primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Busui, yuk Penuhi Nutrisi Mom dengan Makanan Ini!

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti Sp.A

Topik: Ibu Menyusui, Nutrisi, Pekan ASI Sedunia

ASI merupakan sumber utama bayi untuk dapat tumbuh dengan optimal. Maka dari itu, ibu menyusui perlu memperhatikan asupan makanan agar nutrisi si Kecil juga dapat terpenuhi. Supaya Mom dan si Kecil sama-sama senang, sehat, dan puas, berikut informasi penting mengenai nutrisi tepat untuk ibu menyusui yang patut Mom tahu!

Nutrisi yang sebaiknya dipenuhi ibu menyusui

istockphoto-639456938-612x612 (1).jpg

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), ibu menyusui memerlukan tambahan energi sekitar 330-400 kalori per hari di atas kebutuhan kalori sebelum kehamilan. Sementara itu, jika mengikuti Permenkes 2019, ibu menyusui memerlukan tambahan energi sebesar 500 kalori/hari.

Dikutip dari IDAI, di samping cairan yang cukup, ibu menyusui juga membutuhkan sumber zat besi dan kalsium. Jadi, ada dua faktor yang memengaruhi gizi ibu menyusui, antara lain jumlah makanan dan jenis makanan. Ibu menyusui yang merasa sering pegal, mungkin saja kekurangan kalsium. Mom bisa mendapatkan sumber kalsium pada produk susu, ikan , daging atau sayuran hijau. Namun, tetap perhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi ya, Mom. Konsumsilah sayur dan buah dalam jumlah cukup untuk mendampingi karbohidrat, protein, dan lemak yang Mom konsumsi, sehingga berat badan Mom tetap ideal.

Risiko jika nutrisi tidak terpenuhi

Kandungan zat gizi makro (karbohidrat, protein dan lemak total) ASI tidak dipengaruhi oleh status gizi maupun asupan gizi ibu. Namun, ada penelitian yang menunjukkan adanya perbedaan profil asam lemak yang berkaitan dengan asupan ibu. Perbedaan utamanya terletak pada komposisi asam lemak rantai ganda panjang (LCPUFA). Konsentrasi docosahexaenoic acid (DHA ) di dalam ASI berkaitan dengan mengonsumsi ikan.

Sementara yang memengaruhi kandungan zat gizi mikro ASI adalah asupan dan cadangan tubuh Mom, diantaranya vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, dan yodium. Sehingga, suplementasi zat gizi mikro selama menyusui kadang-kadang dianjurkan, terutama jika asupan dari nutrisi diduga tidak mencukupi. Khusus untuk vitamin D, ibu menyusui memerlukan cukup paparan sinar matahari.

CDC juga merekomendasikan ibu menyusui mengonsumsi 290 mcg yodium dan 550 mg kolin per hari selama tahun pertama pasca melahirkan. Yodium dapat ditemukan pada produk susu, telur, seafood atau garam meja beryodium, sedangkan kolin dapat ditemukan pada produk susu, dan berbagai bahan makanan sumber protein seperti telur, daging, beberapa jenis seafood, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

Nutrisi adekuat selama menyusui diperlukan untuk memastikan kandungan zat gizi makro dan mikro dalam ASI juga optimal.

Demikian ulasan mengenai nutrisi untuk ibu menyusui. Bagi Mom yang saat ini menyusui si Kecil, yuk penuhi nutrisi ASI agar si Kecil dapat tumbuh dengan optimal.

Ingin tahu tips dan informasi lain seputar ASI? Ayo, baca artikel di aplikasi PrimaKu atau kunjungi primaku.com. Selain itu, MomDad bisa juga menonton seluruh tayangan ulang webinar di aplikasi, lho. Tak ketinggalan, follow juga akun Instagram dan TikTok PrimaKu supaya enggak ketinggalan update informasi seputar kesehatan anak dan parenting lifestyle!

Sumber foto: iStock

Referensi:

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: