primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Busui Batpil, Gimana Cara Mengatasinya?

Author: Marisha A

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Busui, Ibu Menyusui, Menyusui, Batuk, Pilek, Batpil

Menjadi orang tua memang tidaklah mudah. Selain menjaga kesehatan si Kecil, Mom juga harus memperhatikan kesehatan diri sendiri. Namun, ada kalanya Mom yang tengah menyusui menderita sakit batuk dan pilek (batpil atau selesma). Hal ini tentu saja membuat Mom cemas, takut si Kecil ikut tertular bapil juga. Lalu, apa sih yang harus Mom lakukan jika saat sedang menyusui terkena bapil?

Penyebab busui terkena batpil

Batuk pilek pada ibu menyusui (busui) memiliki sebab yang sama dengan batuk pilek pada anak, yaitu akibat infeksi (baik virus maupun bakteri) atau alergi. Busui yang mengalami batuk pilek akibat infeksi umumnya tertular dari orang lain yang juga mengalami batuk pilek.

Cara mengatasi busui bapil

women-who-are-unwell-are-about-take-antibiotics.jpg

Bila Mom mengalami gejala batuk pilek, segeralah mengonsumsi obat untuk mengurangi gejalanya. Mom juga diharapkan rajin mencuci tangan dan memakai masker selama berkontak dengan bayi untuk mencegah bayi tertular batuk pilek.

Busui dapat mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas untuk meredakan gejala, misalnya parasetamol bila demam, atau obat antialergi yang sudah dikonsumsi rutin. Obat yang meredakan hidung tersumbat umumnya aman, namun pilihlah yang tidak mengandung pseudoefedrin atau phenylpropanolamin (PPA), karena berpotensi menurunkan produksi ASI. Hindari juga menggunakan obat-obatan yang mempunyai efek membuat mengantuk, ada kemungkinan obat itu dapat masuk ke dalam ASI, mengakibatkan bayi mengantuk dan kurang menetek.

Mom juga dapat mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C (jeruk, melon, kiwi, mangga), makanan kaya akan zinc (daging sapi, yogurt, telur, oatmeal), mencuci hidung dengan larutan salin, dan menggunakan humidifier atau penyaring udara. Bila batuk pilek memberat dan tidak kunjung reda, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Tetap menyusui

mom-gently-breast-feeding-her-child.jpg

Meskipun sakit, Mom tetap bisa menyusui si kecil. Bahkan, jika terkena COVID-19 sekali pun. Mom tetap dianjurkan untuk menyusui, apalagi jika si Kecil belum memasuki masa MPASI. Hal ini dikarenakan ASI yang diproduksi oleh Mom menjadi sumber makanan dan nutrisi utama yang diperlukan si Kecil, disamping tentu saja, mentransfer antibodi untuk melawan penyakit bila dia tertular. Yang penting, selama menyusui Mom tetap menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum menyentuh si kecil.

Semoga Mom tetap dalam keadaan sehat, ya agar proses mengASIhi si Kecil berjalan lancar. Namun, apabila sedang mengalami batuk dan pilek, jangan ragu untuk terapkan tips di atas.

Apabila punya pertanyaan seputar kendala menyusui, MomDad dapat tanyakan pada ahli di Forum Tanya Dokter. Pertanyaan MomDad akan dijawab langsung oleh ahli, lho!

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Busui Boleh Puasa Enggak, Ya?
7 Apr 2022
cover
Busui, yuk Penuhi Nutrisi Mom dengan Makanan Ini!
2 Agu 2022
cover
Meski Jarang Terjadi, Ini Penyebab BB Busui dapat Menurun Dr...
5 Sep 2022
cover
Busui Minum Es Bikin Bayi Pilek, Mitos vs Fakta?
12 Sep 2022
cover
5 Pilihan Nipple Cream untuk Obati Lecet pada Puting Busui
28 Sep 2022
cover
Busui Makan Pedas Bikin Anak Jadi Rewel?
4 Okt 2022
cover
Permasalahan Menyusui pada Busui & Cara Penanganannya
13 Des 2022
cover
Cegah Dehidrasi, Ini Pentingnya Mencukupi Cairan pada Busui
13 Des 2022
cover
Kesalahan Memompa ASI yang Tanpa Sadar Dilakukan Busui
23 Feb 2023
cover
Produksi ASI Berkurang jika Busui Puasa, Benarkah?
31 Mar 2023
cover
Busui Puasa? Jangan Lupa Terapkan Tips Ini!
3 Apr 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: