primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Tanpa Disadari, Ternyata Hal Ini Memengaruhi Pertumbuhan Anak

Author: Radhita Rara

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Pertumbuhan, Tumbuh Kembang, Hormon

Pertumbuhan merupakan indikator kesehatan umum bagi seorang anak. Berbagai faktor seperti status nutrisi, kondisi psikososial, hingga adanya penyakit menahun atau penyakit kronik dapat mempengaruhi pertumbuhan. Seorang anak mulai tumbuh sejak dalam kandungan.  Laju pertumbuhan mulai menurun dan bertambah cepat kembali saat masa pubertas.

Selain dukungan nutrisi dan aktivitas fisik yang cukup secara kualitas maupun kuantitas, beberapa hormon juga berperan dalam menunjang pertumbuhan yang optimal. Untuk mengetahui mengenai hormon apa saja yang berperan, yuk simak artikel berikut ini!

Hormon yang memengaruhi pertumbuhan

taiwan-pearl-milk-tea-with-bubble-ximending-taipei-taiwan.jpg

Laju pertumbuhan terjadi paling cepat pada masa janin dan bayi. Memasuki masa kanak-kanak, laju pertumbuhan mulai menurun dan bertambah cepat kembali saat pubertas. Pertumbuhan dikatakan berhenti atau selesai ketika seorang anak mencapai tinggi badan dewasanya pada akhir masa remaja. 

Beberapa hormon yang diketahui memiliki pengaruh pada pertumbuhan antara lain adalah hormon pertumbuhan (growth hormone), IGF-1, hormon tiroid, insulin, leptin, estrogen, dan testosteron. Hormon-hormon tersebut berperan dalam proses penulangan dan juga pada lempeng pertumbuhan. Pada masa kanak-kanak, hormon yang paling berperan adalah growth hormone, IGF-1, dan juga hormon tiroid. Selain itu, growth hormone juga berfungsi mengatur komposisi lemak, otot, dan jaringan lainnya dalam tubuh. 

Gangguan pertumbuhan karena hormon

56a90468067b6f6b39d45a9719dece12.jpg

Orang tua dapat mulai waspada anak mengalami gangguan pertumbuhan apabila pertambahan tinggi badan tidak sesuai dengan seharusnya. Oleh sebab itu, pemantauan pertumbuhan melalui pengukuran tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala penting untuk dilakukan secara berkala. Frekuensi pengukuran tinggi badan yang disarankan adalah setiap bulan sampai usia satu tahun, setiap 3 bulan sampai usia 3 tahun, setiap 6 bulan sampai usia 6 tahun, dan 1 tahun sekali pada tahun-tahun berikutnya. 

Kecepatan tumbuh yang dianggap normal adalah sekitar 25 cm/tahun pada tahun pertama dan sekitar 12-13 cm/tahun pada tahun kedua. Kemudian, sejak usia 3 tahun sampai anak mengalami pubertas, kecepatan tumbuh normal adalah sekitar 5-7 cm/tahun. Gunakan kurva pertumbuhan untuk memudahkan orangtua memantau pertumbuhan anak.

Apabila dalam pemantauan pertumbuhan terjadi perlambatan kecepatan tumbuh atau anak mengalami percepatan tumbuh sebelum usia pubertas, orangtua harus segera membawa anak untuk berkonsultasi. Terdapat beberapa pemeriksaan yang dapat dikerjakan seperti penentuan status gizi untuk menyingkirkan malnutrisi sebagai penyebab gangguan pertumbuhan. Proporsi tubuh juga akan dinilai untuk menilai adanya kemungkinan suatu sindrom. Yuk, MomDad bersama-sama pantau pertumbuhan anak secara berkala!

MomDad mau share informasi atau pertanyaan seputar tumbuh kembang bersama orang tua lainnya? Yuk, ceritakan pengalaman MomDad di Forum Tumbuh Kembang! Selain itu, MomDad juga bisa bertanya seputar kesehatan si Kecil dan akan dijawab langsung oleh ahli, lho.

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
5 Kesalahan yang Tanpa Sadar Diakukan Saat Memberikan MPASI
14 Jul 2022
cover
Mengenal Kolik, Kondisi Bayi Menangis Tanpa Sebab yang Sulit...
29 Jul 2022
cover
Kolik, Penyebab Bayi Menangis Terus Tanpa Sebab
25 Agu 2022
cover
Bahaya Memberi Antibiotik pada Anak Tanpa Resep Dokter
17 Okt 2022
cover
5 Tips Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat
16 Feb 2023
cover
Kesalahan Memompa ASI yang Tanpa Sadar Dilakukan Busui
23 Feb 2023
cover
Begini Cara Melatih Bayi Tidur tanpa Digendong!
9 Mei 2023
cover
Tips Menidurkan Bayi Tanpa Perlu Digendong
13 Des 2023
cover
Tanpa Disadari, Perilaku Ini Dianggap Memanjakan Anak
15 Des 2023
cover
Tips Kenalkan Rasa di Awal MPASI Tanpa Gula & Garam, Begini ...
22 Des 2023
cover
Rahasia Anak Lahap Makan MPASI, meski Tanpa MSG
20 Feb 2024
cover
Deretan Perilaku Mom Shaming yang Tanpa Sadar Kerap Dilakuka...
24 Apr 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: