primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Waspada, 5 Hal Ini Bisa Sebabkan Anak Sembelit

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso Sp.A

Topik: Sembelit, Liprolac

Salah satu kunci tumbuh kembang normal pada anak adalah memiliki pencernaan yang sehat, sehingga imunitas terjaga dan anak jadi jarang sakit. Namun, gangguan pencernaan merupakah salah satu penyakit yang rentan dialami anak. Umumnya, kenapa sih anak bisa mengalami gangguan pencernaan atau sembelit? Yuk, cari tahu melalui penjelasan di bawah!

Kurangnya asupan serat

Peran serat dalam tubuh sangat penting, karena mampu mendorong sisa makanan yang telah dicerna ke usus, sehingga dapat dikeluarkan oleh tubuh. Jika anak kekurangan serat, maka proses pencernaan akan terhambat yang mengakibatkan gangguan pencernaan atau sembelit.

Peralihan dari makanan cair ke padat

Bayi rentan mengalami sembelit saat ia beralih dari makanan cair ke makanan padat. Hal ini berdampak pada sistem pencernaan bayi yang "kaget" karena belum terbiasa menerima tekstur baru. Untuk mengatasi hal ini, MomDad bisa mulai memberikan makanan kaya akan serat, seperti buah atau sayur, namun sedikit saja ya Mom untuk MPASI!

Konsumsi susu formula

Bayi yang diberi susu formula kemungkinan besar akan mengalami sembelit daripada yang diberi ASI. Pada umumnya, ASI lebih mudah dicerna, sementara susu formula memiliki protein tinggi yang lebih sulit untuk dicerna. Hal ini berdampak pada gastrointestinal, termasuk sembelit.

Kurang asupan cairan

Dehidrasi adalah salah satu penyebab paling umum yang menyebabkan sembelit. Makanan yang si Kecil makan, akan bergerak dari perut ke usus besar. Jika ia tidak memiliki cukup air di dalam tubuh, maka usus besar akan menyerap air dari sisa makan. Hal inilah yang membuat feses si Kecil keras dan untuk dikeluarkan.

Sering menunda BAB

Dilansir dari Oman Medical Journal, anak yang sembelit menunjukkan bahwa mereka punya kebiasaan menahan buang air besar atau BAB. Pasalnya, ketika menahan BAB, usus bagian bawah akan menyerap air dari feses yang menumpuk di rektum. Feses dengan air lebih sulit dikeluarkan karena menjadi keras.

liprolac 1.png

Tak perlu khawatir, untuk mengatasi anak yang sembelit, MomDad dapat memberikan si Kecil Liprolac dari PT.Kalbe Farma yang dapat membantu atasi sembelit. Liprolac Baby mengandung sinbiotik (perpaduan antara probiotik dan prebiotik), serta BB-12, yang merupakan bakteri baik untuk awal kehidupan. Memiliki rasa tawar, suplemen untuk bayi usia 0-2 tahun ini berfungsi untuk:

  • Kesehatan saluran cerna bayi dan anak
  • Atasi kolik, alergi, daya tahan tubuh
  • Optimalkan tumbuh kembang anak

liprolac 2.png

Selain itu, tersedia juga Liprolac Kids yang bisa dikonsumsi untuk anak usia di atas usia 1 tahun, lho. Liprolac Kids mengandung 5 probiotik dan dilengkapi dengan prebiotik, serta vitamin dengan rasa vanilla yang berfungsi untuk:

  • Kesehatan saluran cerna bayi dan anak
  • Mencegah mengurangi durasi diare, sembelit, dan kembung, alergi, serta daya tahan tubuh

So, untuk mencegah atau mengobati sembelit pada anak, MomDad dapat mengatasinya dengan Liprolac. Jangan lupa disesuaikan dengan usia si Kecil, ya MomDad!

Jika ingin tahu informasi mengenai tumbuh kembang anak lainnya, MomDad bisa membaca artikel di aplikasi PrimaKu atau website primaku.com. Jangan lupa juga follow @official.primaku di Instagram, ya!

Reference:



familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Lebih Waspada, Ini Jenis Pelecehan pada Anak yang Orang Tua ...
28 Jun 2022
cover
Waspada, Anak dan Remaja Rentan Terkena Diabetes
30 Sep 2022
cover
Waspada, di Usia Ini Anak Lihai Berbohong, Simak Tips Mengat...
12 Nov 2022
cover
Waspada, di Usia Ini Anak Biasanya Menolak Makan!
30 Des 2022
cover
Waspada, Ini Jenis Kanker yang Kerap Menyerang Anak-Anak!
15 Feb 2023
cover
Waspada, Ini Risiko yang Terjadi jika Anak Tidak Cocok denga...
26 Okt 2023
cover
Waspada, Anak Usia Ini Rentan Alami Gizi Kurang & Gizi Buruk
23 Apr 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: