primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Aneka Pilihan Susu untuk Keluarga, Mulai dari Fresh Milk hingga Skimmed Milk!

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Susu Segar, Susu Pasteurisasi, Susu, Susu Sapi, Skimmed Milk, Fat Milk, Fresh Milk

Saat ini, ada banyak jenis-jenis susu yang bisa dinikmati oleh keluarga. Mulai dari fresh milk yang bisa dikonsumsi oleh si Kecil, hingga low fat milk dan skimmed milk yang cocok untuk MomDad yang ingin mengurangi lemak atau sedang menjalani diet, tapi tetap mendapatkan nutrisi terbaik. Lantas, apa sih perbedaan di antara aneka susu tersebut? Yuk, simak penjelasannya di bawah!

Perbedaan antara fresh milk, low fat milk, dan skimmed milk

BeFunky-collage - 2023-03-16T105812.937.jpg

Fresh milk atau susu segar identik dengan susu yang langsung dari sapi, sehingga banyak yang beranggapan bahwa fresh milk mengandung kuman dan bakteri yang berisiko menimbulkan masalah pencernaan. Namun, saat ini ada banyak pilihan produk fresh milk yang telah melewati proses pasteurisasi, yaitu suatu metode yang bertujuan membunuh mikroorganisme patogen yang dapat menyebabkan sakit, dengan cara pemanasan pada suhu tertentu dalam jangka waktu yang cepat. Umumnya, fresh milk mengandung nutrisi alami, seperti kalsium, protein, vitamin A, vitamin B2, fosfor, dan magnesium yang dapat menunjang tumbuh kembang anak.

Sementara low fat milk merupakan susu rendah lemak yang mengandung kurang dari 1,5% lemak dan secara alami sedikit lebih banyak kalsium. Low fat milk memiliki rasa yang creamy seperti susu full cream. [1]

Jenis susu lain yang bisa dikonsumsi oleh orang dewasa, termasuk MomDad adalah skimmed milk. Skimmed milk adalah jenis susu yang diperoleh dengan menghilangkan semua krim dari susu murni. Oleh karena itu, skimmed milk hanya mengandung sekitar 0,1% lemak, sedikit kalori, namun tetap diperkaya dengan vitamin A dan vitamin D. Beberapa nutrisi penting lain yang terkandung di dalamnya adalah kalsium, vitamin B2 dan B12, serta fosfor. Skimmed milk juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan terkait, seperti kadar gula darah yang terkontrol, penurunan dan pengelolaan berat badan, peningkatan fungsi otot, kepadatan mineral tulang, serta pengaturan tekanan darah dan kadar kolesterol. [2]

Skimmed milk merupakan pilihan tepat bagi mereka yang sedang menghindari asupan lemak, tetapi tetap memerlukan kandungan nutrisi lain yang ada di dalam susu segar.

Apapun kebutuhan keluarga, Greenfields memiliki varian susu dan rasa, mulai dari fresh milk hingga skimmed milk.

FA_GF_Extra Tasty Rough_2x1_horizontal (1).jpg

Greenfields Fresh Milk terbuat dari 100% susu segar, yang diproses melalui proses pasteurisasi, sehingga nutrisi yang ada di dalamnya masih terjaga dan sangat baik untuk tubuh. Selain itu, Greenfields Fresh Milk mengandung lemak utuh (3.5%), seperti yang ada pada kandungan susu segar tanpa penambahan apapun. Rasa dari Greenfields Fresh Milk juga light, segar dan tidak bikin eneg. Greenfields Fresh Milk hadir dalam berbagai rasa, seperti Full Cream, Chocomalt dan Strawberry Milk, serta varian ukuran mulai dari 200 mL, 500 mL, 1000 mL, dan 1890 mL.

FA_20230328_Foto Article.jpg

Selanjutnya, Greenfields Low Fat Fresh milk juga diproses melalui proses pasteurisasi yang mengandung lemak 1.1%, cocok untuk MomDad yang ingin mengurangi asupan lemak. Greenfields Low Fat Fresh milk hadir dengan varian ukuran 1000 mL dan 1890 mL.

Jika menghindari asupan lemak, tetapi tetap memerlukan kandungan nutrisi lain yang ada di dalam fresh milk, MomDad dapat mengonsumsi Greenfields Skimmed Fresh Milk. Susu segar tanpa lemak yang hadir dalam ukuran 1000 mL ini juga diproses melalui proses pasteurisasi, sehingga aman dikonsumsi untuk MomDad.

So, untuk memenuhi kebutuhan keluarga, MomDad bisa memilih Greenfields karena tersedia dalam berbagai rasa dan ukuran.

Perlu diingat bahwa bayi di bawah usia 1 tahun BELUM BOLEH mengonsumsi susu sapi segar/fresh milk. Bayi di bawah usia 1 tahun masih membutuhkan ASI sebagai asupan utama.

MomDad bisa dapatkan Greenfields Fresh Milk di e-commerce mulai dari harga Rp13.000 – Rp38.000.

Referensi:

  1. https://www.fitday.com/fitness-articles/nutrition/healthy-eating/the-nutrition-of-lowfat-milk.html
  2. https://milkyday.com/blog/2020/03/21/5-health-benefits-of-skimmed-milk/
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Aneka Resep MPASI Bayi Usia 6-8 Bulan yang Enak dan Bergizi,...
22 Mar 2022
cover
Aneka Resep Bubur MPASI 6-8 Bulan untuk BB Booster
30 Mei 2022
cover
Aneka Resep MPASI 12 Bulan ke Atas untuk BB Booster
1 Jun 2022
cover
Aneka Resep MPASI Pasta Lezat dan Mudah untuk Usia 12 Bulan ...
3 Jun 2022
cover
Aneka Resep Camilan MPASI Segar untuk Usia 9-11 Bulan
4 Jun 2022
cover
Aneka Resep MPASI 6-8 Bulan Berbahan Ikan untuk BB Booster
14 Jun 2022
cover
5 Aneka Resep MPASI Pertama yang Lezat dan Bernutrisi
15 Jun 2022
cover
7 Aneka Resep Bubur Lezat dan Bergizi untuk MPASI Pertama
27 Jul 2022
cover
Aneka Resep MPASI Puree untuk Usia 6-8 Bulan, Bikinnya 10 Me...
2 Nov 2022
cover
Aneka Resep Finger Food yang Praktis Dibawa saat Mudik
18 Apr 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: