primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Anjuran Aman Pemakaian Essential Oil pada Anak

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti Sp.A

Topik: Essential Oil

Essential oil yang berasal dari ekstrak tumbuhan aromatik dikenal dapat mengobati luka bakar, menenangkan kulit, hingga meredakan stres dan menenangkan pikiran. Pada bayi di atas usia 3 bulan, essential oil juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh lho, seperti menenangkan, meningkatkan kualitas tidur bayi, dan lain sebagainya.

Penggunaan essential oil pada bayi

American Association of Naturopathic Physicians tidak merekomendasikan penggunaan essential oil pada bayi di bawah usia 3 bulan. Essential oil secara umum dianggap aman bila digunakan dengan benar dan dalam jumlah sedang, tidak boleh minum atau menelan essential oil, dan hindari penggunaan essential oil di area mata, hidung, atau mulut.

Jika MomDad membeli essential oil untuk si Kecil, hindari produk yang mengandung wewangian sintetis karena sama sekali tidak bermanfaat untuk kesehatan dan dapat mengiritasi kulit.

Cara penggunaan essential oil

Essential oil tidak dianjurkan untuk dioleskan langsung pada kulit si Kecil tanpa mencampurkannya dengan minyak pembawa. Berikut cara yang dianjurkan:

Campur dengan minyak lain

istockphoto-1337167255-612x612.jpg

Minyak sayur, minyak kelapa, dan minyak almond manis biasanya digunakan sebagai minyak dasar yang dapat dicampurkan dengan essential oil. Ketiga jenis minyak tersebut juga dapat melembapkan dan menyehatkan kulit.

Untuk mencampurnya, MomDad perlu tahu dosis yang tepat. Pasalnya dosis adalah faktor terpenting untuk menjaga keamanan si Kecil. Berikut panduan dosisi dari Essential Oil Safety:

  • 3-24 bulan: 0,25%-0,5%
  • 2-6 tahun: 1-2%
  • 6-15 tahun: 1,5% -3%
  • Di atas 15 tahun: 2,5% -5%

Gunakan rasio essential oil dan minyak campuran dengan panduan dosis di atas, kemudian kocok. Setelah minyak tercampur rata, MomDad dapat melakukan uji coba pada kaki atau lengan si Kecil untuk mengetahui apakah formulanya menyebabkan iritasi atau tidak.

Spray

istockphoto-1198226725-612x612.jpg

Semprotkan essential oil di sekitar kamar si Kecil untuk menciptakan aroma yang menenangkan sebelum tidur di siang atau malam hari. Hindari menyemprotkannya di bantal agar si Kecil tidak menelan minyak secara tidak sengaja.

Dilansir dari The New York Times, penggunaan diffuser untuk bayi di bawah usia 3 bulan tidak dianjurkan. Sementara untuk bayi dan anak-anak yang lebih besar, pemakaian diffuser dengan aroma cedarwood, ginger atau sweet orange selama satu jam, dinilai cukup aman. Namun, jangan lupa sambil terus memantau si Kecil ya, MomDad.

Well, meski essential oil dianjurkan untuk bayi usia 3 bulan ke atas, sebaiknya MomDad tetap konsultasikan hal ini kepada dokter, ya. Pasalnya, ada beberapa essential oil yang tidak boleh digunakan dengan obat dan kondisi medis tertentu.

Plus, jika Mom sedang dalam kondisi hamil, konsultasikan kondisi kehamilan Mom dengan dokter sebelum menggunakan essential oil.

Ingin tips dan informasi lainnya seputar kesehatan anak? Ayo, baca artikel di aplikasi PrimaKu atau kunjungi primaku.com. Selain itu, MomDad bisa juga menonton seluruh tayangan ulang webinar di aplikasi, lho. Tak ketinggalan, follow juga akun Instagram dan TikTok PrimaKu supaya enggak ketinggalan update informasi seputar kesehatan anak dan parenting lifestyle!

Sumber foto: iStock

Reference:

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Anjuran Penggunaan Finger Toothbrush pada Bayi yang MomDad P...
27 Sep 2022
cover
Ini Anjuran Asupan Vitamin dan Fungsinya untuk Metabolisme A...
28 Okt 2022
cover
Si Kecil Mulai MPASI? Ini Anjuran Jadwal Pemberian MPASI unt...
13 Jan 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: