputar MPASI dan tumbuh kembang anak, pantau terus artikel terbaru di aplikasi PrimaKu dan jangan lupa follow akun Instagram @official.primaku supaya enggak ketinggalan mengenai informasi ter-update dari kami! 


Sumber foto: Pexels

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Segini Takaran Gula per-Hari untuk Anak berdasarkan Usia
10 Nov 2023
cover
Takaran Gula & Garam pada MPASI, Berapa Sendok Perhari?
6 Mar 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: