primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Anjuran Penggunaan Finger Toothbrush pada Bayi yang MomDad Perlu Tahu

Author: Marisha A

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti Sp.A

Topik: Kesehatan Mulut, Kesehatan Gigi, Finger Toothbrush

Meskipun belum memiliki gigi, namun rongga mulut bayi harus tetap dibersihkan secara rutin. Baiknya, mulut bayi dibersihkan dua kali dalam sehari, misalnya di pagi dan malam hari. Karena belum memiliki gigi, rongga mulut bayi tidak boleh dibersihkan menggunakan sikat gigi biasa, melainkan finger toothbrush. Apa itu finger toothbrush dan bagaimana menggunakannya?

Penggunaan finger toothbrush

istockphoto-1056263990-612x612.jpg

Sejak lahir, bayi perlu dibiasakan untuk dibersihkan mulutnya agar nantinya ketika ia sudah memiliki gigi tidak akan sulit melewati masa transisinya. Pertama-tama, Mom bisa menggunakan kasa bersih dan lembap yang sudah dibasahi dengan air matang, kemudian lilitkan di ibu jari. Masukkan jari ke mulut si Kecil pelan-pelan, lalu sapu bagian gusi, pipi bagian dalam, dan lidah bayi.

Mom juga dapat menggunakan finger toothbrush yang biasanya terbuat dari silikon berbentuk jari. Mom hanya perlu memasukkan silikon ke telunjuk untuk membersihkan rongga mulut bayi. Teksturnya yang lembut dan kenyal biasanya disukai oleh si Kecil. Selama dilakukan secara lembut dan hati-hati, maka finger toothbrush ini dapat digunakan sejak lahir. Namun, Mom harus memastikan bahwa finger toothbrush harus selalu dalam keadaan bersih ketika hendak digunakan.

Tips membersihkan dan menyimpan finger toothbrush

sumber - bickiepegs.jpg

Untuk menjaga kebersihan finger toothbrush ini, Mom sebaiknya selalu mencuci bersih menggunakan sabun untuk peralatan bayi setelah menggunakannya dan membiarkannya kering di udara bebas. Mom juga dapat merendamnya di air mendidih selama beberapa menit (sekitar 3 menit) untuk mematikan kuman-kuman yang menempel di permukaan, kemudian membiarkannya kering di udara bebas.

Jika memiliki sterilizer, Mon bisa mensterilkan finger toothbrush saat akan digunakan. Beberapa produsen juga menyediakan cangkang penyimpanan finger toothbrush yang dapat digunakan untuk menyimpan alat ini, namun jangan lupa untuk selalu mencuci dan membersihkan cangkangnya secara berkala agar tidak tumbuh bakteri di sisi dalam cangkang karena kondisinya yang lembap dan tertutup.

Itu dia penjelasan mengenai penggunaan dan cara agar menjaga finger tootbrush tetap higienis. Yuk, coba praktikan, MomDad!

Ingin tahu tips dan informasi lainnya seputar kesehatan si Kecil? Ayo, baca artikel di aplikasi PrimaKu atau kunjungi primaku.com. Selain itu, MomDad bisa juga menonton seluruh tayangan ulang webinar di aplikasi, lho. Tak ketinggalan, follow juga akun Instagram dan TikTok PrimaKu supaya enggak ketinggalan update informasi seputar kesehatan anak dan parenting lifestyle!

Sumber foto: ​Freepik

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., PhD.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Anjuran Aman Pemakaian Essential Oil pada Anak
16 Sep 2022
cover
Ini Anjuran Asupan Vitamin dan Fungsinya untuk Metabolisme A...
28 Okt 2022
cover
Si Kecil Mulai MPASI? Ini Anjuran Jadwal Pemberian MPASI unt...
13 Jan 2023
cover
Kapan Anak Bisa Punya Ponsel Sendiri? Ini Anjurannya!
4 Mei 2024
cover
Kapan Anak Boleh Konsumsi Kental Manis? Ini Anjuran Ahli!
17 Jun 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: