primaku
Mitra resmi kami:
kemenkesidaibkkbn
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Mau Mengajarkan Anak Minum Pakai Sedotan? Begini Caranya!

Author: Fitri Permata

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Sedotan

Umumnya, bayi usia 8-10 bulan sudah dapat diajarkan menggunakan sedotan. Saat bayi belajar menggunakan sedotan, mereka dapat mengalami beberapa pembelajaran yang penting untuk perkembangannya, termasuk bagaimana memegang sedotan dan mengarahkannya ke mulut. Ini membantu mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus, seperti mengontrol gerakan tangan dan jari. 

Hal yang Perlu Diperhatikan

Anak yang belajar menggunakan sedotan sedang mempelajari gerakan mulut yang digunakan untuk menciptakan tekanan negatif agar minuman dapat naik ke sedotan, masuk ke mulut, kemudian menelannya. Koordinasi gerakan oromotor ini sekalipun tampak seperti di bawah sadar orang dewasa. Namun, seorang anak memerlukan keterampilan agar tidak tersedak dan cairan tidak masuk ke “lubang yang salah,” yaitu ke saluran napas. 

MomDad perlu memperhatikan tanda-tanda yang ditunjukkan anak. Hati-hati apabila anak tampak sering tersedak ketika menggunakan sedotan. Untuk menghindari risiko tersedak, MomDad dapat mengganti air putih dengan cairan yang konsistensinya lebih kental, misalnya susu.

Adapun manfaat lain dari belajar minum pakai sedotan bagi anak adalah mempelajari keterampilan gerakan dan kontrol rahang, lidah, bibir, pipi, serta koordinasi sedot-telan-napas.

Tips agar Anak Mahir Minum Pakai Sedotan

Untuk mengajarkan anak minum pakai sedotan, MomDad dapat terapkan tips berikut:

  • MomDad sebenarnya dapat menawarkan si Kecil minum dengan sedotan plastik pada umumnya, dan mencontohkan cara merapatkan bibir, serta menyedotnya. Beberapa anak mungkin akan mampu melakukannya dengan baik dalam beberapa kali percobaan. Jika ia tampak belum menguasai gerakan mulut untuk menyedot, MomDad dapat menggunakan cara menggunakan sedotan layaknya pipet.
  • MomDad dapat memasukkan sedotan ke dalam gelas yang berisi air, kemudian menutup ujung atas sedotan sehingga air “tersimpan” di dalam batang sedotan. Berikan ujung bawah sedotan ke bayi yang duduk tegak, dan biarkan ia merapatkan bibirnya di sekeliling sedotan agar air yang tadinya tersimpan di batang sedotan akan mengalir ke mulut anak. Hati-hati agar volumenya tidak terlalu banyak agar bayi tidak “kewalahan” dan menimbulkan risiko tersedak.
  • MomDad juga dapat melepaskannya perlahan-lahan agar air yang turun dari sedotan tidak dalam jumlah banyak sekaligus. Lakukan hal ini beberapa kali jika bayi tertarik. Ketika bayi mulai mengatupkan bibirnya di sekeliling sedotan, MomDad dapat menahan jari MomDad di ujung atas sedotan agar ia belajar “menyedot” untuk mendapatkan airnya. Jika si Kecil sudah mengetahui caranya, MomDad dapat menawarkan bayi untuk minum langsung menggunakan sedotan dari gelas.

Beberapa produk training cup berikut bisa dijadikan pilihan si Kecil untuk memakai sedotan. Yuk, lihat apa saja produknya!

1. Dr.Isla BY01 Botol Minum Bayi Gelas Anak Balita Training Cup 250ML

sedotan untuk anak (2).jpg

Dr.Isla menawarkan cangkir minum dengan desain kartun lucu, yang cocok untuk melatih si Kecil belajar menggunakan sedotan. Dilengkapi dengan fitur bola gravitasi minum 360°, cangkir ini cocok untuk minum dari berbagai sudut seperti duduk, berbaring, dan berbaring. Nosel silicone nya pun food grade, berbahan aman, dan lembut, sehingga melindungi gusi.

Yuk, dapatkan Dr.Isla BY01 Botol Minum Bayi Gelas Anak Balita Training Cup 250ML seharga Rp79.000 di sini.

2. Richell Cup de Straw Training

sedotan untuk anak.png

Richell Cup de Straw Training hadir untuk membantu MomDad melewati proses transisi dari botol susu menuju gelas, bahkan sejak usia 6 bulan, dengan membiasakannya minum menggunakan sedotan. Tidak perlu khawatir si Kecil mengalami kesulitan, sebab MomDad dapat membantu mendorong air dengan tombol "push" pada tutupnya. Secara bertahap, MomDad dapat membiarkan si Kecil untuk belajar minum sendiri melalui sedotan tanpa takut tumpah. Richell Cup de Straw Training bisa MomDad dapatkan di sini seharga Rp196.000.

3. Ecentio Kids Training Cup Baby Sippy Cup

sedotan untuk anak (3).jpg

Dilengkapi dengan pegangan ganda silikon, Ecentio Kids Training Cup Baby Sippy Cup bisa menjadi training cup yang cocok untuk bayi karena mudah digenggam. Sertifikasi keamanan bahan dan BPA Free, gelas ini memiliki sedotan silikon yang lembut dan tidak melukai mulut. Botolnya pun dapat disterilkan, tahan dingin, dan panas -20° hingga 100 °C. MomDad bisa mendapatkan Ecentio Kids Training Cup Baby Sippy Cup seharga Rp150.000 di sini.

4. Beaba Straw Cup 300ML

sedotan untuk anak.jpg

Beaba Straw Cup merupakan sippy cup anti bocor yang cocok untuk melanjutkan transisi anak usia 8 bulan agar belajar minum sendiri. Dilengkapi dengan pegangan pada sippy cup yang dapat dengan mudah dilepas, produk ini dapat membantu menguatkan otot di mulut yang penting untuk makan dan berbicara. MomDad bisa mendapatkan Beaba Straw Cup 300 ML di sini dan menggunakan voucher PrimaKu x Tokopedia: PRIJUNTPD untuk mendapatkan diskon 10% hingga 100K, dengan minimum transaksi Rp50.000.

5. Goto Quiny Botol Minum Bayi

sedotan untuk anak (4).jpg

Perlu botol minum untuk anak usia batita yang tahan banting saat jatuh? Berikan si Kecil botol minum GOTO Quiny Kids Bottle saja, MomDad. Botol minum food grade yang aman untuk konsumsi anak ini, berbahan ringan dan portable, sehingga cocok digunakan untuk bayi. Memiliki fitur anti bocor, agar air tidak mudah tumpah, botol minum ini dilengkapi dengan fungsi anti sedak untuk menjaga bayi agar tidak tersedak saat minum. Terdapat 2 handle pada botol, yang membuatnya tidak lepas dari genggaman saat dipegang. Goto Quiny Botol Minum Bayi dibanderol seharga Rp83.000 di sini.

6. Coconi Early-age Straw Training Mug

sedotan untuk anak (5).jpg

Coconi Early-age Straw Training Mug adalah gelas serbaguna yang dapat digunakan oleh bayi hingga balita. Dilengkapi dengan lapisan anti-selip, yang membuat gelas tidak mudah bergeser atau tumpah jika terkena dorongan. MomDad tidak perlu khawatir minum si Kecil tumpah, karena mug ini dirancang khusus untuk memudahkan bayi belajar minum melalui sedotan. Plus, dilengkapi dengan tutup yang tidak tumpah jika dibalik. Dapatkan Coconi Early-age Straw Training Mug di sini seharga Rp99.000.

7. Sakumini Curve Straw Cup

sedotan untuk anak (6).jpg

Sakumini Training Straw Cup merupakan gelas multifungsi untuk minum air melalui sedotan atau dapat juga melepas penutup untuk langsung minum. Memiliki penutup silikon kedap air, cup ini menjaga air tidak mudah tumpah. Dengan kapasitas badan cangkir 200ml, Sakumini Training Straw Cup dapat memenuhi kebutuhan air minum si Kecil. Seluruh bagian cangkir dapat dilepas dan dicuci, sehingga mudah dibersihkan. Tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Orange dan Green, Sakumini Training Straw Cup dibanderol seharga Rp299.000 di sini.

Hal terpenting saat mengajarkan anak menggunakan sedotan adalah pastikan sedotan yang digunakan aman dan tidak ada potensi bahaya terhadap anak. Pastikan juga sedotan selalu bersih sebelum digunakan. 

Referensi:

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Mengenal Maureen Hitipeuw, Sosok yang Merangkul Sesama Ibu T...
18 Jul 2022
cover
Kisah Perjuangan Maureen Hitipeuw, Single Mom yang Kini Memb...
18 Jul 2022
cover
Tips Menyiapkan Mental Anak pasca Bercerai Menurut Founder K...
18 Jul 2022
cover
Mau Tumbuh Kembang Anak Optimal? Kenali Dulu 5 Aspek Sensiti...
24 Jul 2022
cover
Si Kecil Enggak Mau Menyusu, Kenapa ya?
28 Jul 2022
cover
Penyebab Bayi Hanya Mau Menyusu di Satu Payudara
15 Sep 2022
cover
Mau Menangkan Uang Rp50 Juta? Yuk, Join Parenthood Institute...
11 Nov 2022
cover
Cegah Karies, Begini Tips Agar Anak Mau Sikat Gigi
30 Nov 2022
cover
Agar Anak Mau Makan Sayur, Kemas MPASI dengan Resep Ini!
9 Des 2022
cover
Tips Atasi Anak yang Enggak Mau Makan Nasi
22 Des 2022
cover
Ini Bahaya yang Akan Terjadi Jika si Kecil Nggak Mau Makan
30 Des 2022
cover
Mau Melatih si Kecil Tidur Sendiri? Coba Terapkan Metode Cry...
9 Jan 2023
cover
Mau Membawa si Kecil ke Kantor? Persiapkan 5 Hal Ini Dulu, y...
14 Jan 2023
cover
Mau Ajarkan si Kecil Pakai Sippy Cup? Perhatikan 5 Hal Ini!
3 Mar 2023
cover
Mau BB Anak Tetap Ideal? Coba Lakukan Tips Ini, yuk!
2 Mei 2023
cover
Mau Ajak Bayi Makan di Restoran? Perhatikan 7 Hal Ini!
26 Mei 2023
cover
Mau Melatih si Kecil Berjalan? Terapkan 7 Tips Ini!
17 Jun 2023
cover
Mau Melatih Anak Tidur Sendiri? Ini Metode yang Bisa Diterap...
2 Agu 2023
cover
Anak nggak Mau Makan, Mungkinkah Alami Trauma Makan?
10 Agu 2023
cover
Encourage Anak agar Mau Makan Sayur, yuk!
25 Agu 2023
cover
Mau Tahu Cara Mengukur Lingkar Kepala Bayi yang Tepat? Cek d...
16 Okt 2023
cover
Mau BB Anak Naik? Berikan Kombinasi Makanan Ini ke Menu MPAS...
20 Okt 2023
cover
Mau Mengajarkan si Kecil Berjalan? Ikuti Tips Ini agar Lebih...
15 Nov 2023
cover
Mau Ajarkan Toilet Training? Ikuti Tahapannya biar Anak Tida...
16 Nov 2023
cover
Anak Suka Nungging, Tanda Mau Punya Adik?
12 Des 2023
cover
Mau Bikin Penyedap Rasa Alami buat MPASI? Begini Tipsnya!
28 Des 2023
cover
Anak Nggak Mau Makan, Kenali Perbedaan GTM vs Picky Eater!
12 Jan 2024
cover
Mau Ajarkan Anak Dua Bahasa? Coba Ajarkan dengan Tips Ini!
17 Feb 2024
cover
Mau Kasih Hampers Lebaran untuk Anak? Ini Ide Isiannya agar ...
5 Apr 2024
cover
Mau Berikan Anak Vaksin Influenza? Kenali Jenisnya, yuk!
19 Jun 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
kemenkesidaibkkbn
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: