primaku
Mitra resmi kami:
kemenkesidaibkkbn
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

7 Hal Penting yang Perlu Dilakukan saat Gigi Pertama Bayi Tumbuh

Author: Annasya

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Gigi Pertama, Tips

Pertumbuhan bayi bukan hanya ditandai dengan bertambahnya tinggi atau berat badan, tetapi juga kemunculan gigi pertama. Saat bayi sudah mulai tumbuh gigi pertama, ada beberapa hal yang penting untuk MomDad ketahui agar dapat membantu menjaga kesehatan giginya. Kira-kira apa saja, sih? Yuk, simak 7 fakta gigi pertama bayi yang perlu diketahui! 

1. Kebanyakan Bayi Akan Tumbuh Gigi antara Usia 6 dan 12 Bulan 

Perlu MomDad ketahui bahwa tidak semua bayi tumbuh gigi pada waktu yang sama. Umumnya, gigi akan tumbuh saat bayi berusia antara 6 dan 12 bulan. Selain itu, biasanya gigi pertama bayi yang tumbuh adalah gigi bagian bawah depan (gigi seri) dan kebanyakan anak akan memiliki gigi yang lengkap saat ia berusia 3 tahun. 

gigi pertama 5.jpg

 2. Penting Menambahkan Suplemen Fluoride saat Usia 6 Bulan

Fluoride adalah kandungan mineral yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi dengan cara mengeraskan enamel gigi. MomDad bisa bertanya kepada dokter anak apakah si Kecil sudah perlu diberikan suplemen fluoride untuk mencegah kerusakan giginya. 

3. Memijat Gusi 

Saat sedang tumbuh gigi, akan timbul rasa tidak nyaman yang akan mengganggu bayi. Biasanya, bayi akan menunjukkan rasa tidak nyaman pada area gusi tempat gigi akan tumbuh. Gusi akan membengkak dan bayi akan lebih banyak mengeluarkan air liur dibandingkan biasanya.

Nah, MomDad bisa membantunya meringankan rasa sakit dengan memijat gusi bayi menggunakan jari yang bersih atau dengan kain bersih. Selain itu, MomDad dapat memberikan si Kecil biskuit bayi dan pastikan untuk mengawasinya saat makan untuk menghindari risiko tersedak. 

Namun, jika suhu tubuh bayi panas saat sedang tumbuh gigi, MomDad dapat berkonsultasi dengan dokter anak agar dapat diberikan obat dengan dosis yang sesuai. 

4. Hindari Penggunaan Tablet Tumbuh Gigi 

Hindari penggunaan tablet tumbuh gigi yang mengandung belladonna dan gel dengan kandungan benzocaine. Kedua kandungan tersebut bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit saat bayi sedang tumbuh gigi, tetapi keduanya memiliki potensi efek samping.

5. Sikat Gigi Anak Dua Kali Sehari dengan Pasta Gigi Fluorida

gigi pertama 6.jpg

Saat si Kecil sudah mempunyai gigi, MomDad perlu menyikatnya 2 kali sehari menggunakan sedikit pasta gigi dengan kandungan fluoride, terutama sehabis makan atau minum. MomDad harus mengawasi anak saat menyikat gigi hingga mereka berusia 7-8 tahun. 

6. Lakukan Konsultasi dengan Dokter Anak

Lakukan konsultasi dengan dokter anak untuk mengecek kesehatan gigi dan gusi bayi. MomDad juga bisa menanyakan ke dokter gigi atau dokter anak apakah sudah boleh menambahkan varnish fluoride pada gigi anak untuk membantu mencegah kerusakan gigi. Konsultasi dengan dokter gigi perlu dilakukan rutin setiap 6 bulan sekali.

7. Kunjungi Dokter Gigi saat Bayi Gigi Pertama Tumbuh

Segera kunjungi dokter gigi setelah tumbuhnya gigi pertama bayi dan saat bayi berusia 1 tahun. Hal ini dilakukan agar dokter gigi dapat memastikan apakah gigi bayi tumbuh dengan baik dan tidak ada masalah pada gigi.

Nah, saat gigi si Kecil mulai tumbuh, MomDad bisa mencoba pasta gigi anak dengan kandungan fluoride berikut sebagai pilihan!

1. KLAR Kids Flouride Toothpaste

29867f13-729e-4365-9c86-68eb1526dcad.jpg

Dirancang khusus untuk bayi usia 6 bulan hingga 3 tahun, KLAR Kids Fluoride Toothpaste memberikan perlindungan lembut untuk gigi dan gusi yang baru tumbuh. Formula yang aman dan lezat, menjadikan rutinitas kebersihan mulut menjadi momen yang menyenangkan. Diformulasikan dengan Fluoride dan Hydroxyapatite, pasta gigi anak atau odol ini tidak hanya membersihkan gigi tetapi juga merawat enamel serta mencegah gigi berlubang. Tambahan Calendula dan Xylitol menjadikan pasta gigi bayi anak ini efektif dalam melawan bakteri penyebab gigi berlubang. Dapatkan KLAR Kids Fluoride Toothpaste di sini, yuk!

2. Chicco Toothpaste Fruit Mix Berry with Fluoride

gigi pertama 2.jpg

Chicco Toothpaste Fruit Mix Berry with Fluoride merupakan pasta gigi untuk anak usia 6 bulan hingga 3 tahun. Formula non-abrasifnya memastikan bahwa gigi susu tidak rusak, menjaga kesehatan gigi anak-anak. Selain itu, kandungan kalsium Bio-available di dalamnya membantu memperkuat gigi anak, memberikan dukungan yang penting bagi perkembangan gigi yang sehat. MomDad bisa mendapatkan Chicco Toothpaste Fruit Mix Berry with Fluoride  di sini.

3. Colgate Kids Pasta Gigi Anak Minions

f56cb321-fa72-4b5d-906b-7442e8e0a886.jpg

Colgate Kids Pasta Gigi Anak Minions memiliki desain kemasan bergambar karakter Minions yang populer di kalangan anak-anak, membuat waktu menyikat gigi lebih menyenangkan dan menarik. Mengandung fluoride yang membantu memperkuat enamel gigi dan melindungi dari kerusakan gigi dan karies. Formula di dalamnya menghasilkan busa lembut yang efektif membersihkan gigi tanpa merusak gusi dan gigi sensitif anak-anak. Yuk, beli Colgate Kids Pasta Gigi Anak Minions untuk si Kecil di sini.

4. Buds Organics Toothpaste With Fluoride

a59ef167-a763-4e05-9500-69deab2ac789.png

Buds Organics Toothpaste With Fluoride merupakan pasta gigi anak dengan kandungan fluoride yang berguna untuk memperkuat dan membersihkan gigi dari plak. Dilengkapi dengan sertifikat organik Ecocert (lembaga sertifikasi organik terbesar di dunia yang memastikan seluruh proses pembuatan produk bebas dari bahan kimia berbahaya dan ramah lingkungan), pasta gigi ini aman jika tertelan, serta bebas pewangi buatan dan bahan kimia berbahaya. Tersedia varian Strawberry, Blackcurrant, Peppermint, dan Green Apple, Buds Organics Toothpaste With Fluoride bisa MomDad dapatkan di sini.

5. Momami Giggly Toothpaste Fluoride Grape

91507ea8-ed5b-4dc0-a07e-17fde140cf7f.jpg

Momami Giggly Toothpaste Fluoride Grape merupakan pasta gigi anak yang berfungsi untuk mencegah gigi berlubang, merawat kekuatan gigi, serta mencegah peradangan pada gusi. Selain fluoride, pasta gigi ini juga mengandung Hydroxyapatite sebagai pendukung fluoride, yang berfungsi untuk remineralisasi enamel gigi. Mulut si Kecil pun akan terjaga kesegarannya berkat ekstrak Organic Green tea dan Chamomile. Yuk, dapatkan Momami Giggly Toothpaste Fluoride Grape di sini untuk si Kecil!

Referensi: Baby’s First Tooth: 7 Facts Parents Should Know - HealthyChildren.org 

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
MomDad, Ini Lho 7 Manfaat Rutin Menerapkan Pola Makan Seimba...
28 Apr 2022
cover
Rekomendasi 7 Jenis Finger Food Favorit si Kecil dan Manfaat...
8 Jun 2022
cover
7 Cara Mengajarkan si Kecil agar 'Lulus' Toilet Training
16 Jul 2022
cover
7 Strategi Mendisiplinkan Anak, Sudah Coba MomDad?
23 Jul 2022
cover
7 Jenis Makanan untuk Penuhi Nutrisi Si Kecil yang Small Eat...
26 Jul 2022
cover
7 Aneka Resep Bubur Lezat dan Bergizi untuk MPASI Pertama
27 Jul 2022
cover
Lagi Tren, Ini 7 Manfaat Push Bike untuk Tumbuh Kembang Anak
2 Agu 2022
cover
7 Rangsangan Ini dapat Membuat Bayi Tertawa
31 Agu 2022
cover
7 Peran Dad agar Lebih Dekat dengan Bayi
3 Sep 2022
cover
7 Kata yang Diucapkan Orang Tua Ini dapat Mengganggu Psikolo...
19 Nov 2022
cover
7 Kreasi Resep MPASI Berbahan Tempe, Lezat dan Gampang!
22 Nov 2022
cover
Tahapan Tumbuh Kembang Anak Usia 7-12 Bulan
25 Nov 2022
cover
7 Kendala yang Kerap Dialami Saat Memberikan MPASI Pertama
19 Des 2022
cover
7 Tips Melatih si Kecil agar Bisa Berjalan Sendiri
18 Jan 2023
cover
7 Perlengkapan Makan yang Perlu Disiapkan saat MPASI Pertama
30 Jan 2023
cover
7 Penyakit Mata Ini Rentan Dialami Bayi, Kenali Gejalanya!
27 Mar 2023
cover
7 Hal yang Perlu Disiapkan saat Anak Mulai Belajar Puasa
4 Apr 2023
cover
Mau Ajak Bayi Makan di Restoran? Perhatikan 7 Hal Ini!
26 Mei 2023
cover
Mau Melatih si Kecil Berjalan? Terapkan 7 Tips Ini!
17 Jun 2023
cover
Perhatikan 7 Hal Ini saat Memperkenalkan Makanan Baru pada B...
4 Sep 2023
cover
7 Pilihan Sayuran yang Baik untuk Menu MPASI si Kecil
18 Sep 2023
cover
Rekomendasi WHO 2020 Mengenai Aktivitas FIsik dan Perilaku S...
8 Okt 2023
cover
Indeks Masa Tubuh Bayi Normal Usia 7-12 Bulan Sesuai Jenis K...
27 Nov 2023
cover
Deretan Vaksin Dewasa untuk Usia 27-49 Tahun, Cek List nya!
10 Mei 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
kemenkesidaibkkbn
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: