primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Menjaga imunitas anak selama pandemi: perlukah suplementasi vitamin?

Author: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Vitamin, Mineral, Imunitas, Tips, 12-18 Tahun, 7-12 Tahun, 4-7 Tahun, 1-3 Tahun

Vitamin menjadi salah satu suplementasi yang diberikan pada kasus covid-19 bergejala ringan atau tanpa gejala, di antaranya adalah vitamin C, vitamin D, dan Zinc. Pada kondisi ini, rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan batasan dosis maksimal untuk vitamin C, dosis harian untuk vitamin D, dan Zinc. Hal ini tentunya membuat para orangtua penasaran apakah pemberian vitamin tersebut dapat dibenarkan untuk “mencegah” COVID-19? Dan apakah dosis yang diberikan juga sama dengan apabila anak terkonfirmasi covid-19? Yuk, simak penjelasannya disini!

Supaya mudah kali ini Primaku akan membagi beberapa vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk perkembangan sistem imun dalam tabel di bawah ini:

vitamin dan mineral kebutuhan sehari-hari

Nah apakah lantas jika kita mengetahui berbagai vitamin dan mineral tersebut, kita mengonsumsinya banyak-banyak dalam rangka pencegahan covid? Tentu saja tidak karena tidak semua yang lebih artinya lebih baik. Pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineral untuk imunitas mengacu pada angka kecukupan gizi berdasarkan Permenkes 2019 yang dapat dilihat di link ini

Pada akhirnya, konsumsi makanan yang bervariasi dari lima kelompok makanan yaitu makanan sumber protein (daging sapi, ayam, ikan, telur), biji-bijian/ grain (sereal, gandum, roti, nasi), produk olahan susu (dairy), sayur-sayuran, dan buah-buahan, merupakan cara utama kita mendapatkan berbagai mikronutrien yang penting untuk menunjang sistem imunitas tubuh. Jadi, jika kecukupan kebutuhan vitamin sudah terpenuhi dari makanan sehat sehari-hari, tidak usah panik memborong semua multi-vitamin ya….

 

--

Penulis:

Lucyana Santoso (PrimaKu), Madarina Julia (PrimaKu, ed)

 

Referensi:

  1. Hathaway D, Pandav K, Patel M, Riva-Moscoso A, Singh BM, Patel A, et al. Omega 3 Fatty Acids and COVID-19: A Comprehensive Review. Infect Chemother. 2020 Dec; 52(4): 478–495.
  2. Gombart AF, Pierre A, Maggini S. A Review of Micronutrients and the Immune System–Working in Harmony to Reduce the Risk of Infection. Nutrients. 2020 Jan; 12(1): 236.
  3. Kumar P, Kumar M, Bedi O, Gupta M, Kumar S, Jaiswal G. Role of vitamins and minerals as immunity boosters in COVID‐19. Inflammopharmacology. 2021 Jun 10;1-16
  4. Calder PC. Nutrition, immunity and COVID-19. BMJ Nutrition, Prevention & Health 2020;3:doi:10.1136/bmjnph-2020-000085
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak
20 Mar 2022
cover
Jangan Sampai Salah! Ini Cara Tepat Menjaga Kebersihan Telin...
20 Mei 2022
cover
Gimana sih Cara Menjaga Mood si Kecil Saat Bepergian?
9 Okt 2022
cover
Tips Menjaga Ginjal Anak agar Tetap Sehat
4 Des 2022
cover
5 Tips Menjaga Kulit Bayi agar Tetap Sehat
21 Feb 2023
cover
Polusi Udara Semakin Parah, Begini Cara Menjaga Kesehatan Pa...
25 Okt 2023
cover
Pentingnya Menjaga Sleep Hygiene pada Anak
7 Des 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: